Minggu, 13 November 2016

Mereka Menggembirakan Anak-Anak Kurang Beruntung

 
Anak-anak panti Asuhan Al-Yassin, Bandung


Bandung, Ramadhan 1437 H



Awan tebal tampak menggelayut di langit sore itu.
Saya melihat sekeliling. Di Taman Vanda ini, saya tidak menemukan satu pun tempat berteduh kalau-kalau hujan mendadak turun. Saya mulai cemas.




Dokumentasi CS


"Tenang, ga akan hujan kok. Kalaupun hujan, paling nanti malam," ucap suami.

Saya tidak yakin. Tapi saya diam saja.

Di atas tribun, tampak sekitar 30 anak panti asuhan tengah diajak bermain oleh dua orang MC. Selain mereka ada sekitar 20 kakak donatur yang ikut serta.



Itu adalah acara perdana komunitas Care & Share (CS) yang digagas oleh suami. Saya yakin dia terinspirasi dari kegiatan One Day Fun Doing Fun (ODFDF) oleh komunitas Charity Lovers yang digagas adik saya, Isnia. Bagaimana tidak, konsep acaranya sangat mirip: Have fun bersama teman-teman dengan mengajak adik-adik yang kurang beruntung. Dana acara diperoleh dari para donatur baik hati yang mendukung. Kebetulan saya-suami-Kakang mengikuti ODFDF yang diselenggarakan di Bogor sebelum bulan puasa.


Sumber : Instagram OneDayFunDoingFun
---

Suami saya tidak berbakat jadi peramal cuaca. Di tengah permainan outdoor itu, hujan deras mendadak turun. Semua orang panik dan acara bubar. Tiba-tiba seorang lelaki setengah baya muncul dari bawah tribun dan memberi instruksi sambil menunjuk ke sebuah pintu di bawah tribun,
"Kesini! Kesini!"

Dalam kondisi normal, aneh jika kau menuruti orang tak dikenal untuk masuk ke sebuah ruangan. Tapi ini darurat. Kami pun segera masuk ke dalam sana.

Ternyata orang itu memang menolong kami agar bisa berteduh. Di bawah tribun itu terdapat ruangan ber-AC. Meskipun sempit diisi puluhan orang dari kami, tapi AC tersebut membuat kami tetap nyaman bernafas.

Beberapa relawan hujan-hujanan mencari angkot untuk memboyong kami ke lokasi utama: BEC.

Di BEC, meski ada beberapa kendala, kami bisa berbuka puasa dan solat maghrib sebelum masuk ke CGV Blitz untuk menonton Finding Dori.


Dokumen pribadi

Ya, kami memang ingin menggembirakan anak-anak panti asuhan dengan mengajak mereka nonton bioskop. Kenapa nonton bioskop? Karena kami pikir, seberapa sering sih mereka pergi ke bioskop? Jangan-jangan belum pernah sama sekali karena ketiadaan uang atau kesempatan. Kebetulan juga ada Finding Dori yang memang sesuai untuk anak-anak. Senang rasanya melihat mereka begitu gembira.



Bersama kakak-kakak donatur

Saya bangga pada suami, juga pada adik saya.

Mereka berdua memiliki hati dermawan dan otot berbagi yang kuat.
Mereka mampu menggerakkan teman-temannya untuk bekerjasama menggelar acara yang menggembirakan anak-anak kurang beruntung.

Mungkin suami dan adik saya tak memiliki materi berlebih untuk bisa mengajak puluhan anak bermain. Tapi dengan niat tulus, mereka berhasil menggerakkan hati banyak orang untuk mendukung kegiatan non-profit ini.

Acara yang dipersiapkan kurang dari 2 minggu ini sempat membuat suami khawatir, karena seminggu sebelum acara, donasi yang terkumpul masih setengah dari target, namun dengan ijin Allah hasil akhirnya jauh melebihi dari target awal. Ternyata banyak orang di luar sana yang berhati mulia dan senang berbagi. Masya Allah, Allah bersama mereka yang berniat baik.

Acara ini rencana awalnya hanya sekadar makan dan nonton. Dengan adanya dana lebih, kami dapat memberikan uang saku untuk tiap anak, merchandise alat tulis untuk dibawa pulang, serta sembako yang kami serahkan ke ibu pengasuh panti.

Komunitas Care & Share ini baru 1x mengadakan acara dan sedang berembuk untuk menggelar acara kedua.

Sementara Komunitas Charity Lovers sudah terbentuk sejak 2 tahun lalu dan menggelar acaranya di berbagai kota dari Bandung, Jogja, Bogor, hingga Batam! Maklum, 'ketua suku'nya kebetulan hobi traveling. Jadi sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui. Hihihi.. Cerita lengkapnya bisa intip ya di blog adik saya ini.


Ingin bergabung jadi kakak-kakak relawan?
Hubungi Yoga untuk ikut serta dalam kegiatan Care & Share berikutnya,
atau follow IG OneDayFunDoingFun untuk info next event ODFDF.


Have fun, keep caring, keep sharing ^^









6 komentar:

  1. Acaranya seru ya, dan salut sama temen-temen yang sangat peduli pada sekitar, terutama pada anak-anak. Semoga rezekinya ngalir terus yaaa mbak untuk keluarga dan semuanya

    BalasHapus
  2. Salut! Keluarga yang senang berbagi. :)

    BalasHapus
  3. Nano-nano banget melihatnya.. Salutt dengan orang yang masih perduli dengan keadaan orang lain :)

    BalasHapus
  4. udah lama ga ikutan hal beginiaan.. besok2 pengen ah...

    BalasHapus
  5. hai sinta!
    acaranya menginspirasi sekali <3
    beberapa bulan belakangan aku dan teman-teman rutin mengadakan lapak makan gratis untuk dhuafa dan tunawisma dari taman ke taman.

    semoga suatu hari nanti kita bisa kolaborasi ya sin <3

    tetap semangat berbagi kebaikan dan menebar kebahagiaan dear sinta <3


    BalasHapus
  6. semoga semua donatur di mudahkan rezekinya

    BalasHapus