Senin, 04 Januari 2016

Canva, Solusi buat yang Gak Jago Desain

Pertama kali saya tahu Canva (www.canva.com) itu dari guru saya, @FikryFatullah. Saat itu beliau sedang mengajarkan cara bikin banner iklan untuk di Facebook. Kenapa Canva? Karena aplikasi desain berbasis web ini penggunaannya gampang dan banyak template-nya. Buat yang gak bisa Photoshop seperti saya, Canva ini solutif banget!



Saya sih belum pernah bikin banner iklan soalnya belum tahu mau ngiklanin apa, tapi pas saya ulik-ulik, ternyata Canva ini ngebantu banget aktivitas blogging saya.

Jadi seperti yang sudah saya bilang di atas, Canva itu banyak template yang ukuran gambarnya sudah sesuai dengan penggunaannya. Mau bikin gambar untuk diposting di Twitter? Facebook? Instagram? masing-masing sosial media itu punya ukuran tersendiri sebagai standarnya. Nah, di Canva kita ga usah bingung lagi nentuin ukuran gambar. Tinggal pilih aja.

Mau bikin presentasi? resume? poster? flyer? semua bisa di Canva!




Yang sudah saya coba adalah template untuk blog title, ini beberapa gambar untuk blog title yang saya buat. Silakan klik gambar kalau mau menuju postingannya ya :)

http://www.sintamilia.com/2015/10/perbedaan-kita-beda-level.html
http://www.sintamilia.com/2015/10/suamiku-semoga-aku-cukup-untukmu.html 

http://www.sintamilia.com/2015/11/content-marketing-bukan-blogging-biasa.html

Gambar background itu dari Canva. Canva punya buanyaaaaak sekali pilihan gambar. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Kalau mau pake gambar berbayar, cukup $1 saja. Saya mah pakai yang gratisan aja, toh bagus-bagus juga. Heuheu..

Kalau punya gambar sendiri, kita juga bisa upload. Gratiiiis! *okeh, saya mengulang kata gratis*

Setelah mengulik blog title, saya penasaran pengen coba bikin blog header. Sayangnya, ga ada template "blog header" atau "header for blogspot" misalnya. Saya juga ga tau ukuran blog header itu idealnya berapa. Jadi saya iseng aja coba "Tumblr Banner" yang ukurannya 3000 x 1055 px. Hasilnya?

Kebesaraaaaaan! Hahahaha..

Walhasil saya coba pakai blog title lagi (560 x 315px), dan ternyata cukup pas jadi blog header :)

Tips untuk blog header: simpan dalam format PNG ya!

Next, saya coba bikin Read More Button. Soalnya saya udah searching read more button yang alay unyu tapi ga nemu. Jadilah saya pengen bikin sendiri.

Masalah muncul seperti pas mau bikin blog header. Di Canva ga ada template-nya dan saya ga tau ukuran read more button yang ideal. Saya coba mengira-ngira, mungkin 140 x 35 px. Nah, kalau mau bikin desain dengan ukuran sesuka hati seperti ini, kita tinggal klik aja "Use Custom Dimensions" di pojok kanan atas. Nanti muncul kolom untuk memasukkan ukuran panjang dan lebar yang kita mau.

Saat saya coba ketik 140 x 35, muncul petunjuk "Please enter number between 40 and 5000".
Owwh.. baiklah. Saya pun mengetikkan 160 x 40.



Buat Read More Button ini ga pake gambar untuk latar belakang. Hanya pake gambar hati yang saya ambil di bagian Elements > Illustrations. Trus eksplor font. Hasilnya:







Terakhir, saya bikin Favicon. Ukurannya 40 x 40 px. Background polos putih, cuma pakai gambar hatinya aja. Alay? Biarin :p


Enaknya Canva itu, cuma drag and drop lalu edit, kita bisa bikin gambar yang oke.
Kekurangannya, kalau di Photoshop kan kita bisa menggambar ya. Nah kalau di Canva ga bisa. Itu aja sih.


Ada yang suka pakai Canva juga? ;)





3 komentar:

  1. Dari tulisannya Sinta ini, sepertinya Canva menarik. Sayang setelah saya coba, Canva baru bisa bekerja kalau mengerjakan dengan laptop/PC, dan belum bisa dikerjakan dengan smartphone. Nanti deh saya coba lagi kalau saya nyalakan laptop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya Mbak? Saya belum pernah sih, buka Canva dari smartphone. Selalu pakai laptop/PC :)

      Hapus
  2. setuju banget mba..
    rasanya kalo pake canva kita jadi kayak designer pro haha

    BalasHapus