Senin, 23 Januari 2017

Pengalaman Transaksi dengan Seller Menyebalkan di Shopee



Huwooow..

Sesuatu banget deh saya nulis ini. Biasanya saya gak suka ngejelek-jelekin sesuatu. Apalagi saya juga seller di Shopee. Saya jualan di shopee.co.id/rumah_sakinah. Saya jual baju koko anak, gamis anak dan gamis dewasa. BEST QUALITY, garansi uang kembali kalau tidak puas ^^
Eh kok malah ngiklan. Lanjut ah..

Sesama seller harusnya akur. Betuuuul?

Masalahnya ini menyangkut nama baik adik saya. Jadi maap yah pembaca kalau saya terbawa emosi dan akhirnya menumpahkannya di sini.  

Jadi ceritanya adik bungsu saya ingin mengikuti jejak saya untuk berjualan online. Saya sarankan padanya untuk mencari supplier di marketplace. Selain karena banyak yang menjual barang dengan harga murah, kita juga insya Allah ga akan tertipu karena ada pihak marketplace yang menjembatani transaksi. Uang yang ditransfer konsumen untuk pembelian barang akan disimpan oleh pihak marketplace hingga produk sampai ke tangan konsumen.

Saya sarankan adik saya untuk mencari supplier di 3 marketplace terpopuler yang menyediakan RekBer (rekening bersama) yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Saya sedikit mempromokan shopee karena sedang ada promo subsidi ongkir.

Adik saya menurut. Ia pajang foto produk di Instagram. Setelah mendapat orderan, ia pun memutuskan untuk mengambil produk dari toko SlowRespon (bukan nama sebenarnya) di Shopee. Saya tidak akan menyebutkan nama asli toko. Tapi saya bisa sebutkan ciri-cirinya.

Tanggal 30 Desember 2016, adik saya menunjukkan screenshoot toko SlowRespon tempat ia akan memesan. Toko ini menjual kaos, baru 6 minggu bergabung di Shopee, punya 5 pengikut, dan rating 5 bintang (sempurna) dari 4 ulasan. 

Screenshot toko tgl 30/12/16. Harusnya saya perhatikan juga Waktu Pesan Dibalas dan Masa Pengemasan


Adik meminta saya menilai apakah toko ini layak dijadikan supplier. Meski saya lihat baru 4 ulasan (belum cukup banyak orderan), melihat ratingnya saya jawab saja, “Cobain aja, dek”. Saya tidak ngeh saat adik saya bilang dia sempat mencoba mendatangi alamat toko (fisik)nya tapi tidak berhasil   menemukannya. Saya juga tidak memperhatikan bahwa Shopee mencantumkan bahwa toko ini rata-rata mengirimkan pesanan dengan masa pengemasan 4-5 hari (which is ini super lama menurut standar saya). 

Adik saya pun mencoba order di toko ini.

30 Desember 2016 (jumat) – Adik saya mentransfer dana ke Shopee.
31 Desember 2016 (sabtu) - Adik saya menghubungi seller via chat, mengonfirmasi pesanan.
1 Januari 2017 (minggu) - Seller membalas chat, menyatakan siap (memproses orderan).
2 Januari 2017 (senin) - Belum ada kabar. Saya asumsikan masih libur bersama.
3 januari 2017 (selasa) – Konsumen menanyakan pesanannya. Adik saya chat ke seller menanyakan apakah pesanan sudah dikirim. Tidak ada balasan. Saya langsung menyarankan untuk membatalkan pesanan dan saya bantu adik mencari supplier lain.
4 Januari 2017 (rabu) – seller menjawab chat hanya satu kata: udah.
5 Januari 2017 (kamis) – Shopee mengabarkan barang belum dikirim. Saya yakin ini dari sistem yang belum menerima masukan nomor resi.

Di sini adik saya dilema. Seller bilang sudah dikirim. Shopee bilang belum.
Saya katakan pada adik bahwa saya lebih percaya Shopee.Kalau memang seller sudah mengirim, mengapa seller tidak input resi? 

Adik saya bingung mau menjawab apa pada konsumennya.

Saya heran kenapa Shopee ga otomatis membatalkan transaksi saat seller tidak input resi dalam batas waktu yang sudah Shopee tetapkan (3 Januari 2017)?

Sampai hari Jumat tanggal 6 Januari (yeah, kami menunggu 1 minggu!) adik saya tidak mendapatkan info resi. Dengan berat hati akhirnya adik saya membatalkan pesanan by system dan bersiap mengembalikan uang konsumen. Surprisingly, seller MENOLAK pembatalan transaksi. Ckckck, kami tagih resi, no respon. Giliran kami minta refund, responnya langsung cepat menolak.

Beberapa jam kemudian, barulah ada notifikasi barang sudah dikirim berikut nomor resi. Ketika kami cek resinya, ternyata tanggal pengirimannya 6 Januari! Saya yakin sekali seller baru memproses pesanan setelah adik saya meminta pembatalan. Ckckck..

Shopee mengirimkan penawaran agar adik saya membatalkan refund. Tapi saya katakan, “Biarin aja. Tunggu sampai pesanan diterima.”

Untunglah 2 hari kemudian pesanan sampai ke konsumen adik saya. Konsumen senang, memaklumi lamanya waktu pengiriman, daaaaan yang paling saya takjub, dia mau order lagi! Beruntung sekali adik saya dapat konsumen luar biasa seperti ini. Kalau saya yang jadi konsumennya, saya pasti ngomel-ngomel dan kapok. Soalnya saya pribadi kalau jualan berusaha kirim di hari yang sama. Kalaupun ga bisa (misalnya karena weekend atau libur) ya maksimal H+3 lah udah terkirim. 

Biasanya setelah barang sampai di tangan konsumen, Shopee minta penilaian. Saya sudah wanti-wanti adik saya untuk kasih rating 1 bintang saja. Tunggu punya tunggu, mana ya kok ga ada permintaan ngasih nilai? Yang ada justru info bahwa Shopee menolak permintaan refund adik saya karena setelah Shopee cek, seller telah mengirimkan pesanan dengan benar.

Baru beberapa hari kemudian saat saya cek Shopee ada permintaan untuk menilai tuh toko. Saya yang akhirnya ngasih penilaian. Saya kasih bintang 1 karena sebal tingkat dewa dengan super slow responnya, kebohongan saat dia bilang sudah dikirim hari rabu padahal faktanya dikirim jumat, serta lamanya pengiriman.  

Saya tahu seller juga manusia. Saya tidak tahu dia ada kendala apa yang menyebabkan pelayanannya begitu mengecewakan. Semoga dia bisa memperbaiki dan meningkatkan servicenya di masa mendatang. Aamiiin..

Special note untuk Shopee,
Dear Shopee, saya tidak menyalahkanmu. Saya tetap cinta kamu. Saya tetap jualan di Shopee dan sering belanja juga. I love your Coins! 

Sukses selalu untuk Shopee, untuk toko SlowRespon, untuk saya, adik saya, dan semuaaa yang punya akun Shopee. Aamiiiin..:D

32 komentar:

  1. eleh nyebelin y mba, klo saya pernah ke Tokopedia kasusnya dia libur jadi pihak tokopedia yang batalin tapi tau2 barang dtg dunk padahal di tokopedianya cancel hahaha krn saya konsumen baik hati maka saya transfer sejumlah uang lgsg ke sellernya. Sellernya sampe ngucapin maksih banyak, maaf ngerepotin duh terharu :p
    moga mba dan semuanya sukses y jualannya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo berarti kalau Tokopedia langsung cancel dan refund ya.

      Saya juga dari kasus ini baru tahu kalau di Shopee tuh:
      1. Pembatalan transaksi oleh pembeli harus disetujui oleh seller (yang dalam cerita ini sih seller menolak membatalkan transaksi)

      2. Saat Shopee meminta adik saya membatalkan refund dan adik saya mengabaikannya, Shopee gak langsung refund. Shopee akan mengecek apakah memang perlu refund atau tidak. Di sini Shopee mungkin melihat dari nomor resi bahwa paket sudah dikirim ke alamat yang benar. Sehingga Shopee tidak melakukan refund.

      Hapus
  2. makasih mba sharingnya, berniat jualan dg jasa marketplace jg soalnya :)

    BalasHapus
  3. Mbak jadi ini adiknya beli barang di toko SlowRespon terus dijual lagi? Begitu? Atau bagaimana ini maksudnya? Saya kok oneng banget.. hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, namanya sistem dropship. Adik saya cari orderan(konsumen) dulu. Setelah dapat orderan, barulah dia cari barangnya di shopee, gitu :)

      Hapus
  4. Kak, kalau pengajuan pengembalian dana gk disetujui sama seller gmn? Apa uang kita ilang?

    BalasHapus
  5. Kak, kalau mau mengajukan pengembalian dana tp ternyata seller tdk mau tp barang msh blum dikirim(masa pengemasan) trs gmn? Apa uang kita ilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih uang kita ga ilang. kalau memang seller terbukti ga ngirim barang, biasanya marketplace (apapun) akan mengembalikan uang ke pembeli

      Hapus
    2. Aku juga ini lgi pesen barang di shoppe, tapi belum dikirim kirim padahal batas maksimal pengemasan 3 hari,ini sudah 5 hari ga ada kabar chatpun ga di bales sama sekali. Aku pengen batalin pesenan tapi takut klo sellernya ga mau terus barang ga dikirim dan uang ga kembali

      Hapus
  6. Kalau dibaca2 sebenernya salah judul ya mba... klo dari judulnya kesannya sellernya Shopee secara general salah, padahal satu dari sekian juta IMHO. Saran aja si mbak kalau mau drop shipping gtu, udah tau ngirimnya lama ya jangan dipilih >< terus sebelum bener2 buka orderan ya dites dulu buat beli jadi tau bener2 kualitas barang yang dibeli dan seberapa besar kita bisa kasi kepercayaan ke si seller kan karna kita cuma dropshipper dan bergantung pada seller lain ini penting banget. aku pribadi seneng2 aja belanja di Shopee karena pilihan produk cewenya banyak banget, surga laah ditambah free ongkir muahaha. thanks for sharing mbaknya

    BalasHapus
  7. kalo menurut aku belanja dishopee enak kok nyaman kalo masalah pengiriman lama itu murni kesalahan seller nya, mungkin sellernya dropship juga makanya dia jd lama

    BalasHapus
  8. Tenang mba seller yang nakal pasti ga bakal bertahan lama kok soalnya kalau shopee ini ga akan main-main soal seller yang nakal-nakal! dari pengalaman gw sendiri soalnya..

    BalasHapus
  9. wah ini mah emang sellernya aja yang ngaco...

    tenang aja shopee pasti balikin duitnya kalau emang seller ga ngirim barangnya!

    BalasHapus
  10. menurut gw mah yang aneh sellernya itu kalau dari shopee mah ga akan macam-macam kok sama pelanggan...

    BalasHapus
  11. hampir sebagian besar mah yang salah sellernya sih... kalau tempat marketplace besar kaya shopee mah ga bakal tipu-tipu deh!

    BalasHapus
  12. ah ini sellernya aja yang udah niat ga bener.. kalau marketplace sebesar shopee mah ga bakal deh tipu-tipu!

    BalasHapus
  13. kak mau nanya dong sebagai penjual kan kita sementara tangung ongkir gimana ya kak biar biayaa ongkir kita diganti shopee

    BalasHapus
  14. hai kak aku mau nanya sebagai penjual kan kita sementara naggung ongkir giaman cara nya ya biayaya ongkir kita diganti oleh pihak shopee

    BalasHapus
  15. kalo saya lihat dari tanggal transaksi mungkin seller libur tahun baru, dan emang wajar pasti transaksi pada tanggal itu pasti banyak yang hold, ekspedisi pun ada yang libur. kesalahan seller lebih kejujuran. kalo emang libur mustinya dia tutup toko shopee sementara atau buat note kepada para pembeli. banyak cara cari supplier yang bagus dan jangan selalu patokan harga murah.

    BalasHapus
  16. Saya beli catok sisir rambut,udah 5 hari belum dikirim juga.saya coba tanyakan kepada penjualannya,malah penjualannya tidak merespon sama sekali.padahal udah saya transfer.

    BalasHapus
  17. semoga tidak kapok belanja di shopee

    BalasHapus
  18. ajarin dong sist cara memulai bisnis dropshipnya.. :)

    BalasHapus
  19. sebaiknya untuk seller kl nggak ready stok opsi nya di preorder ,jd konsumen/buyer bs maklum.

    BalasHapus
  20. Kalau menurut saya si itu karena seller nya juga dropship dan kemungkinan suplier nya si seller lg liburan karena taun baruan sementara seller tetap memaksakan terima order,coba aja dikomunikasikan lg,ini juga terjadi dgn saya saya posisi spt seller lama pengemasan tapi saya berusaha untuk selalu komunikatif dgn costumer,suplier saya lama bgt respon dan kirimnya,di chat jarang balas,tetapi setelah beberapa order baru suplier mulai melihat kita sebagai reseller/dropshiper yg baik,chat sering dibalas,yah ini balik lg ke mbaknya kalau dari awal ragu ya ganti suplier,atau kalau mau atur pengiriman ya jadi reseller jgn dropship,dan saya menemukan suplier yg bagus itu dari banyak nyan pesanan bukan cuma respon.

    BalasHapus
  21. saya ngalamin seperti itu juga mba .. mau menghapus ulasan negatif dari pembeli, tapi ga bisa . share

    BalasHapus
  22. Saya benar2 mengalami hal yang menyebalkan dalam 3 hari ini. Saya beli 2 barang dalam toko yg berbeda. Toko 1, saya ada kesalahan dalam deskripsi barang, sehingga saya batalkan pesanan, dengan niatan mau saya ralat. Eeh, penjualnya dengan tanpa konfirmasi, saya lngsung diblokir!
    Terus saya buat akun baru, order lgi dari toko yg sama, dan saya minta lngsung dikirim karena akan dipakai hari rabu besok (saya order hari Jum'at). Barang sudah sampai, setelah saya buka malah salah kirim.. Dia meminta saya untuk mengirim ulang barangnya, dan saya tanya untuk biaya ongkirnya apakah ditanggung dia atau nggak? Soalnya jelas, disini saya kecewa dengan hal itu. Saya harusnya Rabu bisa dipakai, sampai sekarang kok tidak ada balasan, padahal akunnya itu Online loh.
    Inisial tokonya J, dan pemiliknya JNA.
    Toko 2, saya tanya kesediaan barang. Sudah konfirmasi kalau barang ada, dan sudah saya bayar, malah baru bilang kalau barang nggak ada. Saya minta pembatalan, dari tadi siang sampe malam ini belum dikonfirmasi sellernya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga sis... Udah bayar udah di hari terakhir barang mesti dikemas eh sellernya baru bilang kalau barang kosong... Akhirnya saya bilang ganti barang lain aja random terserah dia... Tapi belum juga di respon sampe sekarang

      Hapus
  23. Sama banget sama yang aku alami saat ini, aku minta refund tp di tolak. Gmn pihak shopee hrsnya kalo lama proses pengemasan uangnya kembali otomatis. Msalah e kita seller untung ga seberapa tp dirugikan seller yg slow respon gini.

    BalasHapus
  24. Sama kayak kasus saya..
    Masa pengemasan berakhir kemarin p4 juni 2018...enaknya saya pencet cancel ya bun? 😫😫
    Saya baru pertama kali ini order di shoope. Dan masyaAllah.. Saya nunggu barang dari 22 mei smpai sekarang

    BalasHapus
  25. Aku juga jualan di Shopee dan suka belanja di sana juga. Banyak belajarlah dari situ. Misalnya karena mengalami keselnya barang dibilang ready sesuai yang terpajang di etalase padahal nggak ada, ya aku jangan sampai melakukan hal serupa.

    BalasHapus