Sabtu, 11 Desember 2010

Balada Si Anak Baru: Ketawa Ajalah

Sudah satu bulan aku bekerja (kantoran). Dapet banget pengalaman barunya. Ilmu barunya. Bener yang pernah aku dengar dari orang-orang, bahwa dunia kerja beda banget dengan dunia kampus. Bahkan dengan nilai transkrip dan pengalaman organisasi yang not bad, tetap saja aku merasa agak “gagap” sekarang.

Di bawah ini beberapa gap-ku antara jaman kampus dan jaman kerja:

Kampus : Tidak pernah tidak pakai Windows

Kerja : LINUX


Kampus : Almost always use handycam (mini dv) anytime, anywhere

Kerja : MD 10000. Digital camcorder is on the way.


Kampus : Bikin skenario fiksi untuk konsumsi pribadi

Kerja : Bikin naskah Standar Operating Procedure (SOP) untuk karyawan perusahaan se-Indonesia.


Kampus : Belajar Sony Vegas, dan menyerah. Mengedit video dokumentasi pakai software editing paling “primitif” ->Windows Movie Maker

Kerja : Kdenlive


Kampus : Photoshop, itupun seringnya Cuma buat resize & crop. Hihihi…

Kerja : Gimp, atur levels, curves, add layer mask, dll…


Itu belum selesai. Masih ada dan tentu akan bertambah lagi hal-hal baru yang mungkin belum pernah aku sentuh selama di kampus. Tapi aku senang. Kalau kata Emma Watson, “Learning keeps me motivated”.


Cukup banyak kesalahan yang aku buat. Cukup sering aku kena tegur. Tak kurang 3x aku mendapat kalimat “Jangan diulangi lagi, ya..”. Hahahaha… :”)

Daftar “dosa”ku:

  • Bikin komputer yang konon paling canggih se-kantor itu kehilangan suaranya

  • Bikin kaset mini DV kejepit (well, bukan aku yang melakukan sebenarnya *ngeles)

  • Gak lengkap nyari informasi

  • Gak teliti, dsb.

Aku juga nyaris menghilangkan nota Winder (itu loh, buat nge-rewind mini dv sebelum di-capture), yang kalau beneran ilang, berarti duitnya harus aku ganti (yang nilainya bisa buat hidup seminggu). Untung akhirnya ketemu. Fiuuhh…


Tadi malam aku bikin kesalahan lagi. Gak sengaja menghilangkan isi file editingku. Tahu kan, seperti udah menulis 20 lembar di Word, trus kepencet Ctrl A+Delete+Save. Begitulah jadinya. Hahahaha..

Ga dimarahin sih, cuma disuruh ngedit lagi aja (padahal udah jadi sebenarnya) *jedot-jedotin kepala.

Dasar anak baru, ketawa aja lah :D


1 komentar: