Selasa, 20 Maret 2018

So Good Nugget Ayam favorit Kakang


Jujur saja, bagi saya menyiapkan menu makanan untuk balita susah-susah gampang. Entah kenapa. Padahal saya dan suami tipikal pemakan apa saja, atau lebih tepatnya apa yang ada. Huehehehe..

Maunya kan apa yang dimakan ortu, itu pula yang dimakan Kakang (3,5 tahun). Sayangnya lidah Kakang suka agak ‘beda’, yang membuat saya harus memutar otak hanya untuk menentukan menu yang Kakang sukai.

Salah satu makanan yang Kakang suka adalah nugget. Kayaknya sebagian besar anak suka ya dengan frozen food yang satu ini. Meskipun daging sudah diolah sedemikian rupa, bukan berarti kandungan gizinya menghilang. Apalagi Nugget Ayam SO GOOD. Selain rasanya enak dan bikin anak makan lahap, gizi yang terkandung di dalamnya pun memenuhi kebutuhan protein kita.

Waktu milih-milih produk SO GOOD di supermarket, saya sempet bingung karena variannya banyak sekaliiii. Ada yang bentuknya lucu-lucu seperti dinosaurus, alfabet, donat, sampai pesawat luar angkasa. Ada bakso, chicken wings, dan nugget ayam sayuran. Rasanya mau ngeborong. Hahaha

Pada akhirnya saya putuskan membeli So Good Nugget Ayam Premium yang bentuk stick. Soalnya dapat piring yang didalamnya berisi info komposisi gizi ideal. Yaa hitung-hitung buat catatan pribadi biar ga lupa. Heuheu..

Jadi dalam menu yang kita makan, idealnya selalu lengkap dengan komposisi karbohidrat 35%, sayur 35%, protein 15% dan buah 15%. Itulah yang seharusnya ada dalam menu piring gizi seimbang.

Hayo, siapa yang pernah makan nasi plus mie instan plus sambal goreng kentang dalam satu piring? *tunjuk diri sendiri. Salah banget. Itu sih 100% karbohidrat. Xixixi

Untuk sarapan Kakang kali ini, selain menyajikan SO GOOD Nugget Ayam sebagai sumber protein, tadinya saya mau bikin tumis brokoli wortel untuk sayurannya. Sayangnya, saya tidak menemukan brokoli di supermarket ataupun di pasar. Aneh kan? Ternyata brokoli bisa jadi komoditas langka juga. Ckckck

Lagi bingung gitu, saya curhat aja ke tukang sayur kalau saya bingung mau masak apa. Tukang sayurnya rekomendasiin oyong. Hemm.. baiklah. Saya tahu Kakang cukup suka juga dengan sayuran yang satu ini. Akhirnya saya buat sup bening oyong wortel.

Saya memasak untuk porsi kecil. Ini resepnya:

Bahan
1 buah wortel, potong-potong
1 buah oyong muda, potong-potong
1 siung bawang putih, cincang kasar
3 siung bawang merah, iris tipis
1 sdm minyak untuk menumis
3 gelas air
Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya

Cara Memasak
1.       Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Sisihkan.
2.       Panaskan air hingga mendidih, masukkan tumisan bawang dan potongan wortel
3.       Tambahkan garam dan gula secukupnya
4.       Setelah wortel mulai agak empuk, masukkan oyong
5.       Masak sebentar sampai oyong agak layu
6.       Tambahkan penyedap rasa (opsional)

Dan inilah penampakannya



Untuk pencuci mulut, saya sediakan sebutir jeruk manis.

Saya memasak sayurnya sebelum Kakang bangun pagi. Begitu Kakang bangun, tinggal goreng So Good Nugget Ayam dan langsung siap saji. Iya, Kakang memang biasanya sarapan dulu baru mandi agak siang. Sumedang dingin cyin :D

Alhamdulillah Kakang makannya lahap dan habis. Yes yes yes :D

Ya iyyalah, kan itu menu kesukaan dia. Semoga saja Allah selalu ngasih rezeki agar saya bisa selalu memberi Kakang makan dengan komposisi gizi ideal seperti dalam piring gizi So Good.

Besok masak apa lagi ya buat Kakang?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar