Minggu, 22 Maret 2009

Kopiah Putih

Hari itu adalah Ulang tahun Ali yang ke-20 tahun. Ali tersenyum senang menerima kado dari Nida, adik bungsunya yang masih duduk di kelas 1 SD. Tapi Ali meringis saat melihat isi kado itu adalah.. sebuah kopiah putih.
Nida melihat perubahan raut wajah kakaknya itu. Senyum lebar Nida pun berubah sedih.
“Aa ga suka yah..?” tanya Nida polos.
Ali terkejut. Ia tak menyangka Nida akan bertanya seperti itu.
“Su..ka..!” jawab Ali berusaha meyakinkan Nida.
“Bohong..!”
“Bener! Kopiahnya bagus. Terimakasih ya…”
Nida memasang wajah cemberut.
Ali berlutut, agar matanya sejajar dengan mata Nida.
“Nida sayang.. Aa sukaaaa banget sama kopiah ini..”
“Apa buktinya?” tantang Nida.
“Haaah..? Bukti..? Buktinya…….” Ali bingung.
“Aa besok pake kopiah itu ya. Pake juga ke kampus. Pasti keren!” ucap Nida riang.
Ali bengong.
“Tuh kan.. Aa ga mau!” Nida kembali cemberut.
“Iya.. iya.. Aa pake kopiah ini besok. Oke?” jawab Ali sambil tersenyum.
Nida memeluk kakaknya bahagia.
Keesokan harinya…
Ali tiba di kampus pukul 12 siang. Hari itu ada rapat KKN. Beberapa orang temannya sudah berkumpul di salah satu sudut kampus. Ali menghampiri mereka.
Teman-temannya yang sedang asyik ngobrol, baru ngeh akan kehadiran Ali ketika Norman berseru,
“Gilee.. si Ali pake kopiah!”
Ali langsung jadi pusat perhatian.
“Oh my God.. Sumpah ya.. sumpah ya.. lo ganteng banget…” sahut Intan yang terkenal blak-blakan itu.
“Addeuuu…” yang lain menyoraki.
Ali salah tingkah.
“Eh, gw mau solat dulu ya..” sahut Ali seraya meninggalkan teman-temannya.
“Gw ikut!” sahut Gama. Ia melompat dari duduknya, mengikuti Ali ke mesjid.
Teman-teman Ali memandang Ali yang menuju masjid dengan tatapan takjub.
“Gua seneng tuh, orang kayak gitu. Dugem sih dugem. Tapi solat gak pernah ketinggalan coy!” sahut Norman. Yang lain mengiyakan.
“Tapi.. penting ya, dia pake kopiah?” tanya Kujo.
Norman angkat bahu.
Di mesjid..
Mushola belum begitu ramai. Memang tidak banyak orang yang on-time sholatnya. Ali & Gama berdiri di shaf kedua, mendengarkan orang yang tengah iqomat. Begitu selesai iqomat, orang tersebut menyingkir, menyediakan tempat untuk imam. Tapi tidak ada seorang pun yang maju. Para jamaah saling melempar pandang. Sampai akhirnya, satu persatu menoleh kea rah Ali.
Ali menyenggol Gama dengan sikunya.
“Lo jadi imam, deh..”
“Tapi orang-orang nunjuk elo!” bisik Gama.
Ali tidak punya alasan untuk menolak. Huh.. pasti gara-gara orang liat gw pake kopiah ini, deh… gerutu Ali dalam hati.
Ali pun maju, merapikan shaf, & memimpin shalat.
“Allaaahu Akbar..”
Ali & Gama kembali ke tempat anak-anak berkumpul. Tinggal menunggu dua orang lagi untuk memulai rapat.
Ada orang lain disitu. Teman Kujo. Kujo memperkenalkannya pada Ali & Gama.
“Nah, kalo yang ini namanya Ali & Gama, yang paling soleh diantara kita-kita,” sahut Kujo pada Ian.
“Apa sih lo,” komentar Ali.
Ian mengangguk-angguk. Ia lalu bertanya.
“Eh, Al, gw mau nanya deh. Sebenernya, kenapa sih, Allah nyuruh kita solat?”
Ali kaget. Ia terdiam. Berpikir keras.
Teman-teman menoleh kea rah Ali. Menunggu jawaban apa yang akan ia kemukakan. Kenapa ya…? Sepengetahuannya, ketika Nabi Muhammad menerima perintah solat. Emang ga pake alasan. Duh, kenapa ya…? Ali bingung.
“Aaaahhh.. gimana sih lo, Al. Masak gitu aja ga bisa jawab. Malu sama kopiah!” sindir Kujo. Ali tak berkata-kata. Ia merasa sangat malu. Mungkin wajahnya udah kayak udang rebus.
“Lo percaya ga sih kalo Allah itu tuhan kita?” tiba-tiba Gama bertanya pada Ian.
“Percaya,” jawab Ian. Yang gw tanyain, kenapa Allah nyuruh kita solat. Kenapa solat..?”
“Gini. Kalo lo percaya Allah itu tuhan lo, lo ga berhak nanya kayak gitu.”
Ian heran.
Teman-teman lain diam memperhatikan.
“Sebagai zat yang nyiptain kita, Dia bebas nyuruh kita ngapain aja. Yang harus kita lakuin cuma nurut. Tapi apapun itu yang ia perintahkan, prinsipnya satu: itu demi kebaikan kita…”
Suasana hening.
Ali merenung.
“Eh, tuh Aldo & Ve udah dateng. Kita rapat yok!” ucap Kujo memecah kesunyian.
Mereka pun bergerak, mencari tempat yang cukup lapang untuk duduk melingkar.
“Jadi… Koordinator acaranya Intan, MCnya Kujo, LO pembicara Ve, Pembaca doanya.. belum ada. Siapa nih?” sahut Nana, ketua pelaksana program Buka Bareng.
“Gama aja…” Ali mengusulkan.
“Gama kan koor dokumentasi…” komentar Nana.
….
“Ali aja ya..?” sahut Nana, setelah menerima isyarat dari Intan & Kujo.
“Kenapa gw sih..? Gw ga bisa! Ga ah. Ga mau…!”” tolak Ali mentah-mentah.
“Siapa lagi, Al. Gak ada orang lagi. Udahlah, gw yakin lo pasti bisa…” Intan mendukung.
Ali cemberut.
Begitu rapat selesai, Ali menghampiri Nana.
“Lo yakin, gw jadi pembaca doa..? Gw ga bisa, Na. Serius gw…” sahut Ali dengan tampang memelas.
Nana menghela napas. Ia bersikap sabar.
“Al, lo muslim kan..? Masak lo ga bisa baca doa sih? Abis solat lo ngapain?”
“Ya… bisa, tapi…”
“Ya udah, gw tau lo bisa..”
“Doa apa…?”
Melihat reaksi Nana yang: sumpeh-lo-ga-tau-doa-apa? Membuat Ali sadar kalo ia salah pertanyaan.
“Ntar gw kasih lo teks doanya…” jawab Nana.
Ali tidak punya alasan lagi untuk menolak.
Malamnya.. di kamar Ali.
Ali menimang-nimang kopiah itu. Ia teringat kata-kata Kujo, “Malu tuh sama kopiah!”
Bukan malu sama kopiah Jo, ucap Ali dalam hati. Gw malu sama diri gw sendiri. Gw malu sama Allah. Ternyata gw belum jadi muslim sejati. Gw masih harus banyak belajar…
Ali lalu mengambil sebuah buku doa, dari Nana. Ia membuka halamannya & mulai menghafal.

Ali membacakan doa dengan lanc
ar di acara Bubar. Nana & teman-teman tersenyum bangga..

1 komentar: