Kamis, 03 Juni 2010

3 Hati 2 Dunia 1 Cinta Goes To Campus (Part 1)

Tanggal 2 Juni 2010, aku menghadiri acara 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta Goes To Campus yang diadakan Mizan Productions dan Klub Film Mizan, yang bekerjasama dengan Fikom Unisba. Workshop ini terbagi menjadi tiga sesi, dengan para pembicara yang sangat menarik:
Ben Sohib (penulis novel yang jadi sumber cerita film ini),
Benni Setiawan (penulis naskah & sutradara),
Rikrik El Saptaria (acting coach), dan..
Mathias Muchus!

SESI 1
Aku datang sangat terlambat. Acara mulai jam 9an, aku datang jam 11.
Jadi ga dapet materinya deh. Hiks hiks.
Tapi sempet lihat trailernya, dan bagus.
Pokoknya harus nonton fimnya nanti!

Yang aku dapat dari sesi itu antara lain, bahwa film komedi romantis ini diangkat dari dua novel karya Ben Sohib, berjudul The Da Peci Cod dan Rosid & Delia.
Ceritanya tentang Rosid si rambut kribo (Reza Rahadian) yang saling mencintai dengan Delia (Laura Basuki). Sayang, mereka berbeda keyakinan (Rosid Islam, Delia Kristen).
Hubungan cinta mereka tidak direstui oleh orangtua kedua belah pihak.
Rosid juga dijodohkan dengan sepupunya yang cantik dan berjilbab, namanya Nabila (Arumi Bachsin). Lalu bagaimana akhirnya? Mari kita nonton saja, karena aku juga gak tau :p

SESI 2
Di sesi ini, Rikrik El Saptaria memberikan sedikit materi tentang Acting Coach, lalu praktek. Para peserta diajak olah tubuh (kayak pemanasan kalau mau olahraga), dan latihan akting.
Oya, tiap peserta memang mendapat contoh naskah dua halaman untuk dipraktekan di sesi ini.

Di sini aku nonton doang. Habis, memang ga tertarik jadi pemain. Tapi sesi ini cukup menarik kok. Aku ngebayangin, asik nih kalau para aktris dan aktor wannabe CC hadir disini. Pasti seru.

Sesi dua berakhir beberapa menit sebelum jam 1, lalu break.

Aku sempat ingin pulang. Apalagi sepertinya sesi tiga ini masih tentang acting/casting.
Sekali lagi, aku ga minat-minat jadi aktris.
Tapi entah kenapa, kakiku tetap melangkah.
Takdir Allah kali :p

SESI 3
Sumpah, sesi ketiga yang bertema Cara Menembus Casting ini SERU BANGET!!!!!! (enam tanda seru). Menurut aku sih, faktor utamanya karena Mathias Muchus. Beliau membawakan materinya asik banget (Btw, aku duduk paling depan loh. Niat amat ya? Haha).

Pertama, ia membawakan materi dengan berdiri lebih dekat dengan peserta, kayak trainer dan dosen (emang beliau dosen sih).
Penguasaan ‘panggung’nya juga bagus (beuh, bahasaku…!).
Ia sangat interaktif, tidak hanya dengan peserta, bahkan sempat bertanya dengan moderator, “Kalau Produser Mizan ngajak ibu casting, ibu mau ga?” hehe..

Berikut ini adalah beberapa poin penting materinya
1. Casting adalah mencari komposisi pemain yang tepat. Orang yang jago akting tidak serta merta bisa langsung diajak main, karena belum tentu cocok memainkan peran yang dibutuhkan.
Mencari pemain yang tepat awalnya dengan melihat dari tampilan fisik, kemudian baru kemampuan.
Fisik disini bukan berarti harus cantik atau ganteng. Kalau cuma mengandalkan itu, ga akan lama karirnya.
Setiap aktor, kalau mau sukses, harus punya KOMITMEN, KEJUJURAN, LOYALITAS, KECINTAAN TERHADAP PROFESI, dan KERJA KERAS *nyontek catatan *

2. Kalau berminat jadi aktor/aktris, tanyakan pada diri sendiri, apakah memang karena cinta pada dunia seni peran, atau karena faktor lain, seperti popularitas atau uang?

3. Ada quote bagus nih: Kalau kita menghormati suatu bidang, bidang itu akan menghormati kita

4.Sekecil apapun suatu peran, harus dilakukan dengan serius.

5.Untuk memasukkan jiwa tokoh ke dalam diri kita, kita harus menjadikan tokoh tersebut ‘obsesi’ kita, membiasakan diri berperilaku sehari-hari sebagai tokoh yang akan diperankan..
(Aku jadi inget Arifin Putra yang kemana-mana bawa pisau di kantong pas mendalami karakter Adam untuk film Rumah Dara)

Sesi tanya jawab tidak kalah menarik.
Salah satu pertanyaan paling menarik menurut aku adalah ini,
“Sepenting apa sih adegan ciuman dalam film-film horor?”


... bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar