Minggu, 22 November 2009

Jilbab Pertamaku



Ini kisah 8 tahun yang lalu.

Hari itu, Sabtu, dua hari sebelum hari pertamaku di kelas 2 SMP.
Aku adalah murid pindahan dari SMP Negeri 4 Bandung ke SMP Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh Utara.
Aku tengah bermain bersama tetanggaku, Ami, ketika dia tiba-tiba bertanya,
"Seragam Teh Sinta kek mana?"
Dengan sedikit heran aku menjawab,
"Biasa.. putih biru, lengan pendek, rok selutut?"
Ami, yang baru masuk kelas 1 SMP itu berkata lagi,
"Kalau kami Teh, kemeja harus lengan panjang, rok juga semata kaki. Pakai jilbab. Semua murid perempuan harus seperti itu seragamnya.."

Aku sangat kaget. Aku langsung memberi tahu Mama. Mama mengkonfirmasi hal itu ke Mama Ami. Dan memang benar, sebagai propinsi yang mulai menerapkan syariat Islam, setiap siswa perempuan mulai tingkat SMP wajib mengenakan jilbab ke sekolah.

Wow.. keesokan harinya, aku dan Mama pontang-panting mencari seragam di pasar.
Kayaknya emang agak panik. Gimana enggak, masak nyari baju seragam H-1? Hehe..

Dan hari seninnya.. aku takjub melihat seisi sekolah para siswinya pakai jilbab semua. Sementara siswa laki-laki memakai celana biru panjang.
Untung Ami ngasih tahu, kalau enggak, aku pasti salah kostum dan jadi yang paling seksi disana. Huahaha..

Alhamdulillah, sampai sekarang jilbab itu bisa aku pertahankan sampai sekarang.
Jilbab yang menjadi kenang-kenangan, bahwa aku pernah tinggal di Aceh, wilayah yang pernah berkonflik, tapi sungguh-sungguh religius.
Apa kabar Aceh sekarang, ya?

Oya, ngomong-ngomong tentang jilbab pertama, sejak nonton Emak Ingin Naik Haji yang ceritanya karya Asma Nadia itu, aku semakin 'ngiler' pengen banget ikutan syuting film Jilbab Pertamaku. Cerita film itu kayaknya dari Mbak Asma Nadia juga, deh.

Pengeeeeennnn....
Huhu..
Pengen. Pengen. Pengen..

Note:
Gambar adalah hasil karya Sintamilia.
Boleh copas asal mencantumkan sumber.
Terimakasih..

2 komentar:

  1. wah maksudnya kerudungnya diseimpen ya..
    bersyukur udah bisa berhijab waktu smp, kan banyak temen-teman yang lain belum siap untuk berhijab.
    seandainya bandung kaya aceh, gmna rasanya ya???

    BalasHapus
  2. asma nadia emang keren pol ya. da'wahnya itu lho... salut banget deh...

    BalasHapus