Jumat, 20 Maret 2009

Managing With Carrots

Judul : Managing with Carrots

Penulis : Adrian Gostick & Chester Elton

Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Tahun Terbit : 2004


Dalam cover-nya, subtitle buku ini ialah Metode Penghargaan untuk Menarik & Mempertahankan Pekerja Terbaik Anda.
Buku ini menuliskan bahwa penting bagi perusahaan untuk memberi penghargaan bagi karyawan, karena bagi para pekerja, ada yang lebih penting daripada uang, yaitu penghargaan.

98% para CEO mengakui, karyawan adalah asset terbesar perusahaan.

Namun, sedikit diantara mereka yang menghargai karyawannya dengan tepat.


Pemberian penghargaan memiliki keuntungan sbb:

1
Mencapai tujuan atau sasarn perusahaan atau divisi, menghargai keberhasilan yang luar biasa, meningkatkan moral, meningkatkan produktivitas & marjin keuntungan,
meningkatkan laba & menarik bisnis yang lebih banyak, & mempertahankan para pekerja berkualitas.

Penghargaan yang diharapkan para pekerja ternyata bukan uang tunai, karena uang tunai bisa habis tanpa bekas. Mereka lebih menginginkan barang berharga, terutama bila di bubuhi logo perusahaan.

Cara pemberiannya pun tidak boleh sembarangan. Hadiah yang bagus, apabila diberikan lewat pos, akan membuat karyawan merasa kurang puas. Perusahaan yang baik akan membuat acara penganugerahan yang meriah, yang akan membuat karyawan merasa bangga, merasa dihargai, serta dapat menjadi inspirasi & teladan karyawan lain.

Buku setebal 108 halaman ini memberikan informasi yang cukup detil, disertai dengan studi kasus, data statistic, & tips-tips praktis bagaimana cara memberikan penghargaan kepada karyawan secara benar.

Penulis buku ini, Adrian Gostick & Chester Elton bekerja sebagai konsultan di O.C. Tanner Recognition Company, sebuah perusahaan konsultan pertama di dunia yang menkhususkan diri pada bidang penghargaan bagi para pekerja.

Buku ini wajib dibaca oleh semua manajer SDM yang mungkin sering kesulitan dalam mempertahankan pekerja, meski mereka telah diberi gaji yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar