Sabtu, 24 September 2016

Dear Customers yang Butuh Urgent, Segeralah Pergi ke Pasar!

Wew, judul macam apa itu? Jelek amat. Hahahahahaha..

Ini adalah postingan curhat dari seorang owner OLshop yang telah melayani ratusan konsumen dan menemukan bahwa ada beberapa konsumen yang sepertinya belum paham bahwa jika mereka butuh urgent akan suatu barang, sebaiknya beli di pasar. Bukan beli secara online

Jadi begini ceritanya..

Beberapa hari yang lalu, ada yang chat saya di WA. Foto profilnya sih cowok. Tapi dia nanyain gamis. Saya bingung apakah ini seorang perempuan yang lagi majang foto kekasihnya? Ternyata bukan. Yang chat saya memang seorang cowok yang sedang ingin membelikan gamis untuk calon istrinya. Owh so sweet...

Jihan the Best Seller Dress | WA 088210862289


Ngobrol-ngobrol-ngobrol, terjadi transaksi. Dia transfer di malam hari. Saya katakan gamisnya akan dikirim besok dengan JNE YES karena ia bilang butuh cepat. Ia setuju.

Semua tampak cukup lancar sampai besok siangnya dia bertanya, "Sudah dikirim mbak?"

Saya jawab santai, "Nanti sore ya Mas, dikirim bareng paket-paket yang lainnya."

"Loh, kok sore mbak? Kan saya mau ngasih kadonya hari ini?"

Krik. Krik. Krik.

*tarik nafaaas... hembuskaaan..*

"Mas, kalaupun dikirim tadi pagi, tetap akan sampai besok." jawab saya.

Dia tidak percaya. Dia sangat yakin kalau saya mengirim pagi, dia akan menerimanya di sore hari. Oiya FYI, pengiriman dari Tasikmalaya dan tujuannya adalah Bekasi.

Saya pun lalu googling, dan akhirnya memberikan screenshot ini padanya.

Maaf lupa sumbernya -___-'


Saya katakan bahwa jika ingin sampai di hari yang sama, ada layanan Super Speed yang mana tarifnya untuk Tasikmalaya-Bekasi adalah 228 ribu.

Dia ga komentar.

Kemudian entah kesambet malaikat dari mana, saya bilang, "Mau dicancel aja?"

Separuh hati saya langsung merasa menyesal. Bagaimana tidak? Uang yang ia transfer sudah saya serahkan pada supplier. Tentu tidak enak kalau saya minta supplier mengembalikan uangnya. Ini bukan salah supplier. Plus saya tahu persis rasanya direpotkan refund padahal kesalahan bukan pada di kita.

Saya harus mengembalikan uangnya dari kantong saya sendiri.
Dan memang itulah yang terjadi.
Saya minta supplier membatalkan pengirimannya (untung masih bisa) dan saya katakan uang saya jadi deposit saja di sana.

Sedih, kecewa, kesal, pasti. Tapi ya sudahlah. Namanya bisnis pasti banyak petualangannya.
Ya.. siapa tahu nanti deposit itu bisa jadi gamis buat saya pribadi. AAMIIIIN YA ALLAH.


Nah, itu cerita pertama.

Cerita kedua terjadi Kamis (22/9) lalu. Ada seorang konsumen membutuhkan baju ihram anak untuk dipakai di kegiatan manasik haji KEESOKAN HARInya.

WHAAAT!

Memang sih dia lokasinya satu kota sama supplier.
Memang sih bisa pake JNE YES.
Memang sih dipakainya siang, ba'da jumatan.
Tapi bagi saya ini sangat amat beresiko.

Alhamdulillah kalau paketnya sampai keesokan paginya, sebelum jumatan.
Bagaimana kalau sampainya jam 7 malam?

Benar dengan JNE YES bisa sampai besok. Tapi ga ada yang tahu JAM BERAPA paketnya akan sampai.

Singkat cerita, saya inisiatif kirim pake Gojek. Untunglah supplier juga kooperatif dan punya kode promo. Customer bayar ongkir 9 ribu untuk JNE YES, saya tambahkan 15 ribu demi bisa ngirim pake Gojek.

Thank you, Gojek!

Suami bilang gimana saya bisa kaya kalau terlalu baik hati seperti itu. Heuheu..

Dear suami, Alhamdulillah meski kirim pake Gojek, saya masih dapat profit. Gak rugi.
Yang penting saya dapat KETENANGAN HATI.

Ya, saya memang suka galau kalau konsumen butuh segera tapi pengiriman paketnya lama.

Kayak gini:


Itu pakai JNE YES.
Jam 5 sore belum sampai.
Pas konsumen (dan saya) tracking nomor resi di web JNE, tulisannya not found.
Kayaknya supplier salah ketik nomor resi tapi saya gak bisa menghubungi supplier karena sudah di luar jam kerja.

STRES ya ALLAH

Ba'da maghrib saya solat hajat. Ba'da isya solat hajat lagi. Baru kali ini saya 2x solat hajat dalam rentang waktu 2 jam. Doanya satu saja: mohon agar paket beliau segera sampai.



Allah memang Maha Mengabulkan doa hamba-Nya :') :') :')


Dear customers, mohon maaf...
Kalau butuh cepat barangnya, please segera ke pasar terdekat.

Saya beneran gapapa kok kalau gak beli di saya.
Saya ga mau ketika Anda butuh baju untuk tanggal sekian, ternyata di tanggal itu belum sampai.
Saya ga mau Anda kecewa.

Coz your satisfaction is our priority
*gombal*


Happy Shopping ^^



12 komentar:

  1. Halo Mba Sinta, salam kenal :)
    Betul..ga masuk akal kalo beli di olshop tapi harus nyampe besoknya. Thanks for sharing..jadi tau perasaan pemilik olshop kalo diburu-buru

    BalasHapus
  2. Emang suka galau gak karuan kalo barang pesenan belum sampe ya, Mi�� Derita jadi olshop. Haha

    BalasHapus
  3. Akhirnya balik lagi ke "apa yang dibutuhkan"

    Salam kenal teh :)

    Jangan lupa untuk nulis #1minggu1cerita ya. Semangat!

    BalasHapus
  4. Balada emak-emak olshop.. *toss
    Tapi ahirnya setiap kisah konsumen yg aneka rupa bikin kita makin tahan banting *ceunah

    BalasHapus
  5. Wah ketemu aktivis olshop, salam kenal! Kalo saya mah suka sebel sama ekspedisinya :(

    BalasHapus
  6. Penjualnya baik banget ini :) salam kenal ya teh. Semangat... Salam kenal :)
    aku udah follow twitternya ya teh ^^ (@uciggg)

    BalasHapus
  7. Ini bener banget :)) Beberapa kali mengalami derita yang serupa, akhirnya kata-kata 'butuh cepet' beneran jadi mimpi buruuukkk banget! :)) Salam kenal ya! Nama kita sama :D

    BalasHapus
  8. Gitu ya rasanya di pihak ownershop, semoga kebaikan Sinta bikin pembeli makin berdatangan.
    Salam kenal, Sinta :)

    BalasHapus
  9. Mbaknya baik banget mau nombokin ongkirnya gitu yah, moga rejekinya berkah yah Mbak.

    Mau intip2 lapaknya juga ahh :D

    Klo saya gak pernah pake YES Mbak, laahh pake OKE aja masih mahal itu.:(

    BalasHapus
  10. sama mbak!

    aku juga suka kesel, maunya cepet tapi belanja online

    minta cod tapi carinya di gugel -_-

    BalasHapus
  11. Suka dukanya jualan online memang gini mbak, yang sabar ya :D

    BalasHapus
  12. Kerudung masa kini sangat insfiratif bagi banyak kalangan terima kasih !

    BalasHapus