Senin, 07 Desember 2009

Menulis Yang Bermanfaat

Sebenarnya, aku merasa belum saatnya aku kembali ke blogosphere.
Kenapa? Karena skripsiku belum selesai.

Tapi tahu ga sih? Meskipun aku ga nge-post, di kepalaku banyak banget yang pengen aku tulis, dan percaya atau enggak, aku buka Blogspot setiap hari, sesering aku buka Facebook. Hehehe..

Sepertinya aku memang udah cinta sama blog ini..

Aku juga mulai berpikir, sepertinya salah kalau aku berniat dengan sengaja menghentikan aktivitas nge-blog.
Alasan sibuk atau ingin fokus, kurang bisa diterima.
Karena sesibuk apapun, sebenarnya aku masih punya waktu untuk menulis dan nge-blog.
Tapi memang, belum bisa setiap hari seperti yang aku inginkan.

Baru baca status di fb temenku nih, Fatih Beeman. Dia menulis begini,
Orang bijak berbicara karena mereka memiliki 'sesuatu' untuk disampaikan. orang yang kurang bijak berbicara karena mereka harus mengatakan 'sesuatu'


Duh, itu 'dalem' banget.
Soalnya selama November kemarin aku berusaha posting setiap hari, meski apa yang aku tulis entah apa isinya. Ga penting.
Waktu itu yang aku pikirkan yang penting posting tiap hari, dan menomorduakan isi.
Jadi agak menyesal.. :-(

Terus, aku juga dapat motivasi lain dari sebuah buku, yang membuat aku harus tetap semangat menulis, tapi tentunya tulisan itu harus bermanfaat, ada 'misi'nya, inspiratif alias mencerahkan, dan kalau bisa, menghibur.

Itu juga 'ngena' banget, karena sebelumnya aku sangat sebal dengan banyaknya 'aturan' penulisan (disebut juga tips-tips) dalam menulis di blog.
Harus informatif,
tepat sasaran,
topiknya begini dan begitu,
bla..bla..bla..

aku kan pengen menulis sebebas-bebasnya!

Tapi sekarang aku sadar, menulis bebas hanya untuk di diary dengan pengamatan ketat.
Sementara untuk blog, karena banyak yang membaca, maka benar bahwa tulisanku haruslah bermanfaat.

Oke..
Bismillahirahmanirrahiim..

Semoga tulisan-tulisanku di masa mendatang bisa memberi manfaat dan menginspirasi para pembaca blog ini.

Amin..

5 komentar:

  1. semakin bermanfaat semakin memberikan syafaat :)

    kita pun sebenarnya berterimakasih disela-sela kesibukannya masih sempat memberi kita tulisan :)

    BalasHapus
  2. Amin. Smoga tulisannya memberi inspirasi buat sesama. Salam

    BalasHapus
  3. jujur ngga bermanfaat juga ngga pa2 kok,
    seandainya tulisan ini ngga ada manfaatnya bua yos,
    tetep aja yos akan coba baca, n kasih komntar, hehe

    BalasHapus
  4. semoga tulisannya bermanffaat bagi semua yg membaca

    BalasHapus
  5. bermanfaat atau ga itu kan sifatnya subjektif, kalo menurut gue bermanfaat, belum tentu menurut orang bermanfaat dan gt jg sebaliknya
    jd kalo gue sih yang penting menyampaikan sesuatu yang ada pointnya dan bukan cuma sekedar curhat aja
    curhat jg perlu otak bukan?

    BalasHapus