Jumat, 23 Juli 2010

Masa Kecil Sangat Bahagia

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, aku mau bernostalgia ah, mengenang masa anak-anak.

Kalau orang banyak yang bilang, masa SMA adalah masa paling bahagia, maka bagiku masa paling bahagia dalam hidup ini adalah masa anak-anak. Puas banget aku menghabiskan masa anak-anak. Kerjanya maiiiiinn mulu! Mainnya bahkan bisa sampe jam 11 malem! Haha.. kecil-kecil udah biasa main malem. Hihi.. Apalagi udah umur segini. Ups..

Sebagian besar masa kecilku aku habiskan di kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Dulu, bisa dibilang aku adalah anak pantai. Maklum, jarak dari rumah ke bibir pantai hanya satu menit berjalan kaki. Jadi, hampir setiap hari aku ke pantai.

Di pantai, biasanya aku berenang, main pasir, ngumpulin kerang, ngeliatin nelayan ramai-ramai narik jala, sampai loncat-loncat di perahu nelayan yang lagi nganggur (kalau ketahuan yang punya pasti dimarahin :p). Dengan aktivitas harian seperti itu, ga heran kalau kulit dan rambutku terbakar matahari.

Aku juga suka main sepakbola. Jadi satu-satunya cewek di situ. Tapi aku benar-benar ga guna banget. Jarang dikasih bola. Paling lucu sih, pas aku disuruh jadi kiper. Pemain belakangnya itu sangat amat jago sekali, sampai-sampai ga pernah sekalipun tuh bola ngedeketin gawang! Kayaknya kalau aku tiduran di depan gawang juga tetep aja pemain lawan ga mungkin bikin gol. Haha.

Selain ke pantai dan main bola, aku dan teman-teman paling suka manjat pohon jambu monyet alias JAMBU METE!

Beuh.. Kalau lagi berbuah tuh.. hmm.. makan yang mentah bisa bikin kita sakit tenggorokan dan batuk-batuk saking sepetnya. Tapi kalau udah matang dan ranum.. Slurp.. manis, lembut, seger, kandungan airnya tinggi kayak melon, sampai netes-netes makannya. Biji metenya juga bisa langsung digoreng. Rasanya beda loh, sama yang biasa dijual dalam kemasan. Mungkin karena ga pake bumbu macam-macam kali ya..


Sampe sekarang, sejak aku meninggalkan Aceh, belum pernah aku melihat pohon jambu mete, apalagi makan buahnya. Tapi kalaupun aku ke sana lagi, udah ga bisa juga. Coz pohonnya udah ditebang. Huhu.. T_T





Dipikir-pikir, beberapa permainanku jaman dulu suka ga penting. Ini diantaranya:
1. Nongkrong di pinggir jalan dan nyatet nomor kendaraan yang lewat. Eh, ini mah bukan permainan ya? Tapi itu benar-benar tidak penting. Ngapain coba?

2. Ngelemparin satu pak kartu bergambar ke udara, lalu berlomba-lomba mengumpulkannya sama teman-teman, trus digabung jadi satu. Lalu? Ya dilempar lagi ke udara, dikumpulin, digabungin, dilempar lagi, dikumpulin, dan seterusnya. Cape deh.. >.< Biasanya permainan ini nih yang dilakukan malam-malam sampe jam 10 lewat.

3. Ngelempar bola tenis ke genteng garasi yang bergelombang dan begitu bola bergerak turun, aku dan teman-teman berlomba-lomba nangkep duluan. Begitu berhasil ditangkap, dilempar lagi, tangkap, lempar lagi, tangkap lagi, begitu seterusnya sampe… bolanya NYANGKUT. Entah itu karena terhalang daun pisang, kerikil (iya, ada kerikil di atas genteng, kami juga yang ngelempar :p), atau tiba-tiba tuh bola menempelkan diri ke genteng, menolak untuk turun dan dipermainkan. Kalau udah gitu –nah, ini agak penting- kita mencari akal gimana caranya tuh bola bisa turun. Belajar problem solving tuh! Hihi..

Permainan lain yang sedikit berguna karena bisa sekalian olahraga adalah main kasti dan pecah piring. Kasti.. tahu lah ya gimana. Pecah piring.. aku ga tahu istilah lainnya apa. Yang pasti kita berusaha menumpuk kepingan-kepingan keramik, sambil berusaha berkelit agar tidak terkena bola yang dilempar tim lawan. Kalau kena bola, kita out.
Doh, jadi pengen main ini lagi..

Aku masih berada di Aceh ketika perang melawan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) dimulai. Saat itu, diberlakukan jam malam. Jadi, masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah lewat jam tujuh malam. Itu bikin jalanan sangat sepi, sehingga aku dan teman-teman bisa main pecah piring di tengah jalan! Hohoho..

Paling, kalau dari kejauhan terdengar bunyi rentetan tembakan (iya, serius. Tembakan), kita semua pada bubar, masuk rumah masing-masing, mengunci pintu, memadamkan lampu, dan mendengarkan suara tembakan bersahut-sahutan dengan ketakutan, berdoa agar jangan sampe lokasi perang berpindah ke depan rumah.

Karena keadaan yang semakin tidak aman itulah, akhirnya keluargaku pindah ke Batam. Meninggalkan kesan yang amat dalam tentang masa kecilku yang tak kan terlupakan.

Semoga negara Indonesia selalu aman dan segera makmur sejahtera, sehingga anak-anak Indonesia puas bermain dan bahagia. Amin!

Kalau kamu, bagaimana masa kecilmu?


*Sebenernya masih banyak cerita lain. Tapi ntar kepanjangan. Hehe
*Gambar diambil dari blognya Maruti Borker (di postingan dimana dia menceritakan masa kecilnya! Kebetulan sekali!)

3 komentar:

  1. hi sinta, aq baru tau kamu pindah ke batam karna situasi di aceh yg tidak aman.berarti sama dgn aq dunkz.aq jg pindah ke batam karna situasi di banda aceh yg sering banyak konflik antara GAM dan TNI,dimana ada letusan senjata api mengakibatkan sekolah libur besok hari nya.benar2 hal yg mengerikan.tapi aq jg harus bersyukur dgn pindahnya aq dari banda aceh aq bisa lolos dari tsunami yg dah banyak menelan korban jiwa baik dari teman2ku atau orang2 yg aq kenal disana.

    ya kalau ttg main kasti aq jg sering tuh dulu,agak sakit emang kalau kena bola tennis itu. :-)

    btw gimana kabarmu?masih di bandung?

    BalasHapus
  2. Hai Yakob..
    Long time no see.. :D

    hoo.. dirimu tinggalnya di Banda Aceh..
    Aku tahunya kelahiranmu di Meulaboh, ya kan?
    *sotoy

    kena bola kasti bisa sampe bikin memar! Hahaha..

    iya aku di Bandung.. :)

    BalasHapus
  3. indahya.................
    salam kenal dr servista

    BalasHapus