Selasa, 09 Agustus 2011

Tired But Happy

Jadi pengangguran pas bulan puasa itu ternyata enak. Sumpah! Hehehe. Bisa bangun siang. Bisa tidur kapan aja kalau ngantuk. Enak tho? Tapi saya tidak menyarankan kalian jadi pengangguran. Kerja keras adalah kebutuhan.

Sahabat saya yang sudah menikah pernah bercerita bahwa mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu capek. Lebih capek daripada pekerjaan dia dulu di bank. Padahal kerja di bank itu lumayan terforsir juga tuh tenaga dia. Teman kami bahkan ada yang keguguran karena kecapekan mengerjakan urusan rumah! *Innalillahi.. :'(

Sebagai orang yang bercita-cita menjadi istri dan ibu yang baik *eaaaaa, saya pun 'latihan' hari ini. Gak sengaja sih.

Diawali dengan perintah Mama untuk membangunkan adik-adik jam 06.45 WIB. What? Biasanya jam segitu kan saya masih tidur ya (bulan puasa neh!). Tapi kemarin adik-adik saya gak ke sekolah gara-gara kesiangan (Mama juga kesiangan). Jadilah saya yang paling bisa bangun dengan bunyi alarm, yang diberi amanat membangunkan mereka. Baiklah.

Bangun jam 4, sahur, internetan sampai jam 6, tidur-tiduran di kasur, niatnya pengen tidur beneran. Tapi belum sempet masuk ke alam mimpi, alarmnya udah bunyi! Gile.

Bangunin adik-adik, nyetrika baju seragam, jam 8 baru bisa tidur.

Nah, pas bangun siangnya, mulai deeeh...
Karena mesin cucinya rusak, saya disuruh nyuci pakai tangan -___-"
Biasanya cuci baju adalah "mainan" Mama dengan mesin cucinya. Kalau di kosan, seringnya laundry. Kebayang betapa shock nya saya, mencuci tumpukan baju 5 orang dengan cara manual. Sampai tiga "kloter" booook! Zzzzz... Cape gile. Untung lagi gak puasa *eh

Dilanjutkan dengan mencuci piring bekas makan sahur.

Terus..
ng..
ngapain lagi ya?

Jemur baju.. *pastilah!

Terus apa lagi ya..
Kok itu doang? Tapi udah cape banget rasanya.

Gimana kalau ditambah bersih-bersih rumah, nyapu+ngepel, nyetrika cucian segunung, dan masak? Ngebayanginnya aja mau pingsan.


Tapi saya senang. Setidaknya tenaga saya terpakai untuk sesuatu yang berguna. Setidaknya saya membantu mengurangi beban kerja Mama. Selama tadi saya kerja sih, si Mama tidur mulu (tapi ga tau jangan-jangan pas saya tidur si Mama kerja. Hahaha)

Inilah yang pernah saya inginkan ketika dulu saya masih berstatus "kerja". Saya ingin di rumah, berbakti pada orangtua, membantu Mama.

Seumur hidup saya belum pernah punya waktu sebanyak ini untuk membantu beliau (meskipun tetep lebih sering internetan sih *dikeplak). Pernah di suatu masa, mungkin ketika saya dan adik-adik masih kecil, gak ada pembantu, Mama tampak begitu stres. Sering marah-marah dan merasa dianggap pembantu. Dipikir-pikir, emang semuanya kerjaan untuk pembantu sih. Ngurus rumah yang selalu berantakan, ngurus anak banyak yang semuanya minta perhatian...
Sedih..

Sekarang sih Mama udah jauh lebih santai. Anak-anaknya udah pada gede. Udah bisa disuruh ini itu. Tubuhnya makin gemuk (kata orang berarti makin makmur dan happy. Amin). Rumah gak seberantakan dulu. Dia punya banyak waktu untuk istirahat, tidur, nonton TV, bahkan ibadah.
Saya senang melihat Mama saya sekarang.

Dan saya masih ingin berbakti padanya.
Masih ingin membantunya mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
Tidak apa-apa saya capek, yang penting saya senang.
Apalagi mengingat capek saya sekarang tidak seberapa dibanding capek Mama dulu,
atau capek saya nanti kalau sudah berkeluarga.


I'm tired and very happy.. :)








2 komentar:

  1. wah senang ya bantu mama dirumah. aku juga gitu. walaupun tak seberat tugasmu. bulan puasa ini tugasku cucxi piring (cuci piring saat buka puasa maupun saat sahur). sementara tugas adek hanya buang sampah dan nyapu. ^^ -setidaknya meringankan beban orangtua terutama ibu- :)

    BalasHapus
  2. hihi, semangat ya! meski cape kalau di rumah pasti senang dan puas kan bisa bantu mama :)
    kalau aku malah hobi banget beres2, sampai kecanduan malah. apalagi kalau setrika baju. duh, senengnya liat orang rumah pakai bajunya rapi2 :))

    BalasHapus