Sabtu, 29 Februari 2020

Bagaimana Rasanya Rutin Sholat 5 Waktu? [Question From Quora]


Sebelum usia saya 17 tahun, sholat saya masih bolong-bolong. Sebenarnya keinginan saya untuk rutin menjalankan sholat 5 waktu cukup tinggi, hanya saja yang namanya kemalasan sering mendera. Heuheu 

Menginjak usia 17 tahun saya berdo'a pada Allah untuk menjaga sholat saya.

Saya berpikir, tidak mungkin mengandalkan diri sendiri. Kemalasan itu dari syaitan, dan hanya pada Allah saya bisa berlindung dari bisikan syaitan.


Tak hanya karena faktor diri sendiri. 
Faktor eksternal juga kadang terjadi : sedang sibuk ngejar deadline
sedang berada dalam sebuah acara yang sulit ditinggal, 
sedang dalam perjalanan jauh naik bis/kereta api yang sholatnya harus dengan cara spesial (sambil duduk), 
sedang mati air jadi susah  wudhu, 
hingga saat sedang di luar dan sulit menemukan tempat yang layak untuk sholat 
(ga tau dimana masjid/mushola).

Fix lah saya butuh pertolongan dan kemudahan dari Allah untuk bisa menjalankan perintahnya yang satu ini.


Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu. 
[Q.S Al-Baqarah : 45]


Alhamdulillah sejak saya berdoa seperti itu, sangat terasa sholat 5 waktu jadi semakin mudah. Semakin tidak terasa berat. Dan semakin terbiasa kita melakukannya, semakin sulit meninggalkannya. Kalau sampai solat mepet di waktu akhir aja rasanya ga nyaman, apalagi kalau sampai ninggalin sholat.


Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [Q.S. Al-Ankabut: 45) 


Bagi saya pribadi, manfaat yang terasa saat rutin sholat itu..

- Lebih disiplin

Sholat waktunya pasti dan terlarang meninggalkannya dalam keadaan apapun juga. Ini membuat sholat menjadi prioritas kegiatan setiap harinya dan saya mengatur jadwal pekerjaan berdasarkan jadwal sholat.


Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. [Q.S Al-Jumu’ah: 10]

- Tenang karena sering mengingat Allah

Yang namanya kehidupan itu selalu ada aja yang bikin galau, cemas, khawatir, sedih, dan emosi. Padahal yang namanya ketenangan itu penting banget kan. Penting supaya bisa fokus kerja, supaya dapat ide/solusi, supaya sehat lahir batin, dan supaya bahagia menjalani peran sebagai istri, ibu dll. 

- Lebih bersih dan segar (karena wudhu)

Kalau lagi ga sholat, paling banter cuci muka pas bangun tidur dan sebelum tidur malam aja (2x sehari). Tapi karena wudhu, jadi 5x sehari. Lebih bersih deh!

Membasuh kepala dengan air juga memberikan sensasi segar terutama setelah sekian jam bekerja yang bikin kepala berasap #lebay. Bisa menghilangkan kantuk juga.


- Istirahat dan refreshing dari pekerjaan

Sholat adalah waktunya istirahat dari kesibukan yang gak habis-habis. Momen untuk bernafas sejenak, bersyukur atas kesehatan, keharmonisan keluarga, pekerjaan yang baik, dan kecukupan rezeki. Juga momen untuk berdoa, memohon ampun, curhat, dan meminta apapun yang kita inginkan. 

Setelah sholat, kembali ke rutinitas dengan perasaan lega dan berharap yang terbaik untuk hari itu.

---

Buat kamu yang pengen bisa rutin sholat 5 waktu juga, inget yaaa..

Awali dengan minta kemudahan pada Allah untuk menjalankannya. Sesungguhnya hanya karena rahmat dan hidayah-Nya kita bisa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.



Buat yang udah rutin sholat, share di komentar ya bagaimana rasanya. Siapa tahu bisa memotivasi yang lain :)


Referensi: https://tafsirweb.com/38693-ayat-tentang-sholat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar