Senin, 02 Mei 2016

Meraih 100 Juta Pertama dari Toko Online

Minggu, 1 Mei 2016

Pagi itu sekitar pukul 9.30 WIB, kami tiba di Telkom Corporate University, Gegerkalong Bandung. Acara belum dimulai. Di depan gedung Saraswati, tampak beberapa orang panitia dan peserta yang sedang registrasi.

Saya membayangkan masuk ke dalam membawa Kakang (18 Bulan). Toh ia sedang tidur. Kalaupun bangun, saya yakin dia ga akan nangis meraung-raung. Sayangnya dalam email konfimasi pendaftaran yang saya terima, ada pesan untuk tidak membawa balita. Untunglah Pak Yoga bersedia dan menyanggupi menjaga Kakang selama saya mengikuti seminar dan workshop Meraih 100 Juta Pertama dari Toko Online yang diadakan siswa Young Entrepreneur Acedemy (YEA) ini.

Sebenarnya saya kurang yakin dia bisa. Tapi dia bilang sudah menghubungi teman-temannya untuk membantunya menjaga Kakang. Hahahahaha.. baiklah.

Pukul 9 tepat, meskipun bala bantuan teman-teman Pak Yoga belum hadir, tapi ia mempersilakan saya masuk. Saya pun menyerahkan Kakang padanya, berharap mereka berdua baik-baik saja tanpa saya *lebay*.

---

Ruangan berkapasitas 300 orang sudah tampak ramai. Sambil menunggu, seperti kebanyakan orang saya main hape. Ada beberapa chat dari grup Line reseller Sheika Hijab. Ternyata Mbak Gita (Owner Sheika) memasukkan produk terbaru di album grup: Khimar Syaza.

Khimar Syaza | IDR 149 ribu | Contact BBM 5C869AFB/ WA 088210862289

Ada beberapa member yang bertanya, namun Mbak Gita bilang akan menjawab nanti karena ia sedang seminar.

Ow, ternyata beliau ada 3 baris persis di depan saya. Gampang nemuin karena Khimar Syaza yang beliau pake gak ada yang nyamain. Heuheu..

Saya pikir hanya suami Mbak Gita saja (Mas Reza Galih) yang akan hadir karena hanya nama Mas Reza yang tercantum sebagai salah satu pembicara dalam seminar ini. Ternyata Mbak Gita ikut menemani. Cieeh..

Acara dimulai.
Konsepnya berupa talkhow dimana para pembicara yang sudah sukses mendapatkan 100 juta pertama dari toko online berplatform Yukbisnis.com akan sharing testimoninya. Dengan moderator Mbak Ayu dari Yukbisnis, Mas Reza dari Sheika mendapat kesempatan pertama berbagi pengalamannya.

Mas Reza mengisahkan pengalaman pertamanya dalam berbisnis adalah beternak itik. Periode pertama  memasukkan 400 itik, lalu karena ada flu burung, hanya panen 15 itik. Periode kedua mencoba lagi memasukkan 200 ekor, hanya panen 30 ekor. Bisnis itik pun ditutup.

Berikutnya beliau (dan istri) mencoba bisnis kuliner berjualan cilok dan seblak. Usaha lancar selama 4 bulan pertama. Bulan kelima tutup karena ada kompetitor yang lebih unggul dari segi lokasi dan rasa. Alhamdulilah, katanya :D

Itu semua tidak membuat ia kapok mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha. Ia lalu mengikuti Entrepreneur Camp (Ecamp), belajar bisnis langsung dari Pak Jaya Setiabudi. Ketika Pak Jaya bilang ilmu bisnis yang pertama harus dipelajari adalah pemasaran (marketing), dan betapa Internet adalah hal yang mau ga mau harus pebisnis kuasai, ia pun kepikiran untuk bisnis online.

Mas Reza kemudian bergabung dengan program reseller Yubi Juragan dimana ia mendapat ebook Yubi Affiliate dengan Facebook Marketing dan 8 Kunci Sukses Bisnis Reseller. Ia lahap semua materi dan setelah diskusi dengan seorang sahabat Ecampnya, ia belajar Facebook Ads.

Awalnya Sheika menjual produk Yubi berupa tas dan hijab. Media promosi melalui FB Ads. Ternyata promosi melalui FB Ads cukup efektif dan mendatangkan beberapa orderan.
Ia juga sempat jadi reseller mukena anak yang diproduksi Kang Asep Saepulloh (pembicara kedua dalam seminar ini).

Mukena anak laris, namun orderan menurun saat momen lebaran telah lewat.

Dengan database/nomor kontak konsumen yang telah mereka dapatkan, mereka mencari produk lain yang bisa dijual. Tercetuslah untuk menjual hijab. Mereka beli kerudung segiempat motif, kulakan di toko grosir lalu menjual retail. Lagi-lagi dengan promosi melalui Fb Ads.


Hmm panjang juga ya ceritanya, capek nih saya nulisnya *plak!

Singkat cerita, setelah berhasil menjual hijab produksi orang lain dengan FB Ads, Sheika mulai produksi sendiri. Sheika sekarang memproduksi khimar segiempat bolak-balik, khimar instan dengan pet antem, pashmina instan, aneka dress motif juga dress polos.

Omset 100 juta mah kayaknya udah lewat. WAAOOW..

---

Kalau menurut saya sih, salah satu kunci sukses beliau membesarkan Sheika adalah karena punya mentor (Jaya Setiabudi) dan patuh dengan petuah-petuah sang guru tanpa tapi tanpa nanti. Termasuk saat Pak Jaya mengajarkan bahwa bisnis itu harus punya toko online. Memang mendapatkan pembeli lewat sosmed bisa, namun sosmed fungsinya seperti pameran, untuk menarik traffic. Sementara rumahnya adalah website/toko online.

Punya website atau toko online akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada kita. Bisnis akan terlihat lebih profesional daripada mereka yang hanya pajang produk di sosmed atau marketplace.

Di Yukbisnis.com, kita bisa membuat toko online sendiri dengan mudah dan cepat.
Kalau mau nyoba versi gratisnya, boleh. Kalau mau Yubi Pro dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, cuma bayar aktivasi 100rb dan biaya per bulan 50rb. Bisa juga pakai nama domain sendiri.
Yang kepo boleh intip langsung Yukbisnis.com

---

Setelah Sheika punya toko online, Mas Reza selalu menyertakan alamat toko online dalam setiap iklan di FB Ads. Katanya itu sangat baik karena bisa meningkatkan posisi toko online kita.

Pengalaman Mas Reza di Sheika, meski kebanyakan lead (orang yang minat beli) datang dari FB Ads, tapi konversi paling tinggi berasal dari web. Maksudnya begini: Orang yang add/invite BBM/WA Sheika karena melihat iklan di FB, dari 10 orang yang tanya-tanya, hanya sekitar 3 orang yang akhirnya benar-benar beli. Sementara mereka yang menghubungi Sheika setelah melihat-lihat produk di website, dari 10 orang yang menghubungi, 9 diantaranya benar-benar beli. Wah, jauh ya. Konversi dari Fb Ads 30%, dari toko online 90%.


Mereka yang mencari produk di website adalah mereka yang benar-benar sedang butuh produk tsb.
Karena itulah memiliki toko online sangat penting.

---

Ini kapan postingannya akan berakhir? Hahaha..

Sekian dulu deh ya.
Baru satu pembicara yang materinya saya tulis, padahal total ada empat pembicara.
Semoga sempat ya sharing materi mereka semuanya. Aamiin


---

Kakang rewel gak ya?
Saya ga tahu karena hape lowbat gak bisa nge-charge.


... (semoga) bersambung



2 komentar:

  1. Boleh lah di coba


    Salam
    http://semesta-berbicara.com/wahyu-budi-argo-semesta-berbicara/

    BalasHapus
  2. Waah ternyata punya web itu penting ya teh? Jadi pengen ngerapihin blog jualan lagi nih.. Hehe

    BalasHapus