Minggu, 21 Agustus 2016

Viral Minggu Ini: Kista yang Menyerang Penganut Hidup Sehat

Beberapa hari terakhir ada yang viral dalam timeline FB saya, yaitu sebuah status dari seseorang yang bercerita tentang sahabatnya, yang mana sahabatnya ini harus diangkat rahimnya karena terkena kista.




Penyebab tumbuhnya kista ini tidak diketahui. Sangat mengherankan mengingat sang sahabat adalah penganut gaya hidup sehat. Pola makan bagus. Tidak minum apapun yang mengandung gula. Buah segar harus dibeli di tempat tertentu, langsung dicuci dengan sabun buah begitu di rumah. Kalau masak pakai garam anti hipertensi. Beras kualitas terbaik. Makan ayam jenis ayam kampung organik. Tidur cukup, olahraga teratur dan lain sebagainya.

Heran gak siy? Pastilah. 
Saya pernah baca biasanya kalau tumbuh kista, tumor, atau bahkan kanker, yang paling pertama disalahkan adalah pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Lah tapi kasus yang ini sehat banget tapi kok kena juga?

Mendadak saya teringat beberapa ayat dalam surat Al-Waqiah yang artinya:

Pernahkah kamu perhatikan benih yang kamu tanam?
Kamukah yang menumbuhkannya atau Kami yang menumbuhkan?
Sekiranya kami kehendaki, niscaya Kami hancurkan sampai lumat; maka kamu akan heran tercengang,
(sambil berkata), "Sungguh, kami benar-benar menderita kerugian, bahkan kami tidak mendapat hasil apapun." 
(Q.S. Al Waqiah : 63-37)

Dalam pemikiran saya yang dangkal ini seolah Allah berbicara pada saya,
"Bagus sekali kalau kamu menjaga kesehatan dengan baik. Kesehatan memang harus dijaga. Tapi jangan lupa, bahwa yang memberi nikmat sehat adalah Aku, dan Aku berkuasa penuh memberi dan mengambil nikmat sehat itu kapanpun, dimanapun, dengan cara apapun. Jadi, jangan lupa berdoa agar selalu diberi nikmat sehat, dan bersyukurlah dengan kesehatan yang selama ini kamu rasakan."

Jleb.

Anyway di akhir status viral itu ada pesan (kalau saya tidak salah tangkap) untuk selalu bahagia, tidak terlalu memikirkan pendapat orang lain yang bikin stres. Hilangkan ketakutan dan kecemasan (termasuk takut sakit atau takut kena penyakit, maybe?) yang berlebihan. Semua pikiran negatif bisa mempengaruhi hormon dan 'hormon negatif' inilah yang bisa mengacaukan metabolisme tubuh dan menimbulkan penyakit. *ngangguk-ngangguk.


Semoga kita semua selalu Allah beri kesehatan dan kemampuan untuk bersyukur.

Aamiiiin ^^

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar