Kamis, 19 April 2018

Accurate Lite, Aplikasi Akunting Simpel Untuk UMKM

Setiap pebisnis wajib menguasai laporan keuangan. Hal ini pertama kali saya tahu saat belajar di Young Entreprenur Academy (YEA). Di sana bahkan ada kelas Accounting for Business Owner. Materinya ‘cuma’ dua hari, tapi full pagi sampai maghrib yang bikin kepala ngebul dan keliyengan. Wahahaha..



Tapi ya mau gak mau, akuntansi harus dipelajari. Minimal, harus tahu cara membaca laporan keuangan (kalau bikinnya sih, bisa hire lulusan Akunting kali ya).

Saya ingat kata sang pengajar bahwa jika bisnis ibarat mobil, maka laporan keuangan adalah dashboardnya. Bisa saja sih kita mengendarai mobil tanpa melihat dashboard. Tapi tentu jika kita bisa membaca dashboard, kita akan tahu kapan saatnya menaikkan kecepatan, kapan harus melambat, dan pastinya kapan harus isi bensin. Heuheu

Kalau dalam bisnis, dengan adanya laporan keuangan kita akan mengetahui apakah kondisi usaha kita meningkat, menurun, atau stagnan. Apakah untung ataukah rugi? Apakah butuh modal? Dan lain sebagainya. Hal ini kemudian akan mempermudah kita untuk mengambil keputusan dan menyusun strategi ke depannya.

Saya pribadi belum pernah sih bikin laporan keuangan selama dua tahun jualan baju koko anak. Yang saya catat itu cuma transaksi penjualan doang. Tulis tangan di buku pula. Hahaha..

Habis, belum apa-apa udah kebayang pusingnya. Apalagi kalau udah masuk buku besar yang penuh kode-kode transaksi. Rumus excel aja cuma tahunya SUM doang. Arrgh..

Mau hire orang juga belum memungkinkan. Masih single fighter neh T_T

Saya lalu dapat pencerahan saat datang di acara Bandung Bersinergi II yang dihelat 13-15 April lalu di Gymnasium UPI. Di sana ada booth Solusi UKM yang saat itu launching produk terbarunya, Accurate Lite.

Accurate Lite merupakan aplikasi pencatatan pembukuan usaha untuk mempermudah pelaku UMKM mendapatkan laporan keuangan yang berkualitas dan akurat. Seperti Facebook Lite, Messenger Lite, Youtube Go, dll, Accurate Lite memiliki versi fullnya di web Accurate Online.

Bagi yang belum tahu, Accurate Online adalah software akuntansi berbasis online yang menggunakan teknologi cloud computing. Hal ini membuat kita bisa mengakses data pembukuan kapan saja di mana saja, baik via PC maupun smartphone.







Beberapa fitur Accurate Lite antara lain:
  • Pencatatan Pembelian dan Penjualan
  • Pencatatan Hutang dan Piutang
  • Pencatatan Beban (gaji, listrik, dll)
  • Pencatatan perubahan stok (persediaan)
  • Pencatatan saldo dan histori rekening Bank
  • Scan Barcode saat transaksi
  • Laporan Keuangan yang mudah dipahami
  • Cetak struk penjualan menggunakan printer bluetooth



Yuk intip-intip beberapa tampilannya fiturnya dari smartphone




Bisa menampilkan data akumulasi order tiap pembeli

Bisa tahu barang terlaris
Tampilannya simpel dan enak dilihat. Pas saya coba masukin beberapa data transaksi, mudah sekali. Bisa nyimpen database konsumen tak hanya data pengiriman tapi juga riwayat pembelian. Laporan juga bisa langsung jadi begitu kita selesai input data. 

Accurate Lite selain dapat membuat pelaku UMKM lebih rapi dalam mengelola pembukuan dan membuat laporan usaha, juga bisa menghitung pajak usaha. Jadi sebagai warga negara yang baik kita akan lebih mudah untuk membayar pajak.

Berhubung menunya banyak dan pastinya ga mungkin dijelaskan satu persatu di postingan ini, jadi kalau penasaran silakan langsung download aja ya Accurate Lite di Playstore. Bisa free trial 30 hari kok.

Kalau suka, langsung langganan saja. Biayanya cukup terjangkau. Bisa pilih mau yang  Rp. 200.000,-/bulan atau Rp. 300.000/3 bulan atau Rp. 400.000/6 bulan. Oke banget kan?


Selamat mencoba ^^


sumber gambar: Accuratecloud.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar