Selasa, 26 April 2016

Blogwalk to Mugniar.Com

Akhir April 2016 ini, peserta arisan Blogger Perempuan kelompok 4 ramai-ramai bertandang ke blog seorang blogger Makassar bernama Mugniar Marakarma. Mungkin saya panggil Bunda Mugniar saja ya, karena beliau jauh lebih senior. Heuheu..

Blog milik seorang ibu dengan 3 anak ini ber-title Mugniar's Note, dengan sub judul Mencatat Renungan, Pembelajaran, dan Pengalaman di Antara Hidup dan Mati. Wuiiii.. dahsyat ya apalagi kata terakhir. Serem saya mah *abaikan. Meski begitu, tampilan blognya tentu jauh dari kesan seram. Begitu feminin, dengan nuansa putih dan baby tosca yang lembut.

Ada menu di bagian atas dan bagian bawah header blog. Menu bagian atas tampak seperti kategorisasi berdasarkan topik. Sementara menu bagian bawah seperti portofolio dimana kita bisa menemukan berbagai hasil karya Bunda Mugniar seperti buku antologi, buku solo, hingga beberapa blog lain yang beliau kelola. Wow, saya takjub dengan produktivitas beliau dalam menulis.



Saya ingat, ini bukan pertama kali saya berkunjung ke rumah maya Srikandi Favorit Kumpulan Emak Blogger (KEB) tahun 2014 ini. Dulu saya pernah membaca tulisan tentang sebuah seminar yang beliau hadiri. Beliau memang suka menuliskan kembali pengetahuan yang didapat dari event seminar dan semacamnya. Hal itu membuat saya teringat sebuah nasehat, "Ikatlah ilmu dengan menulis." Selain tulisan tersebut akan berguna bagi diri sendiri agar tidak lupa, juga bisa bermanfaat bagi orang lain untuk menambah pengetahuan, terutama untuk mereka yang belum berkesempatan menghadiri seminar.

Meskipun terkadang judul tulisannya terkesan serius, tapi isi postingannya bagi saya sangat enak dibaca, mengalir, mudah dimengerti, dan gak bikin alis berkerut dengan istilah-istilah asing. Postingan dari seminar Menjawab Tantangan dan Mengembangkan Produktivitas Para Pelaku UKM & Digital, misalnya. Beliau menuliskan pengalaman dan materi seminar dalam 5 postingan terpisah, dan saya baca kelima-limanya tanpa merasa bosan atau mengantuk. Hebat!

Meski awalnya mengenal beliau dengan tulisan-tulisan berbobot, saya baru menemukan ternyata ada juga tulisan-tulisan ringan yang membuat saya ketawa ketiwi, yaitu pada postingan dengan kategori Begitulah Anak-Anak. Misalnya dalam tulisan berjudul Ngeyel. Beliau bercerita tentang putrinya (Athifah) yang keukeuh alias ngeyel kalau Athifah HAMPIR lupa umur, bukannya sudah lupa umur. Juga bahwa hidungnya TERSUMBAT bukan BERINGUS. Duh *ngakak.

Di postingan lain, beliau bercerita tentang Afyad yang memasukkan daun-daun tanaman pagar hasil petikannya ke dalam air mendidih. Mungkin Afyad sedang ingin main masak-masakan. Padahal sang ibu merebus air untuk suatu keperluan, bukan buat masak sayur. Hihihi.. Saya jadi berkhayal, mungkin Kakang kalau sudah besar akan seperti itu ya. Tingkah polah anak-anak memang seringkali lucu dan menggemaskan.

Ah, betah sekali saya berlama-lama membaca tulisan Bunda Mugniar. Apalagi saya sering menemukan di bagian akhir tulisan, beliau memberikan link ke tulisan-tulisan lain yang relevan. Membuat saya jadi buka banyak tab deh.

Membaca tulisan-tulisannya, saya merasa sedikit malu. Sebagai ibu rumah tangga (IRT) dengan 3 orang anak, beliau sangat produktif menghasilkan banyak karya. Saya jadi berkaca, anak baru satu tapi banyak alasan untuk tidak menulis. 

Bunda Mugniar juga secara tidak langsung mengingatkan saya untuk terus berbagi melalui blog. Karena dengan ngeblog, seorang IRT pun bisa bermanfaat, berprestasi, dan menginspirasi banyak orang.

Terimakasih Bunda, semoga Bunda selalu diberi kesehatan dan kesempatan untuk terus berbagi :)

9 komentar:

  1. tulisannya sersan, serius santai. Bener, mak mugniar ngiklannya banyak di satu artikel :D tapi enak juga sih, jadi seacrh sana-sini

    BalasHapus
  2. Mba Niar tuh hebat ya bisa nulis kepolosan tingkah anak2 menjadi sesuatu yg istimewa

    BalasHapus
  3. Mba Niar itu ibu rumahtangga dan juga blogger keren.. Byk karya tulisan beliau yg sdh dibukukan

    BalasHapus
  4. Saya jg anak baru 2 (gatau nambah ngga ><) ayo smangattt

    BalasHapus
  5. Aamiin, semoga sama2 bisa terus menulis ya Mbak Sinta.

    Terima kasih atas apresiasinya, ya :)

    BalasHapus
  6. Iyaaa..
    Tulisannya mmg terkesan serius bgt, tp enak dibaca :)

    BalasHapus
  7. Tulisan tentang anak-anak memang selalu menarik... :)

    BalasHapus
  8. Semangat menulis dari apa yang kita temui di keseharian yaa...

    BalasHapus
  9. Banyakin blogwalkin biar makin terkenal kaya om cumi hoho :D

    BalasHapus