Huwooow..
Sesuatu banget deh saya nulis ini. Biasanya saya gak suka
ngejelek-jelekin sesuatu. Apalagi saya juga seller
di Shopee. Saya jualan di shopee.co.id/rumah_sakinah. Saya jual baju koko anak,
gamis anak dan gamis dewasa. BEST QUALITY, garansi uang kembali kalau tidak
puas ^^
Eh kok malah ngiklan. Lanjut ah..
Sesama seller harusnya akur. Betuuuul?
Masalahnya ini menyangkut nama baik adik saya. Jadi maap yah
pembaca kalau saya terbawa emosi dan akhirnya menumpahkannya di sini.
Jadi ceritanya adik bungsu saya ingin mengikuti jejak saya
untuk berjualan online. Saya sarankan padanya untuk mencari supplier di marketplace. Selain karena banyak yang menjual barang dengan harga
murah, kita juga insya Allah ga akan tertipu karena ada pihak marketplace yang menjembatani transaksi.
Uang yang ditransfer konsumen untuk pembelian barang akan disimpan oleh pihak marketplace hingga produk sampai ke
tangan konsumen.
Saya sarankan adik saya untuk mencari supplier di 3 marketplace
terpopuler yang menyediakan RekBer (rekening bersama) yaitu Tokopedia,
Bukalapak, dan Shopee. Saya sedikit mempromokan shopee karena sedang ada promo
subsidi ongkir.
Adik saya menurut. Ia pajang foto produk di Instagram.
Setelah mendapat orderan, ia pun memutuskan untuk mengambil produk dari toko
SlowRespon (bukan nama sebenarnya) di Shopee. Saya tidak akan menyebutkan nama
asli toko. Tapi saya bisa sebutkan ciri-cirinya.
Tanggal 30 Desember 2016, adik saya menunjukkan screenshoot
toko SlowRespon tempat ia akan memesan. Toko ini menjual kaos, baru 6 minggu
bergabung di Shopee, punya 5 pengikut, dan rating 5 bintang (sempurna) dari 4
ulasan.
Adik meminta saya menilai apakah toko ini layak dijadikan supplier. Meski saya lihat baru 4 ulasan
(belum cukup banyak orderan), melihat ratingnya saya jawab saja, “Cobain aja,
dek”. Saya tidak ngeh saat adik saya bilang dia sempat mencoba mendatangi alamat toko (fisik)nya tapi
tidak berhasil menemukannya. Saya
juga tidak memperhatikan bahwa Shopee mencantumkan bahwa toko ini rata-rata
mengirimkan pesanan dengan masa pengemasan 4-5 hari (which is ini super lama menurut standar saya).
Adik saya pun mencoba order di toko ini.
30 Desember 2016 (jumat) – Adik saya mentransfer dana ke
Shopee.
31 Desember 2016 (sabtu) - Adik saya menghubungi seller via
chat, mengonfirmasi pesanan.
1 Januari 2017 (minggu) - Seller membalas chat, menyatakan
siap (memproses orderan).
2 Januari 2017 (senin) - Belum ada kabar. Saya asumsikan
masih libur bersama.
3 januari 2017 (selasa) – Konsumen menanyakan pesanannya. Adik
saya chat ke seller menanyakan apakah pesanan sudah dikirim. Tidak ada balasan.
Saya langsung menyarankan untuk membatalkan pesanan dan saya bantu adik mencari
supplier lain.
4 Januari 2017 (rabu) – seller menjawab chat hanya satu
kata: udah.
5 Januari 2017 (kamis) – Shopee mengabarkan barang belum
dikirim. Saya yakin ini dari sistem yang belum menerima masukan nomor resi.
Di sini adik saya dilema. Seller bilang sudah dikirim. Shopee bilang belum.
Saya katakan pada adik bahwa saya lebih percaya Shopee.Kalau
memang seller sudah mengirim, mengapa seller tidak input resi?
Adik saya bingung mau menjawab apa pada konsumennya.
Saya heran kenapa Shopee ga otomatis membatalkan transaksi
saat seller tidak input resi dalam batas waktu yang sudah Shopee tetapkan (3
Januari 2017)?
Sampai hari Jumat tanggal 6 Januari (yeah, kami menunggu 1 minggu!) adik saya tidak
mendapatkan info resi. Dengan berat hati akhirnya adik saya membatalkan
pesanan by system dan bersiap mengembalikan uang konsumen. Surprisingly, seller MENOLAK pembatalan transaksi. Ckckck, kami tagih
resi, no respon. Giliran kami minta refund, responnya langsung cepat
menolak.
Beberapa jam kemudian, barulah ada notifikasi barang sudah
dikirim berikut nomor resi. Ketika kami cek resinya, ternyata tanggal
pengirimannya 6 Januari! Saya yakin sekali seller baru memproses pesanan
setelah adik saya meminta pembatalan. Ckckck..
Shopee mengirimkan penawaran agar adik saya membatalkan
refund. Tapi saya katakan, “Biarin aja. Tunggu sampai pesanan diterima.”
Untunglah 2 hari kemudian pesanan sampai ke konsumen adik
saya. Konsumen senang, memaklumi lamanya waktu pengiriman, daaaaan yang paling
saya takjub, dia mau order lagi! Beruntung sekali adik saya dapat konsumen luar
biasa seperti ini. Kalau saya yang jadi konsumennya, saya pasti ngomel-ngomel
dan kapok. Soalnya saya pribadi kalau jualan berusaha kirim di hari yang sama.
Kalaupun ga bisa (misalnya karena weekend atau libur) ya maksimal H+3 lah udah
terkirim.
Biasanya setelah barang sampai di tangan konsumen, Shopee
minta penilaian. Saya sudah wanti-wanti adik saya untuk kasih rating 1 bintang
saja. Tunggu punya tunggu, mana ya kok ga ada permintaan ngasih nilai? Yang ada
justru info bahwa Shopee menolak permintaan refund adik saya karena setelah Shopee
cek, seller telah mengirimkan pesanan dengan benar.
Baru beberapa hari kemudian saat saya cek Shopee ada
permintaan untuk menilai tuh toko. Saya yang akhirnya ngasih penilaian. Saya
kasih bintang 1 karena sebal tingkat dewa dengan super slow responnya, kebohongan
saat dia bilang sudah dikirim hari rabu padahal faktanya dikirim jumat, serta
lamanya pengiriman.
Saya tahu seller juga manusia. Saya tidak tahu dia ada
kendala apa yang menyebabkan pelayanannya begitu mengecewakan. Semoga dia bisa
memperbaiki dan meningkatkan servicenya di masa mendatang. Aamiiin..
Special note untuk Shopee,
Dear Shopee, saya tidak menyalahkanmu. Saya tetap cinta
kamu. Saya tetap jualan di Shopee dan sering belanja juga. I love your Coins!
Sukses selalu untuk Shopee, untuk toko SlowRespon, untuk
saya, adik saya, dan semuaaa yang punya akun Shopee. Aamiiiin..:D
eleh nyebelin y mba, klo saya pernah ke Tokopedia kasusnya dia libur jadi pihak tokopedia yang batalin tapi tau2 barang dtg dunk padahal di tokopedianya cancel hahaha krn saya konsumen baik hati maka saya transfer sejumlah uang lgsg ke sellernya. Sellernya sampe ngucapin maksih banyak, maaf ngerepotin duh terharu :p
BalasHapusmoga mba dan semuanya sukses y jualannya aamiin
Hoo berarti kalau Tokopedia langsung cancel dan refund ya.
HapusSaya juga dari kasus ini baru tahu kalau di Shopee tuh:
1. Pembatalan transaksi oleh pembeli harus disetujui oleh seller (yang dalam cerita ini sih seller menolak membatalkan transaksi)
2. Saat Shopee meminta adik saya membatalkan refund dan adik saya mengabaikannya, Shopee gak langsung refund. Shopee akan mengecek apakah memang perlu refund atau tidak. Di sini Shopee mungkin melihat dari nomor resi bahwa paket sudah dikirim ke alamat yang benar. Sehingga Shopee tidak melakukan refund.
makasih mba sharingnya, berniat jualan dg jasa marketplace jg soalnya :)
BalasHapusSama-sama mbaaak.. Makasih udah mampir ^^
HapusMbak jadi ini adiknya beli barang di toko SlowRespon terus dijual lagi? Begitu? Atau bagaimana ini maksudnya? Saya kok oneng banget.. hahahah
BalasHapusIya mbak, namanya sistem dropship. Adik saya cari orderan(konsumen) dulu. Setelah dapat orderan, barulah dia cari barangnya di shopee, gitu :)
HapusKak, kalau pengajuan pengembalian dana gk disetujui sama seller gmn? Apa uang kita ilang?
BalasHapusKak, kalau mau mengajukan pengembalian dana tp ternyata seller tdk mau tp barang msh blum dikirim(masa pengemasan) trs gmn? Apa uang kita ilang?
BalasHapusharusnya sih uang kita ga ilang. kalau memang seller terbukti ga ngirim barang, biasanya marketplace (apapun) akan mengembalikan uang ke pembeli
HapusAku juga ini lgi pesen barang di shoppe, tapi belum dikirim kirim padahal batas maksimal pengemasan 3 hari,ini sudah 5 hari ga ada kabar chatpun ga di bales sama sekali. Aku pengen batalin pesenan tapi takut klo sellernya ga mau terus barang ga dikirim dan uang ga kembali
HapusKalau dibaca2 sebenernya salah judul ya mba... klo dari judulnya kesannya sellernya Shopee secara general salah, padahal satu dari sekian juta IMHO. Saran aja si mbak kalau mau drop shipping gtu, udah tau ngirimnya lama ya jangan dipilih >< terus sebelum bener2 buka orderan ya dites dulu buat beli jadi tau bener2 kualitas barang yang dibeli dan seberapa besar kita bisa kasi kepercayaan ke si seller kan karna kita cuma dropshipper dan bergantung pada seller lain ini penting banget. aku pribadi seneng2 aja belanja di Shopee karena pilihan produk cewenya banyak banget, surga laah ditambah free ongkir muahaha. thanks for sharing mbaknya
BalasHapuskalo menurut aku belanja dishopee enak kok nyaman kalo masalah pengiriman lama itu murni kesalahan seller nya, mungkin sellernya dropship juga makanya dia jd lama
BalasHapusTenang mba seller yang nakal pasti ga bakal bertahan lama kok soalnya kalau shopee ini ga akan main-main soal seller yang nakal-nakal! dari pengalaman gw sendiri soalnya..
BalasHapuswah ini mah emang sellernya aja yang ngaco...
BalasHapustenang aja shopee pasti balikin duitnya kalau emang seller ga ngirim barangnya!
menurut gw mah yang aneh sellernya itu kalau dari shopee mah ga akan macam-macam kok sama pelanggan...
BalasHapushampir sebagian besar mah yang salah sellernya sih... kalau tempat marketplace besar kaya shopee mah ga bakal tipu-tipu deh!
BalasHapusah ini sellernya aja yang udah niat ga bener.. kalau marketplace sebesar shopee mah ga bakal deh tipu-tipu!
BalasHapuskak mau nanya dong sebagai penjual kan kita sementara tangung ongkir gimana ya kak biar biayaa ongkir kita diganti shopee
BalasHapushai kak aku mau nanya sebagai penjual kan kita sementara naggung ongkir giaman cara nya ya biayaya ongkir kita diganti oleh pihak shopee
BalasHapuskalo saya lihat dari tanggal transaksi mungkin seller libur tahun baru, dan emang wajar pasti transaksi pada tanggal itu pasti banyak yang hold, ekspedisi pun ada yang libur. kesalahan seller lebih kejujuran. kalo emang libur mustinya dia tutup toko shopee sementara atau buat note kepada para pembeli. banyak cara cari supplier yang bagus dan jangan selalu patokan harga murah.
BalasHapusSaya beli catok sisir rambut,udah 5 hari belum dikirim juga.saya coba tanyakan kepada penjualannya,malah penjualannya tidak merespon sama sekali.padahal udah saya transfer.
BalasHapussemoga tidak kapok belanja di shopee
BalasHapussabar ya sista
BalasHapusajarin dong sist cara memulai bisnis dropshipnya.. :)
BalasHapussebaiknya untuk seller kl nggak ready stok opsi nya di preorder ,jd konsumen/buyer bs maklum.
BalasHapusKalau menurut saya si itu karena seller nya juga dropship dan kemungkinan suplier nya si seller lg liburan karena taun baruan sementara seller tetap memaksakan terima order,coba aja dikomunikasikan lg,ini juga terjadi dgn saya saya posisi spt seller lama pengemasan tapi saya berusaha untuk selalu komunikatif dgn costumer,suplier saya lama bgt respon dan kirimnya,di chat jarang balas,tetapi setelah beberapa order baru suplier mulai melihat kita sebagai reseller/dropshiper yg baik,chat sering dibalas,yah ini balik lg ke mbaknya kalau dari awal ragu ya ganti suplier,atau kalau mau atur pengiriman ya jadi reseller jgn dropship,dan saya menemukan suplier yg bagus itu dari banyak nyan pesanan bukan cuma respon.
BalasHapussaya ngalamin seperti itu juga mba .. mau menghapus ulasan negatif dari pembeli, tapi ga bisa . share
BalasHapusSaya benar2 mengalami hal yang menyebalkan dalam 3 hari ini. Saya beli 2 barang dalam toko yg berbeda. Toko 1, saya ada kesalahan dalam deskripsi barang, sehingga saya batalkan pesanan, dengan niatan mau saya ralat. Eeh, penjualnya dengan tanpa konfirmasi, saya lngsung diblokir!
BalasHapusTerus saya buat akun baru, order lgi dari toko yg sama, dan saya minta lngsung dikirim karena akan dipakai hari rabu besok (saya order hari Jum'at). Barang sudah sampai, setelah saya buka malah salah kirim.. Dia meminta saya untuk mengirim ulang barangnya, dan saya tanya untuk biaya ongkirnya apakah ditanggung dia atau nggak? Soalnya jelas, disini saya kecewa dengan hal itu. Saya harusnya Rabu bisa dipakai, sampai sekarang kok tidak ada balasan, padahal akunnya itu Online loh.
Inisial tokonya J, dan pemiliknya JNA.
Toko 2, saya tanya kesediaan barang. Sudah konfirmasi kalau barang ada, dan sudah saya bayar, malah baru bilang kalau barang nggak ada. Saya minta pembatalan, dari tadi siang sampe malam ini belum dikonfirmasi sellernya!
Sama saya juga sis... Udah bayar udah di hari terakhir barang mesti dikemas eh sellernya baru bilang kalau barang kosong... Akhirnya saya bilang ganti barang lain aja random terserah dia... Tapi belum juga di respon sampe sekarang
HapusSama banget sama yang aku alami saat ini, aku minta refund tp di tolak. Gmn pihak shopee hrsnya kalo lama proses pengemasan uangnya kembali otomatis. Msalah e kita seller untung ga seberapa tp dirugikan seller yg slow respon gini.
BalasHapusSama kayak kasus saya..
BalasHapusMasa pengemasan berakhir kemarin p4 juni 2018...enaknya saya pencet cancel ya bun? 😫😫
Saya baru pertama kali ini order di shoope. Dan masyaAllah.. Saya nunggu barang dari 22 mei smpai sekarang
Aku juga jualan di Shopee dan suka belanja di sana juga. Banyak belajarlah dari situ. Misalnya karena mengalami keselnya barang dibilang ready sesuai yang terpajang di etalase padahal nggak ada, ya aku jangan sampai melakukan hal serupa.
BalasHapus