Sabtu, 12 Desember 2015

Membuka Jalan Rezeki dari Ngeblog

Saat dulu pertama kali ngeblog, tak sedikit pun terbersit kalau blog ini bisa jadi jalan rezeki. Bahkan meski saya banyak membaca tentang blog monetizing, saya tetap merasa blog ini hanya akan jadi media curhat semata.

Bagaimana tidak, kebanyakan para ahli nyaranin untuk fokus pada satu topik. Mereka menyebutnya niche. Saya sudah mencoba bertapa, berpikir panjang sampai berhari-hari, tentang satu topik yang paling saya kuasai dan saya mampu menuliskannya secara konsisten. Hasilnya adalah...
Saya ketemu satu topik.
Yaitu... my life as Sintamilia. HAHAHA *fail

Jadi begitulah. Blog ini tetap gado-gado. Kalau dimasukin ke dalam satu kategori, kayaknya sih tergolong Lifestyle Blog. Entahlah. Sekarang malah lagi suka nulis #SaturdayLove yang kebanyakan tentang married life. Da sayah mah apa atuh, bisanya gombalin dia doang.

Ok. Back to the topic.

Dengan gak terkonsepnya blog ini, saya jadi surprised saat mendapat sesuatu (baca: materi) dari kegiatan ngeblog.

Pertama kali dapat tawaran kerjasama adalah dari Zalora. Mereka minta backlink dari blog saya ke salah satu halaman Zalora. Isi postingan blog bebas. Karena gampang, saya terima saja. Jadilah my first sponsored post: 25 Weeks, Baby Bumps!
Dari Zalora saya mendapat voucher belanja yang saya gunakan untuk membeli kemeja untuk suami tercinta :')


Berikutnya adalah saat saya mengikuti event Gerakan #SemangatNgeblog di Blogdetik pada Desember 2014. Dari event itu Alhamdulillah saya dapat voucher belanja Indomaret senilai Rp. 250.000,-

Tak lama, saya bergabung dengan salah satu komunitas blogger paling ngehitz sejagad raya: Kumpulan Emak-Emak Blogger. Di sini saya terpukau karena grup FBnya sangat aktif, membernya keren-keren, banyak ilmu bertebaran dan banyak info lomba diumumkan.

Saya pun mendadak jadi kuter alias kuis hunter. Hahaha. Beberapa lomba saya ikuti. Di blog ini saja, ada setidaknya 27 postingan yang saya ikutkan lomba dan giveaway. Yang lolos jadi pemenang? TIGA saja. Xixixi.. Alhamdulillah.. :)

Pertengahan tahun 2015 untuk pertama kalinya saya menang lomba blog Traveloka berhadiah tiket pesawat Citilink PP semua rute domestik, dengan postingan Ingin Kutemui Orangtua, Untuk Pertama Kalinya Bersama Suami

Baca juga : Kisah Tiket Gratis yang Berakhir Dramatis

Kedua, jadi pemenang harapan lomba blog Aqua 242 dengan postingan tentang 3 Mitos dan Fakta Hidrasi saat Puasa. Ini gak nyangka banget soalnya bagi saya ketentuan penulisannya lumayan rumit. Saya mendapat sertifikat dan uang tunai Rp. 1.000.000,-


Ketiga, jadi 3 peserta pertama Giveaway Pernikahan dan Souvenir Pernikahan. Dapat frame foto, album foto ukuran sedang, dan album foto ukuran kecil (2R).

Sumber: Yasinyasintha.com

Postingan yang saya ikutsertakan adalah yang Hari Ini Dua Tahun Lalu

Selain dari lomba, saya juga kecipratan rezeki dengan bergabung dalam komunitas blogger. Misal, saya pernah ikut Nobar gratis film Mencari Hilal yang infonya saya dapat dari grup FB Blogger BDG.
Reviewnya saya tulis di Refleksi Keberagaman dalam Film Mencari Hilal

Saya juga pernah dapat Rp. 150.000,- dari ikutan Toyota Family Challenge yang bekerjasama dengan Indonesian Food Blogger.

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah...

Saya tulis semua itu bukan bermaksud pamer. Hanya saja menurut saya, nikmat Allah (kalau bisa) harus dituliskan. Saya manusia yang bisa lupa. Semoga suatu saat nanti jika saya sedang tidak ingat, postingan ini bisa jadi reminder bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki, dan rezeki-Nya bisa dalam berbagai bentuk.
*daleeeemm*

Pernah dapat rezeki dari blogmu?
Cerita yuk di kolom komentar :)

11 komentar:

  1. waw..gk berniche aja rejekinya udh kece gt mak, cipratin aku doonnkk cipratiiinn

    BalasHapus
  2. Wah...selamat...selamat ya mbak sinta...saya nih blogger pemula, belum lama ini dapat job pertama saya dan dapet komisi 100ribu...haduhh senangnya bukan kepalang...setelah membaca postingan ini membuat saya lebih bersemangat untuk ngeblog...sukses ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iyaaa aku juga pernah dapat job review berhonor 100ribu. Lupa kutulis. Makasih udah ngingetin :D

      Hapus
  3. Wah, nubie mohon bimbingan senior :-) Blog ane mah apa atuh...

    BalasHapus
  4. alhamdulilah ya...
    aku seringnya sih review tempat tempat makan (dapet makan gratis) heuheuheu

    BalasHapus
  5. Wah, saya pengen juga mengikuti jejak. :D

    BalasHapus
  6. Di blog dulu gue pernh dapetnya buku bacaan aja. Habis gue suka baca buku jadi ikutannya giveaway yang hadiahnya buku. Hehe

    BalasHapus
  7. Wah prestasinya luar biasa tuh . Cuman punya 1 blog ini tah mbak ?

    BalasHapus
  8. iya ya mba, ini namanya dari hobi jadi profesi, alhamdulillah..

    BalasHapus
  9. Met malam mbak Sinta...

    Baru pertama berkunjung kemari, barusan saya lihat di twitter, kita saling follow ya mbak.
    Luar biasa prestasi ngeblognya nih. Selamat.
    Blog saya gado-gado. Apa saja yg menarik yg saya temui saya tulis.
    Oh iya mbak, kalo lihat bio twitter, mbak tinggal di Kota Baru Parahyangan ya? Jadi inget, thn 2014 saya nonton Locafore Jazz Festival, saya sudah tulis juga di blog. Tapi sayangnya thn 2015 tidak ada pergelaran Locafore Jazz.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus