Selasa, 29 Maret 2016

7 Kisah Nyata Sukses Bisnis Tanpa Modal

Beberapa waktu lalu, di grup FB Belajar Wirausaha Bareng Saptuari, Mas Saptu bikin thread untuk member sharing pengalaman bisnis tanpa modal. Tiga tulisan terbaik akan diberi hadiah buku. Wuiiiih saya langsung nimbrung ikut sharing. Pada akhirnya saya ga mernang sih. Bayangin aja, komentarnya sampai 700 lebih!

Meski ga menang, tapi saya senang banget baca pengalaman-pengalaman mereka yang sukses bisnis yang awalnya minim modal bahkan tanpa modal uang. Sangat inspiratif dan memotivasi. Saya jadi pengen sharing di sini.

Ini adalah kisah-kisah favorit saya:




Purnie Hijab Bisnis tanpa modal tanpa riba? Bisaaa dong.
Dulu saya memulai bisnis jilbab tanpa modal 1 rupiah pun. Caranya gimana? Saya ikut dropship dengan salah satu supplier di bekasi. Pelan-pelan saya tekunin dropship jilbab ini. Alhamdulillah berjalan lancar. Dulu saya ambil keuntungan 10rb rupiah per pcs. Nah dari keuntungannya itu saya kumpulkan hingga akhirnya saya memutuskan menjadi supplier jilbab dengan stok saya sendiri. Ada kendala? Pasti ada dong...jualan gak selamanya lancar. Saya pun sempet jatuh, tapi saya berusaha bangun lagi dengan cara belajar dan terus belajar. Saya ikutin kisah orang-orang sukses bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, kisah hidup mereka saya pelajari. Alhamdulillah dari kulakan jilbab saya yang hanya online ini, tahun 2015 kemaren saya berhasil membeli hp yang harganya lumayan dan motor baru yang saya beli Cash tanpa Kredit,dan bisa memberdayakan para mommy yang ingin berbisnis tanpa modal dengan menjadi reseller jilbab di saya. Semoga bisa menginspirasi.



Saya suka ceritanya karena persis dengan apa yang saya jalani sekarang. Semoga saya bisa mengikuti jejak sukses beliau. Aamiiin..



Erwin Erwin Saya memulai bisnis laundry dari agen laundry.. Sekarang sudah punya laundry sendiri dengan omset puluhan juta sbulan..



Kalau yang itu harus dibaca Pak Yoga. Dulu dia minat bisnis laundry. Sekarang? Entahlah. Masih mau bisnis laundry gak, Pak Yoga? *colek suami
 


Mikko RokushiGo Bisnis Tanpa Modal
Bisa dooong.
Modal saya cuma fotokopi KTP.
Awal tahun 2007 saya buka bisnis jualan gas LPG 3kg, karena awal mula konversi dari Minyak Tanah ke Gas banyak orang yang takut meledak. Jadi jarang yang mau jualan gas 3kg. Justru di situlah peluang saya, banyak agen yg mau menitipkan tabungnya. Saya setor duit hanya hitung tabung yang kosong terjual saja. Awal mula dititip 100 tabung, karena omzet bagus ditambah lagi jadi 200 tabung. Terus sampai 1 truk sekali kirim. Alhamdulillah sekarang omzet sudah 4 truk per hari. Gak pake hutang di Bank dan gak pake modal. Sekarang sudah berjalan lancar karena sudah di quota oleh pemerintah.



OMG modal fotokopi KTP sekarang 4 truk per hari? Gokil.
Tri Budiono Sekedar sharing pengalaman. Basic skill kami desain grafis, pernah ditantang seorang pengusaha bis di Ngunut untuk merebranding desain bisnya dengan bahan seperti iklan di bis kota. Kami belum tahu detail bahannya apa dan cetaknya dimana. Tapi kami mengiyakan bisa mengerjakan.

Setelah tanya sana sini dengan rekan di luar kota,maka ketemulah jenis bahan dan tempat digital printing yang direferensikan oleh teman. Kunci membranding kendaraan adalah desain yang bertema, kuitas cetak stiker yang bagus serta kualitas pemasangan(instalasi) yang bagus.

Setelah melalui proof desain beberapa kali dan di acc, kami melakukan mastering file kemudian pergi ke percetakan yang direfensikan teman dengan membawa duit 2jtan pada tahun 2007 awal.

Akhirnya proses cetak dilakukan dan bermodal wajah lugu kami, pihak percetakan menerima DP kami dan kami membawa stiker cetakan untuk beberapa unit bis. Setelah pemasangan owner bis PO PERDANA ngunut puas akan kualitas hasil kerja kami. Kemudiam repeat order sampai puluhan unit bis pariwisata. Sampai akhirnya proses getok tar alias promosi mulut ke mulut ke berbagai PO sampai Karoseri maupun operator selular dll.

Sampai saat ini kami telah membranding kendaraan baik roda 4 maupun bus kurang lebih 700unit.

Sebagian perusahaan otobus pariwisata se jatim, indosat, telkomsel, ayam bakar wong solo group milik Pak Puspo Wadjoyo, apron bus maskapai citilink,airasia,sriwijaya,garudaindonesia,onemed,rsiakendangsari,Ciputra waterpark surabaya,dll menjadi klien kami.

Bisnis kami menjual ide desain ya g menjual serta kualitas yang bagus. Ya bidang marketing communications spesialis branding/wrapping/cutting kendaraan.

Ya boleh dibilang saya adalah pengusaha moderat,modal dengkul dan urat. Kapitalisasi aset kami tidak besar tapi yang membuat kami bangga adalah banyak klien klien kami perusahaan besar. Kuncinya semua itu adalah yang penting banyak relasi dan menjaga kepercayaan dengan baik. Bukan modal usaha yang besar. Detail kami bisa dilihat di www.facebook.com/awindocreati e.com


No caption needed.

Nah, kalau yang berikut ini 3 kisah terpilih yang memenangkan hadiah buku:

Kisah Arda Herbiyanto
Kisah pribadi mas.
Taun 2011-2013 saya buka bisnis Salon Mobil. Alhamdulillah lumayan rame. Tapi waktu itu saya fokus di Marketingnya dan agak ngelupain Operasionalnya. Walhasil bisnis ini berhasil gulung tikar.
Tahun 2013-2015 saya kerja. Banyakin link. Akhirnya karna ga betah jadi karyawan Juni 2015 saya resign. Bisa dibilang ini nekat karna saya blom punya usaha apa2. Saya cuman yakin Salon Mobil saya bisa berkembang. Kebetulan temen sekantor ada yg 1 visi dengan saya. Dan akhirnya resign juga.
Akhirnya saya bikin Business Plan Salon Mobil yg sempet saya tinggalin kurang lebih 2 tahun yg lalu. Temen saya saya masukkan ke dalam tim sebagai penanggung jawab operasional. Hal yg dulu paling males saya lakuin.. Hehehehe.
Medio Juni-November 2015 agak bingung juga mau ngajuin Business Plan ke siapa. November 2015 kebetulan ikut salah satu Seminar Bisnis. Akhirnya kenal dengan seseorang. Ngobrol banyak akhirnya coba kita tawarin kerjasama bisnis dan setuju...
Januari 2016 resmi Salon Mobil saya buka kembali. Modal yang saya keluarkan Rp. 0,-. Saya dan investor menggunakan skema.bagi hasil. 30% untuk investor. 35% untuk saya yg bertugas sebagai pencetus ide, marketing dan business development, 35% untuk temen saya yg bertanggung jawab di segala hal yg bersifat operasional.
Insha Allah pertengahan tahun akan buka di Pangkal Pinang. Lagi2 saya modal Rp. 0,-. Ada seorang investor berminat untuk kerjasama bagi hasil.
Mudah2an ini bisa menjadi sumber rejeki uang berkah untuk kami semua yg terlibat di bisnis ini.
Jadi kalo banyak orang yg ga percaya bahwa bisnis bisa dimulai tanpa modal. Nih.. Saya salah satunya...
Mudah2an bisa menginspirasi ya mas... Hehe..
--------------
Kisah Eko Muhyi Syafaat


Assalamualaikum.wr.wb. Perkenalkan nama saya Eko Muhyi Syafaat. Orang biasa memangggil saya Eko, tapi ada juga beberapa orang yang memanggil Muhyi. Saya kelahiran 25 Desember 1994, umur saya saat ini 21 tahun. Berbicara mengenai bisnis bisa di bilang saya masih newbie, tapi saya memiliki cita-cita besar yaitu ingin menjadi juragan distro. Untuk itu saya membuat fanpage yang saya namakan markas juragan distro ini linknya https://www.facebook.com/JuraganDistro ..
Berbicara Bisnis Tanpa Modal? awalnya juga dulu saya selalu berfikir saya mau bisnis tapi saya tidak mempunyai modal, modal, modal dan modal...tapi setelah saya belajar, belajar saya mengikut seminar-seminar, melihat video-video orang sukses di youtube, banyak sekali saya mendapatkan pelajaran yang sangat luar biasa. Sekarang saya percaya bisnis tanpa modal pun bisa. Masak sih bisa? Sangat bisa..
.
.
.
Yang saya lakukan saat ini sesuai dengan pelajaran yang telah saya dapat dari berbagai sumber

1.Saat kita gak punya modal kita bisa jualin produk orang lain.
Ilmu itu saya terapkan juga saat pertama kali memulai bisnis. Saya datangi langsung grosir dan ngobrol langsung kepada pemiliknya. Saya bilang begini, '"Pak saya mau bantu jualin produk bapak boleh?" Alhamdulilah 100% grosir-grosir yang saya datangi gak ada yang menolak. Menurut saya si pemilik grosir sangatlah senang jika dibantu jualin.

Sistem saya gini, Bapak/ibu ngasih harga berapa ke saya? contoh saya dikasih harga 300ribu, saya jual 350ribu, lumayankan 1 produk untung 50ribu. Kalau 1 hari bisa jualin 10 produk bisa untung 500ribu. Lumayan untuk beli nasi goreng.

2. Saat kita tidak punya modal, bisa bekerja sama pada orang yang memiliki modal.
Alhamdulilah saat ini khan saya memiliki ilmu sedikit tentang marketing online. Ilmu ini saya dapat dari guru yang sangat luar biasa yaitu Bapak Suryadin Laodang (Dosenjualan). Semenjak saya mempunyai ilmu ini Alhamdulilah orderan saya selalu rame, produk yang saya jual sudah pernah ngirim ke berbagai kota yang ada di Indonesia, bahkan waktu itu pernah ngirim ke Malaysia dan Vietnam.
Setiap ada orderan dan transferan saya selalu update di fanpage termasuk akun pribadi saya sebagai testimoni dan bukti untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Gak bermaksud untuk pamer atau bagaimana, efeknya banyak teman-teman saya yang melihat dan tertarik mau modalin saya. Alhamdulilah ini semua sudah rencana Allah SWT.

3.Keuntungan dari jualin produk orang lain dikumpulkan untuk jadi modal
Ini juga ilmu yang saya terapkan. Alhamdulilah awal bulan kemarin bisa nyetok Kaos Distro 400pcs dalam 1 minggu laku 240pcs, sisa 160pcs.

Hanya itu pengalaman yang saya pernah lakukan. Mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan. Mohon doanya Pak Saptuari dan seluruh anggota group belajar wirausaha bareng saptuari agar mimpi besar saya ingin menjadi pengusaha muda dan bisa kasih umroh-haji orang tua segera di kabulkan oleh Allah swt..Amin...
terima kasih 
salam dari saya Juragan Distro 
‪#‎GenerasiHebat‬
--------------------
Kisah Yulia Fajar


Bismillah...saya dulu sebelum menikah bekerja sebagai seorang bankir. Karena hati terasa tidak tenang dan gelisah terus akhirnya saya memutuskan untuk resign diumur 25th dan menikah. Perjalanan setelah menikah tidak semulus yang saya bayangkan. Gaji suami pas pasan. Diwarnai dengan keguguran juga. Terasa berat memang. Akhirnya saya berusaha jualan. Jualan tanpa modal.

Setiap saya liat gambar di Instagram saya upload di bbm ato fb. Hasilnya nihil ga ada yang beli. Terus saya mencoba cari kerja di luar rumah.3x diterima dan3x itu juga saya keluar.karena tidak ada rasa tenang dan nyaman. Akhirnya saya ditawari saudara utk gabung di H*** salah satu MLM dan biaya pendaftaran gratis dibiayai saudara. Mulailah saya jual2 produk itu. Lumayan laris tapi hati tetep tidak nyaman.

Lalu kutinggalkan dan ditawari teman bisnis asuransi syariah. Sebelum ikut sudah saya istikharohi 3x. Akhirnya saya putuskan ikut karena iming-iming bonus yang besar juga. Tapi lagi-lagi rasa tenang dan nyaman tak aku dapatkan. Akhirnya saya menyerah dan berdoa sama Alloh semoga dikasih jalan keluar dan dikasih teman yang bisa dipercaya dalam berbinis.

Alhamdulillah tidak berapa lama akhirnya dikabulkan. Saudara menawari kerjasama buat jual madu asli. Alhamdulillah disinilah aku menemukan ketenangan dan kenyamanan. Madu yang aku jual laris dan banyak membantu mengatasi penyakit yang diderita. Selain itu saya juga merasakan iman di hati yang semakin bertambah dengan jualan madu asli. Terimakasihku yang tak terhingga kepada Alloh SWT. Saya jadi sering menangis kalau berdoa saya merasakan betapa besar kasih sayang Alloh kepadaku.

Terimakasih ya Alloh...
Ini pengalamanku Kang Saptu. Dan sekarang saya masih jualan madu asli saya tambah snack ringan dengan hati yang tenang dan nyaman...hehe

Wow, keren-keren banget gak sih?
Hayo, yang masih belum bisnis dengan alasan ga punya modal uang, malu ah sama mereka.

Sesungguhnya yang paling utama adalah keberanian dan kemauan.
Sepakat? ;)


*Catatan: Demi kenyamanan membaca, tulisan mereka telah saya edit tanpa mengurangi makna isi

1 komentar:

  1. Waaah kerennyaaa. Manginspirasi sekali nih kisah-kisahnya.. Jadi semangat nih mau punya usaha sendiri :')

    BalasHapus