Rabu, 21 September 2016

Blogwalk to Rumah Maya Kania

Alamaaak..
Satu bulan gak update blog itu ternyata rasanya gak enaak. Frekuensi blogwalking juga menurun. Harusnya jalan-jalan ke Rumah Maya Kania itu 1-15 September. Nyatanya baru sekarang bisa blogwalking. Bener-bener harus lebih pinter curi waktu. Untunglah Mbak Kania gak jitak saya untuk keterlambatan ini. Heuheu..

So,
Kali ini saya jalan-jalan ke blognya Mbak Kania Ningsih. Ibu dua anak ini sangat produktif menulis. Ia aktif mengelola beberapa blognya seperti www.rumahmayakania.com dan www.petualanganzara.com. Ia bahkan punya blog khusus buku dan blog khusus masakan! Wow.

Di postingan ini saya review yang Rumah Maya Kania saja ya ^^

Begitu mendarat di blognya, saya menemukan sebuah blog dengan template simple khas platform Blogger yang nyaman di mata. Dengan warna dasar putih, background motif dengan nuansa warna marun, serta tampilan 2 kolom dengan sidebar di sebelah kanan, blognya tampak rapi. Tak ada widget-widget berlebihan yang membuat mata terdistrak.



Seperti biasa, yang saya buka pertama kali adalah halaman tentang yang punya blog. Membaca tentang kegiatannya sehari-hari, komentar pertama saya adalah.. waaah enaknya bisa nulis sepuasnya saat anak-anak sekolah. Semoga suatu hari nanti bisa seperti itu. Sekarang sih, saya cuma bisa nulis kalau Kakang (23 bulan) bobo aja. Huhuhu..

Melihat banyaknya karya buku, beberapa penghargaan dan prestasinya dalam aneka lomba blog, saya melihat bukti bahwa semakin banyak kita menulis, maka akan semakin terampil, semakin bagus tulisannya.

Tulisan-tulisannya begitu renyah dibaca. Beberapa postingan yang saya baca adalah ini:

Habis Galau Terbitlah Buku (25 Mei 2014)
Judulnya bikin penasaran. Apakah kalau saya mau nerbitin buku musti galau dulu? Heuheu
Eh tapi kalau ga salah, Raditya Dika pernah bilang sih, bahwa bahan untuk menulis itu baginya adalah kegelisahan. Sesuatu yang saking bikin galau, harus ditulis biar lega. Ternyata Mbak Kania juga pernah membuat buku yang tercipta dari luapan perasan galau.

Kapan Nulisnya? (14 September 2016)
Nah iniiii! Ini nih yang saya butuhkan. Kesibukan sehari-hari bikin jadwal nulis blog jadi keteteran. Jadi saya mesti nyontek Mbak Kania nih. Ternyata Mbak Kania punya beberapa prinsip untuk menjaga konsistensi ngeblog. Yang pertama harus fokus. Istirahat jualan online dan keluar 2 grup Whatsapp.
Wuaaah ini saya belum bisa. Justru saya maunya fokus jualan. Dan soal grup.. hemm.. saya malah baru nambah 2 grup WA lagi. Hahahaha...
Eh tapi salah satu grup itu untuk mendorong ngeblog juga kok. Semoga beneran jadi lebih sering nulis blog bukannya mantengin WA mulu ;p

Selain fokus, Mbak Kania juga menguatkan niat dan melakukan manajemen waktu yang baik.
Setuju banget saya. Saya pernah ingin nyerah ngeblog. Tapi saya gak bisa. Saya terlanjur memandang diri saya sebagai seorang blogger dan gak mau 'resign' jadi blogger *niat apaan nih?

Well, pulang dari Rumah Maya Kania, bertambah lagi satu blogger yang perlu saya jadikan contoh. Bahwa menjadi ibu rumah tangga yang sibuk janganlah jadi alasan untuk tidak produktif menulis. Bukankah saya sendiri sudah merasakan bahwa menulis (ngeblog) justru berfungsi untuk menjaga kewarasan di tengah hiruk pikuk peran sebagai istri dan ibu?

Kuncinya adalah fokus. niat dan manajemen waktu.*Jangan hanya dicatat, Sinta, ingat dan praktekan yaaa..!

Terimakasih untuk inspirasinya, Mbak Kania.

Keep writing, keep inspiring ^^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar