Selasa, 25 Januari 2011

Surat Balasan Dari Pevi

Palu, 24 Januari 2011

Assalamu’alaikum..

Dear Sinta,

Alhamdulillah, say..seperti harapanmu aku sehat-sehat disini. Walaupun dalam beberapa hari kemarin suamiku dilanda demam, batuk & flu, alhamdulillah skarang uda mendingan. Dan semoga flu sinta cepet hilang ya..

Palu indah sekali, sin. Aku suka banget sama kota ini dengan segenap kesederhanaannya. Kamu ga akan nemu macet, jalanan bolong, sampah bertebaran atau banjir di kota ini. Karena jalanan disini lebar, mulus, rapih, dan bersih (halah!)

cuma pengguna jalan disini sangat memanfaatkan jalanan yg kosong dgn menggunakan kecepatan tinggi. Kamu perlu aga ati2 buat nyebrang disini :D

ANGKOT

Banyak hal unik yang aku temuin di kota Palu, salah satunya tentang angkot. Yang kita kenal sebagai angkot di Bandung, disini disebut TAKSI, hehehe gaul ya? dan taksi yang sesungguhnya disebut ARGO. Mungkin disebut TAKSI karena mereka bisa mengantarmu kemana saja dengan tarif Rp.3.000 kemana saja, itupun kalo si supirnya mau.

Kalo di Bandung angkot yang ngemis2 minta kita naik, kalo disini mereka amat sangat jual mahal, dan kita yg ngarep2 mereka mau antar kita, jumlahnya pun sedikit sekali. contoh kasus: setelah menuunggu 10menit'an angkot lewat, aku berentiin, aku bilang "Abdurrahman Saleh?" kalo mereka ga mau, mereka langsung pergi tanpa permisi. hmmm, sadis bukan?? :( dan itu berarti kita harus menunggu sekita 10menit lagi untuk menanyakan hal yang sama

Selain itu, jangan kaget kalo kita liat interior angkot yg penuh dg speaker, karena di malam hari si supir akan menyalakan musik "ajep-ajep", sehingga kita akan berpikir "Ada diskotik jalan2" yang kalo kita jadi penumpang jantungmu ga akan berhenti berdegup mengikuti ritme musik "ajep-ajep" itu.

MAKANAN

Bagian ini nih yang bikin aku kangen banget sama Bandung. Lauk Pauk disini dijual dengan harga paket, pokonya mah untuk sayuran/tumisan semangkok Rp.5.000, kita ga bisa beli lebih sedikit dari itu. Dan kalo kita mau makan nasi rames/warteg, dijual juga paketan Rp.10.000. Kalo masalah rasa, semua akan kurang garam. Jadi jauh sekali dengan cita rasa orang Bandung yg tiap makanannya cenderung asin.

Untuk makanan camilan (gorengan, camilan) disini jaraaaaaaaaaaaaang sekali gorengan asin (ah, membuatku tersiksa). Disini kue basah Pastel aja isinya ubi manis, roti goreng isinya manis, bahkan lemper dan risoles pun isinya manis (tidaaaaaakk). Untuk telur dijual harga satuan. Untuk sayuran, mereka uda buat seikat2/se'plastik2, contoh: wortel seikat (isi 3 batang) harganya seribu, jagung seikat (isi 2 batang) seharga 2ribu, kentang see'plastik harganya 2ribu, cabe rawit se'plastik kecil 3ribu. Jadi hampir ga pernah nemu timbangan di tukang sayur.

Itu pun berlaku untuk ikan mentah, mereka uda kelompokin ikan dalam piring, harganya macem2. Nah, untuk ayam, kita ga bisa beli potongan tapi harus seekor ayam, gila ya..Makanan khas daerah sini namanya KALEDO, kaki sapi gitu disertai tulangnya dengan kuah bening, yg membuat khas'nya isi sumsum tulangnya. Harganya lumayan mahal sekitar Rp.50ribu satu porsi.

HIBURAN

Hihihihih, blom apa2 aku uda pengen ketawa. Seperti di awal aku cerita kalo Palu penuh dengan kesederhanaan. Kalo Mall di Bandung, dalemnya komplit-lah yaa..dept.store, makanan, games, aksesoris, cinema21, cafe, dengan merk2 internasional'nya. Nah kalo Mall disini hanya ada satu, namanya Mall Tatura, dept.store nya RAM*YANA, swalayannya RAM*YANA, toko bukunya KHAR*SMA, fastfoodnya KF*, store yg terkenal hanya POI*TBREAK, sekeren2nya ya itulah..heuheuheueheu.. Di kota Palu kita ga akan temukan franchise2 supermarket/minimarket selain RAM*YANA, tapi yang menyerupai ada namanya, BNS & GrandHero.

Hiburan lain selain Mall ada Taman Ria, apa yg kamu bayangin kalo aku sebut Taman Ria? Dufan? Kaya TMII? oh, salah..Taman Ria itu sebutan untuk kafe2 yang berjejer di pinggir pantai ^^ Pantai di kota Palu ga ada pesisirnya..jadi kita ga bisa main2 di pantainya..hanya bisa memandangi dari pinggiran pantai. Nah, di siang hari kita akan melihat kafe2 sederhana (mirip di gelapnyawang) kosong, kursi2 plastik pun disimpan di atas meja..tapi di malam hari...mmmmm, motor2 & mobil2 penuhhh parkir disana, orang2 banyak memenuhi kafe, hilir mudik dipinggir jalan, ato sekedar duduk2 di batas antara jalan dan pantai, situasi yang berubah banget..dimana malam makin larut makin ramai..bahkan kalo malam Taman Ria jadi tempat paling ramai di kota Palu.

Ada tempat favoritku di kota Palu, namanya Bukit Teletubbies ato ada sebagian yg bilang Bukit Cinta..hehehe..memang begitulah..Kamu pernah liat bukit yang ada di acara Teletubbies, yaa begitulah..pas diajak suami ke arena maen Trail-nya aku awalnya berpikir kalo ini tempat maen golf tapi ternyata bukan..dari atas bukit kita bisa liat indahnya kota Palu..mmm, keren banget deh..

AKTIFITASKU

nah, kalo tanya tentang aktifitasku sehari2..bak liburan panjang terus deh..hahahaha..

rutinitasku pagi2, bangun, mandi terus sholat subuh, nyiapin sarapan buat suami terus sarapan bareng, suami pergi aku nonton TV pe jam 9an sambil hunting tukang sayur..karena tukang sayur disni mah pake motor dan gileee kenceng banget bawa motornya..jadi harus "ditangkep", kaya lalat..kedengeran suaranya, pas diliat uda ga ada dan kalo lengah..yuu marriiii, ga bakalan kekejar deh..:P

abis "nangkep" tukang sayur, terus olahraga (yoga/aerobik) dengan panduan Betty Tilarso (gaya bener yaa..dari VCD, hahaa) abis gitu mulai beres2 rumah, nyapu, cuci piring, cuci baju, dll jam 11an aku baru mulai masak..jam stengah satu masakan jadi, suami pulang, aku mandi terus makan siang bareng abis gitu sholat dzuhur..

abis gitu nyetrika (kalo mood lagi OK), FBan, Ngasku (buka KasKus), Nonton HBO ato NatGeo, jam stgh 4 Sholat Ashar, ngaji, al-matsurat, hafalan, sampe suami pulang jam 18..abis suami pulang, sholat maghrib, trus masak buat makan malem, makan bareng suami deh..tapi kalo suami berbaik hati, kami makan malam diluar abis sholat isya..

abis itu nonton bareng sambil diskusi tentang apa yang terjadi selama seharian tadi (ttg kerjaan suami, masakan aku, politik, agama, NatGeo, Thread KasKus & Film yg paling sering kami bahas ^^)..abis gitu tidur dehhh..berasa liburan tiap hari kan?? hahahahahaha \(^o^)/

kecuali hari sabtu dan minggu..Sabtu pagi aku ada kajian tafsir, terus ngaji bareng temen2 tarbiyah, kalo suami ke Tanah Runtuh latihan Motor Trail dg Track pendek..Hari minggu, aku biasanya ada kajian juga, suami maen trail (dari pagi pe sore..dari bersih sampe penuh lumpur, hehehehe) tapi kalo kami ingin berduaan (huhuyyy), saat weekend, seharian penuh kami di dalem rumah, males2an, nah kalo weekend giliran suamiku yg masak ato makan diluar..^^b

Begitulah sekilas tentangku dan kota Palu..HIDUP BARU: tempat tinggal BARU, lingkungan BARU, keluarga BARU, ahhh, subhanallah..sangat menikmati fase kehidupanku yang ini..ayo, sin kapan kamu menikmati hal yang sama denganku..merasakan keindahan luarbiasa, anugrah terindah..pacaran setelah menikah..^^ meskipun hingga kini kami menunggu kehamilan, tapi kami menunggu bukan dengan kecemasan/kekhawatiran tapi menunggu dengan kebahagiaan & kesyukuran karena waktu2 yg dijalani pun sudah bahagia, maka perkara Allah berikan kami rezeki anak, maka kami akan lebih berbahagia..amin ya Rabb..Wallahualam Bishowab..

Sekian dulu yah, surat balasan yg panjang ini..hahaha.. Udah siang nih.. Saatnya memasak..hoohohohooo

Doaku selalu menyertaimu juga, sin..


Wassalamu’alaikum..

:)



Nyonya Ridzky, hohohoho



Jembatan Teluk Palu


Kaledo



Bandara mutiara Palu, kalo kata suamiku kaya Puskesmas, hehehe

1 komentar:

  1. saya ketawa-ketiwi baca surat temannya mbak Sinta. Kesehariannya sama dengan yang saya alami. Mungkin bedanya, tukang sayur disini masih jualan pakai gerobak dan selalu berhenti di sebelah rumah..jadi nggak perlu dikejar-kejar.

    BalasHapus