Sabtu, 10 Oktober 2015

Perjuangan Saat Mengikuti Lomba Blog



Alhamdulillah ya blog saya ini punya fitur arsip. Jadi saya tahu kalau usia blog ini udah 6 tahun. Huwaaaa.. lama gak sih? Buat saya itu kurun waktu yang cukup lama. Tahun 2009 itu saya masih berstatus mahasiswa dan jomblo *curcol*. Sementara sekarang sudah menikah, punya anak, dan jadi emak-emak. Time flies..

Saya senang selama 6 tahun ini tetap ngeblog meskipun pernah juga hiatus cukup lama. Dalam blog ini terdokumentasikan catatan-catatan saya dari mulai ngerjain skripsi, bikin film indie, cerita tentang pekerjaan pertama, kedua, ketiga, masa-masa nganggur dan semuanya. Kehidupan percintaan juga. Dari jaman-jaman alay, hobi ngegalau, di-PDKT-in, sampai nikah ada di sini. Benar-benar tempat yang cocok untuk menyimpan kenangan dan bernostalgia. 

Selama 5 tahun pertama saya menggunakan blog ini murni untuk mencurahkan segala pemikiran, perasaan, dan pengalaman hidup. Baru tahun inilah, tahun 2015 saya mulai menggunakan blog untuk menjemput rezeki, terutama dengan mengikuti berbagai giveaway dan lomba.

Proses pembuatan postingan blog pun mengalami perkembangan. Dulu sih cuma nulis apa adanya, comot gambar dari google, lalu publish. Kalau sekarang, dengan ilmu yang juga makin bertambah, mulai saya perbaiki tulisannya. Mulai mikir tujuan penulisan, gak hanya sekedar corat coret gak penting. Kalau ambil gambar dari internet mulai nyantumin sumber. Desain template blog dibuat seminimalis mungkin biar ga berat dan nyaman di mata. 

Saya makin perfeksionis kalau sudah mengikuti lomba. Bagaimana tidak, para blogger sekarang udah canggih terutama dari segi desain ilustrasi untuk postingan blog. Beruntunglah mereka yang jago fotografi dan photoshop. Kalau saya sih, gak jago foto. Tapi tahu sedikit dasar-dasar fotografi karena waktu kuliah pernah mempelajari itu. Photoshop tahu dikiiiiiit banget. Lebih tahu Corel Draw tapi itupun jarang digunakan.

Anyway, mungkin pembukaan di atas kurang nyambung dengan yang ingin saya bahas kali ini. Saya mau cerita tentang dua postingan yang saya ikutsertakan dalam lomba. Kebetulan dua postingan ini menang. Jadi ya.. buat saya sih ini spesial :)


Sstt.. Jangan bilang-bilang ya, ini rahasia di antara kita saja. Dalam lomba yang diadakan Traveloka itu, peserta diminta mencantumkan screenshot pemesanan tiket dan hotel melalui aplikasi Traveloka. Saya gak punya aplikasi itu. Dan saya baru ngeh saat draft tulisan saya udah jadi! Saya kira screenshot websitenya.

Masalahnya adalah, HP saya itu ‘canggih banget’. Gak bisa download aplikasi apapun lagi dengan keterangan ‘ruang penyimpanan tidak cukup’. Bukannya saya udah kebanyakan aplikasi. Cuma ada Facebook dan Line doang kok. Terusnya lagi, seandainya pun bisa download, saya ga tau gimana screenshootnya. Saya ga pernah nemu tombol screenshot. Ga tau deh ini emang saya yang terlalu gaptek atau emang HP yang terlalu jadul -_-

Solusinya gimana? Saya hubungi adik saya, si Abang, yang punya smartphone paling mahal di antara kami sekeluarga. Kalau paling mahal harusnya paling canggih dong ya? Saya kirim pesan ke dia, “Bang, download aplikasi Traveloka, booking tiket Citilink dari Jakarta ke Batam tanggal sekian jam sekian, kirim screenshotnya ke aku. Pesenin hotel juga terserah hotel apa. Kirim screenshotnya juga.”

Dan dengan screenshots kiriman Abang itulah, postingan blog saya menjadi lengkap dan memenuhi syarat. Alhamdulillah jadi salah satu pemenangnya ^^


Postingan kedua adalah 3 Mitos dan Fakta Hidrasi Saat Puasa

Dalam lomba yang diadakan Aqua itu, saya ingin sekali melampirkan foto Aqua dengan kurma. Kebetulan saat itu bulan puasa. Beberapa kali saya ke minimarket, saya lihat ada kurma dijual sekitar Rp. 25.000,- per bungkus. Saya sudah meniatkan akan membeli kurma itu meskipun buat saya harganya lumayan menguras kantong.

Begitu draft tulisan udah jadi, saya ke minimarket untuk beli kurma. Ealaaah, kurmanya udah pada habis! Dua minimarket yang saya datangi, dua-duanya habis. Ckckck kompak banget yak.

Saya bingung. Saya tetep keukeuh pengen foto kurma. Kalau ambil dari google, kok kayak kurang pas. Apalagi kan saya mau menyandingkannya dengan Aqua. Saya ga bisa ngedit foto. Musti asli sebotol Aqua dan semangkuk kurma sebelah-sebelahan. Hihihi..

Walhasil saya pun meminta seorang teman yang sering mengunjungi rumah saya. Saya titip sejumlah uang saat dia berencana ke supermarket. Alhamdulillah, dari dia saya mendapatkan sekantung kecil kurma seharga Rp. 7.000,- sajaaaa. Hahaha.. *puas*. Memang saya katakan padanya kurma itu cuma buat difoto jadi ga usah banyak-banyak dan jangan mahal-mahal :P

Gak nyangka postingan itu memenangkan lomba. 



Itulah cerita di balik layar postingan blog saya yang sangat berkesan dan membuat saya ingin terus ikut lomba. Meskipun kadang penuh perjuangan, tapi saya yakin setiap tulisan yang dibuat tak akan pernah sia-sia.

Bagaimana denganmu? Suka ikut lomba juga tidak? Ciptakan peluangmu dengan menulis postingan blog sebaik-baiknya. Kita tak pernah tahu Allah membuka pintu rezeki dari postingan yang mana. 

Tetap semangat yaaa... ^^


Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Cerita di Balik Blog


Tidak ada komentar:

Posting Komentar