Senin, 24 Desember 2018

Review Buku 9 Rahasia Emak Onlineshop Beromset 300 juta per bulan karya Endah Rini


Seneng banget deh dapat hadiah buku ini dari salah satu supplier baju koko anak yang saya jual. Katanya ini adalah reward karena saya adalah reseller dengan penjualan tertinggi pada bulan lalu. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah ^^


Endah Rini memulai isi bukunya dengan materi tentang mindset yang sedikit banyak membahas tentang magnet rezeki Ust Nasrullah. Saya cukup nyambung karena saya sebelumnya sudah membaca buku Rahasia Magnet Rezeki dan membaca kembali sekilas materinya di buku ini memotivasi saya bahwa tidak mustahil bagi seorang perempuan untuk meraup rezeki yang banyak, terutama melalui cara berdagang.

Sesuai judulnya, ada 9 poin yang dijabarkan dalam buku ini. Kesembilan poin itu adalah sebagai berikut


1.    Membangun mindset yang benar
Setidaknya ada 4 mindset yang wajib dimiliki oleh kita yaitu berpikir positif, focus, berani gagal, dan konsisten

2.    Membuat peta bisnis sebagai panduan
Hal yang ada dalam peta bisnis adalah produk jualan, target market spesifik, strategi menarik target market, menetapkan target penjualan, dan menetapkan model penjualan dengan business model canvas.

3.    Menyusun rencana kerja untuk meraih target
Pertama, kita tentukan target penjualan. Buatlah target yang sesuai kemampuan. Kemudian, tuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Langkah-langkah ini perlu dijadikan standar prosedur operasional (SPO) seperti SPO pelayanan konsumen, SPO penerimaan order, dan lain sebagainya.
 
4.    Mengoptimalkan pemasaran
Inti dari pemasaran adalah mengubah target market menjadi buyer (pembeli), mengubah pembeli menjadi pelanggan dan mengubah pelanggan jadi promotor atau tim penjualan.
Cara mengoptimalkan penjualan adalah dengan:
-          Meluruskan niat untuk bantu orang, sehingga ga baper kalau belum closing
-          Menguasai detail produk
-          Mengenali siapa target market
-          Menguasai skill jualan
-          Membuat strategi promosi yang ampuh dan mudah dijalankan
-          Memperbanyak praktek kemudian evaluasi
-      Memanfaatkan social media untuk mendatangkan orderan

Di sini penulis menjelaskan cara promosi melalui akun FB personal dan Instagram.
Intinya sih, kalau via FB personal sering add friend target market, berinteraksi (like, komen, share), dan posting status secara variatif di jam-jam ramai.
Kalau via IG harus memperbanyak jumlah followers, posting pakai hashtag, upload foto dan testimoni secara rutin.

6.    Senang eksis kunci jualan laris
Beberapa poin yang dibahas dalam bab ini adalah tentang pentingnya pengetahuan tentang produk, berusaha menjual sebanyak-banyaknya, gunakan media online, membuat Standar Operasional Procedure (SOP), kelola tim penjualan, aktif berkomunitas dan upgrade ilmu.

7.    Pentingnya membuat catatan pembukuan onlineshop
Setidaknya ada 3 catatan pembukuan yang wajib ada yaitu
-          Catatan cash flow, masuk dan keluarnya uang bisnis
-          Catatan neraca (hutang, piutang, stok)
-          Catatan budgeting (untuk tahu anggaran yang diperlukan untuk mencapai target 

Bab ini juga memuat beberapa tabel yang merupakan contoh bentuk Buku List Order, Buku Kas Harian, Laporan Penjualan Harian, Catatan Pembelian Belanja, Catatan Pengeluaran, dan Catatan Kas Bulanan.

8.    Melakukan evaluasi berkala
Evaluasi yang dilakukan meliputi apakah target tercapai, apa saja yang berjalan bagus, apa saja yang belum maksimal. Lalu analisa penyebabnya dan menyusun rencana perbaikan. Hasil evaluasi akan menunjukkan hambatannya apa saja, prestasi yang dicapai, kurang maksimal bagian mana, produk yang laku cepat apa saja, dan lain sebagainya.

9.    Membuat inovasi
Hasil riset dan evaluasi harus dijadikan dasar untuk membuat inovasi. Hal ini agar pasar tidak bosan dan produk yang kita tawarkan disambut pembeli. Tiap membuat rencana inovasi, tentukan pula target yang akan dicapai dan kapan waktu pelaksanaannya. Buat dalam bentuk tabel.

Buat saya pribadi ada beberapa catatan penting:
-          Harus bisa menahan diri untuk belanja konsumtif dari hasil jualan. Fokus pada pengembangan usaha
-          Kalau mau focus membesarkan bisnis jangan tanggung-tanggung. Langsung iklan dengan FB Ads berbayar saja
-          Emak dropshipper harus memiliki tenggat waktu kapan mau naik kelas. Tidak boleh stagnan di titik ini. Memang nyaman jualan tanpa tanggungan dan stok tapi siapa yang nyaman di satu titik ia tidak akan mengalami kemajuan.


Demikianlah poin-poin dalam buku tsb. Buku ini cocok untuk pemula atau yang masih belum banyak mengerti tentang dunia bisnis. Penjelasannya gamblang dan mudah dimengerti.

Semoga bermanfaat ^^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar