Selasa, 10 April 2018

Review Buku Resign Karya Almira Bastari





Saya lupa kapan terakhir kali hanyut saat membaca novel yang ‘menyegarkan’ seperti ini. Mungkin saat membaca Milea-nya Pidi Baiq? Atau Sirkus Pohon Andrea Hirata?

Well, kalau di novel Andrea Hirata ada beberapa part yang membuat saya cengar cengir, maka novel Resign ini lebih berhasil mempengaruhi saya untuk ngikik-ngikik dalam hati.

Kita lihat blurb nya dulu ya





Belum apa-apa, istilah yang dipakai untuk memanggil para karakter di buku ini aja udah lucu: kacung kampret. Di dalam setiap bab, untuk mengawali cerita ada quote-quote dari para Cungpret yang bikin saya tergelitik pengen bilang, “Kasian deh lu cungpret!” Xixixi

Ini beberapa contohnya:

“Sepandai-pandai cungpret bersiasat, akhirnya ketahuan juga.” – Cungpret yang tertangkap basah (hal 89)

“Makan teman itu.. lo rajin banget, jadi begitu bos minta hasilnya, lo sudah siap, sementara temen lo belum kelar.” –Carlo de pret yang tidak senang melihat ada pegawai lebih rajin. (Hal. 96)

 “Bos juga manusia, tapi manusia yang duitnya lebih banyak ketimbang kaum cungpret.” – Cungpret Sinis (hal. 206)

Hal yang membuat saya agak relate adalah setting ceritanya yang di perusahaan konsultan. Saya tuh seumur-umur ga tahu apapun tentang perusahaan konsultan kecuali saat saya ngambil konsentrasi Training & Consulting waktu kuliah di Manajemen Komunikasi Fikom Unpad. 

Melihat bagaimana Alranita dkk bekerja, saya jadi ingat waktu bikin tugas dulu yang ‘seru’ bangeet. Ngumpulin data, ngolah data, analisis. Dosen sih ngasih waktu agak lama (kayaknya) tapi ternyata kok kerasa sebentar banget sampai akhirnya kudu begadang semua. Pas tugasnya disetor ke dosen, ga ada yang hasil analisisnya tepat sesuai keinginan dosen. Ngegemesin banget kan?

Saya jadi tahu kenapa mereka dibayar mahal, tapi juga pengen resign. Beban kerja berat plus bos killer memang kombinasi penyebab stres.

“Barang siapa yang cuti, maka dia pantas dicurigai.” – The Cungpret (hal 174)

Dengan kondisi pekerjaan yang stressfull, mengambil cuti adalah hal yang wajar. Bagaimanapun pasti karyawan butuh refreshing. Tapi di sini kalau ada yang cuti maka teman-temannya pada suuzon kalau di pengambil cuti ini bukan liburan melainkan interview untuk ngelamar di perusahaan lain. Muahahahaha

“Gosip itu seperti energi – tidak mudah dihilangkan, tapi dapat berpindah atau berubah bentuk.” – Hukum Fisika Cungpret. (Hal. 132)

Satu hal yang bagi saya agak asing, adalah budaya gosip di tempat kerja. Maklum, saya orangnya ga suka ngegosip #sholeha #pret. Kalau pun pernah punya temen-temen se-geng, paling ya curhat aja soal keseharian.

Soal cerita, jujur saja sejak awal ketebak bahwa kedua tokoh utama akan bersatu. Tapi toh tetap saja saya ga bisa melepaskan buku ini sampai halaman terakhir. Adegan kucing-kucingan Alranita menghindar dari Tigran selalu gagal. Beberapa kali saya ngetawain Alranita yang sering banget sial.

Persahabatan geng cupret juga bikin saya iri karena kelihatannya hangat. Saling nge-bully satu sama lain seperti dalam cerita Sabtu Bersama Bapak.

Over all, saya merekomendasikan buku ini buat yang lagi suntuk dan pengen baca cerita ringan yang bakal bikin senyum berkali-kali.


1 komentar: