Rabu, 21 Februari 2018

Kakang 3 Tahun 4 Bulan



Alhamdulillah sampai di usia ini Kakang masih sehat dan kelucuannya belum memudar. Huahahaha

Tau kan ya, orang-orang kan suka ngomong ke anak bayi, "Udahlah jangan gede. Biar lucu terus kayak gini..". Ngerti sih maksudnya. Tapi kalau dibayangkan beneran, buat saya sih horor banget. Apa jadinya kalau anak bayi ga tumbuh besar, kayak gitu terus selamanya? HOROR!

Beberapa catatan saya tentang Kakang saat ini:




Masih Hobi Mencium dan Dicium Ibunya

Bener-bener deh ni anak. Dikit-dikit minta cium, dikit-dikit nyium. Kami punya aneka gaya mencium. Gaya favoritnya adalah "Cium Ikan", yaitu bibir monyong dan digerakkan seperti ikan mas koki, dan disentuhkan ke pipi.


Lagi Suka dengan Kata "Buaya"

Ummi : Kakang anaknya siapa siiiiih?
Kakang : Anak Buaya

---

Ummi : Kakang mau makan ikan atau ayam goreng?
Kakang : Mau makan buaya!

---

Ummi : Kita pindah ke Bandung yuk Kang, ke rumah Abi
Kakang : Aku maunya ke rumah buaya



Mulai Narsis

Entah sejak kapan, Kakang mulai suka minta difoto kalau lagi pakai outfit tertentu, lagi pengen berpose, atau lagi melakukan apapun yang menurutnya penting difoto (padahal menurut emaknya ya ga penting)


Ceritanya ini lagi ngangkat bokong
Berendam
Manusia kardus



Makin Suka Berbahasa Inggris

Kebetulan saya pribadi suka bahasa Inggris dan pengen ngajarin Kakang bahasa Inggris sejak dini. Kakang pun tontonan Youtubenya hampir 100% bahasa Inggris. Dua hal ini bikin dia lumayan sering mengeluarkan kosakata inggris mulai dari yang simpel seperti "Red, black, yellow.." sampai "I want to drink milk. Help, please.." (minta dibuatkan susu) dan "So cold.." (waktu dimandikan). Hahaha


Beberapa Aturan Untuk Main Gadget

Huhuhu Kakangnya suka main hape emaknya lagi. Hiks

Gimana ya, abisnya beneran suka mati gaya. Saat bosan dengan semua mainannya, saat sudah baca buku, saat di luar rumah hujan, pasti ya ujungnya nonton youtube di hape lagi. 

Untuk meminimalisir efek negatif, saya berlakukan beberapa aturan:

- Tidak boleh sambil berbaring 
Sebenarnya ini hasil nguping dokter mata dengan pasiennya. Saya pun mulai mencoba menghentikan kebiasaan buruk yang juga suka saya lakukan ini.

- Satu sesi maksimal 20 menit
Masih kata dokter mata, harusnya mata kita tidak terus menerus lihat ke layar lebih dari 20 menit. Jadi kalau sudah 20 menit, mata harus beralih melihat ke arah lain setidaknya 20 detik barulah boleh lihat ke layar lagi.

Untuk Kakang, saya selalu set alarm yang akan berbunyi dalam 18-20 menit dan saya bilang padanya kalau hape ini bunyi, dia harus berhenti nonton. Kakang sepakat dan itu membuat dia ikhlas berhenti nonton bahkan tanpa saya ingatkan :)

- Baca surat pendek
Biar nambah efek positif, tiap dia minta hape, saya akan minta dia membaca dulu surat Al Fatihah, Al Ikhlas, atau An-Nas. Masih belajar sih. Tapi kan lumayan, kalau dalam sehari dia 5x nonton youtube, berarti 5x pula dia belajar hafalan Al Quran. Jadi dia akan setiap hari ngaji tanpa dia sadari. Hore!



Sebenarnya saya pengen mulai ngajarin dia Iqro. Tapi kelihatannya dia belum minat, malah main-main. Lagi nyari apakah ada buku Iqro atau semacamnya untuk balita. Siapa tahu kalau bukunya menarik dan berwarna dia mau belajar.








Keep learning Kakang ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar