Minggu, 04 Oktober 2015

Ngeblog Demi Anak


Dear Diary..
Beberapa waktu lalu aku mengirim sejumlah lamaran kerja. Sampai hari ini belum ada kabar berita. Aku tidak tahu apakah harus sedih atau lega.

Diary,
Kamu tahu kenapa aku ingin kerja (lagi)?
Sepeda motorku yang biasa dipakai suamiku bekerja, kini dipakai adikku yang baru kuliah di Bandung. Sebenarnya adikku itu sudah punya motor di Batam. Tapi biaya kirim motor itu 2 juta. Orangtuaku belum memiliki uang sebanyak itu. Jadi kupikir, aku perlu mencari uang agar motor itu dapat dikirim. Boros sekali jika suamiku harus ngangkot dan ngojek untuk pergi ke kantor.

Aku juga perlu uang untuk memperbaiki laptopku yang rusak karena tersiram air. Dengar-dengar, biayanya sekira Rp. 500.000,-. Jumlah yang tidak sedikit bagiku.

Tapi Diary..
Jika aku bekerja kantoran, bagaimana dengan Kakang?


Mamah mertua memang sangat baik dan bersedia menjaga Kakang jika aku bekerja. Tapi aku membayangkan, mamah pasti akan sangat sibuk. Beliau harus mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga, ditambah mengasuh Kakang yang sedang aktif-aktifnya di usianya yang menginjak 1 tahun. 

Beliau juga kan terkadang menerima panggilan pijat atau bekam. Katanya sih jika aku bekerja, ia bisa mengatur jadwal hanya menerima panggilan di malam hari saja. Ah aku tidak bisa, Diary. Pagi sampai sore beliau mengurus rumah dan Kakang, lalu malam mencari uang? Aku tidak setega itu. 

Kakang adalah tanggungjawabku. Harus aku yang mengasuh dan menjaganya.

Melihat berbagai kemungkinan, kupikir solusi terbaiknya satu, sesuatu yang aku cita-citakan sejak dulu: Berpenghasilan dari rumah.

Dear Diary,
Aku sudah pelajari berbagai cara menghasilkan uang dari rumah. Dan sepertinya, yang paling cocok buatku adalah..

Ngeblog.

Kenapa Ngeblog?

Pertama, aku merasa ngeblog adalah passion-ku, sesuatu yang aku sukai, yang akan tetap aku kerjakan bahkan jika tanpa dibayar, dan akan terus ngeblog apapun hambatannya. Seperti saat ini, Diary. Meski tidak ada laptop, aku ke warnet untuk ngeblog.

Kedua, ada beragam cara menghasilkan uang melalui blog. Pasang iklan, menjadi affiliate, menerima job review, mengikuti lomba blog, menjual produk, dan lain sebagainya. Aku yakin bisa mendapatkan uang dari salah satu atau semua opsi itu. 

Sudah banyak blogger yang sukses mendapatkan penghasilan dari blognya. Salah satunya Winda Krisnadefa sang Emak Gaoel. Ia sering mengadakan giveaway di blognya. Salah satu yang terbaru adalah Lomba Blog Go For It bekerja sama dengan Smartfren. Bayangkan, Diary! Sebuah brand besar menjadi sponsornya. Hadiahnya juga smartphone Smartfren. Bukankah itu sangat hebat?

Dalam lomba itu peserta diminta untuk menceritakan tujuan ngeblog dan menyebutkan aplikasi yang digunakan untuk mendukung kegiatan ngeblognya. Hmm.. kupikir tujuan ngeblogku sudah jelas. Aku ingin bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan kewajibanku mengasuh Kakang

Mengenai aplikasi, sebenarnya aku sedih. Di HP ku tidak ada aplikasi untuk menulis atau untuk edit foto. Aku hanya bisa mengunduh 2 aplikasi: Facebook dan Line. Saat aku mau install aplikasi lain, katanya memori full. Padahal kan aku pengen Instagram-an juga. Hiks..

Tapi Diary, kalaulah memang jadi syarat mutlak, akan aku ceritakan bahwa aplikasi yang selama ini aku gunakan untuk mendukung kegiatan bloggingku adalah..

Facebook.

Kira-kira Mak Winda, dewan juri, dan para pembaca lain menertawakan aku tidak ya?
Tapi bener loh Diary. Buat aku, Facebook berguna buat..
.. mindahin foto dari HP ke dalam postingan blog

Aku kan gak punya kabel data. Jadi kalau aku mau foto di HP ku masuk ke blog, caranya adalah dengan mengunggahnya dulu lewat aplikasi Facebook (biasanya via messages ke suami), lalu di komputer warnet aku men-download-nya, dan meng-upload-nya lagi ke blog. Hahaha.. boros kuota ya? Cara ini juga bikin ukuran foto jadi kecil. Tapi ya gimana lagi. Itu aja udah Alhamdulillah bisa majang foto di blog. Seperti foto Kakang di atas :’)

Semoga saja Mak Winda dan dewan juri gak mendiskualifikasi aku yang mungkin jadi satu-satunya peserta yang ngeblognya cuma dibantu aplikasi Facebook, buat mindahin foto pula. Out of the box kan? -_-

Aku ingin sekali jadi salah satu pemenangnya, Diary. Soalnya aku pernah blogwalking ke beberapa blogger bandung yang ikut event-nya Smartfren. Katanya sinyal 4G LTE Smartfren di Bandung udah oke. Lancar banget buat internetan. Aku gak masalah deh menang juara berapa, dapat Smartfren tipe yang mana. Pokoknya akan aku terima dengan senang hati, yang penting smartphone-ku Smartfren. Aamiiin ^^


Go For It Blog Competition

12 komentar:

  1. Sinta emang guru besarku ... semangat terusss sin... klw aku nulis artikel demi toko online... hehehe...alhamdulillah sejak sakit dan cuti kerja berkepanjangan jd aktif nulis artikel... keep spirit sinta...mudah2an dapet ya hp smartfren nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin..

      makasih Wildaa
      moga laris manis toko online nyaaa

      Hapus
  2. Kirim lamaran by jobstreet Sinta. Cepet dapetnya, kaya gw, haha...

    Semoga menang dan dapat smartfren! Amin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw ga pernah dapet job via jobstreet.
      sepertinya jalan rezeki kita beda. hohoho...

      aamiiin, makasih Bick

      Hapus
  3. Aku sering ngeblog via notebook.
    Smartphone buat instagram. Tapi kalau signal kencang dan smartphone mendukung, kenapa tidak?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mak.. smartphone memang bisa buat ngeblog. pengen juga nyoba suatu hari nanti..

      Hapus
  4. Smoga tercapaii apa yg menjadi misi ngeblognya n syukur2 bisa dpt hape smart

    BalasHapus
  5. Terharu bacanya, Mak. Luar biasa motivasinya. Ibu mertua baik sekali tetapi gak mau merepotkan beliau. Moga menang ya ^_^

    BalasHapus