Kamis, 17 Februari 2011

GIMP Oh GIMP!

Kemarin aku hampir nangis loh di kantor.
Hahaha.. konyol.

Gara-garanya sepele. Aku harus ngedit gambar. Tapi aku ga bisa. Jadi wee.. pengen nangis. Hwkwkwkw.

Saat itu aku terkenang peristiwa bertahun-tahun yang lalu.
Ketika aku masih SD, aku sering banget nangis pas belajar sama mamaku.
Aku selalu nangis kalau aku dituntut harus bisa, padahal aku belum bisa atau ga bisa (atau yang paling sering sih, ga yakin & ga pede kalau aku bisa).

Tugas yang diberikan atasanku 'sepele' sebenarnya. Cuma bikin persegi panjang putih, taruh di background hitam, terus di atasnya nanti akan ditimpa oleh persegi hitam lain yang ditengahnya sudah berlubang membentuk huruf-huruf.

Kalau dikerjain manual sih, anak TK juga bisa. Nah ini, pake GIMP (Photoshop-nya Linux). Gile. Photoshop yang lebih populer aja aku ga bisa, apalagi yang ini. Haduuuuh.. pengen nangis :(

Tapi beliau tampak sibuk sekali. Kalau ga sibuk, pasti aku diajarin (tapi lebih sering sih dia kerjain sendiri. Heuheu)

Baiklah. Tenang, Sinta.
Pertama, pasang lagu-lagu gembira dulu. Hal ini adalah untuk menaikkan mood yang down.
Kedua, tarik nafas panjang.. hembuskan.
Ketiga, minum air putih.
Keempat, ambil cemilan *eh? heuheu

Pokoknya, tenangkan diri. Terus.. mulai mikir deh. Gimana ya caranya?
Karena aku lebih bisa Corel dibanding Photoshop, akhirnya aku cobalah Inkscape (Corel-nya Linux).
Tapi ga bisa T_T

Akhirnya balik lagi ke GIMP.
Buka "help"
Klik "creating a basic shape".

dan tahukah kamu kalimat pertamanya apa?
"Drawing shapes is not the main purpose for using GIMP."
-_____-'

You are really "help".

Aku close help-nya.
Aku utak atik aja sendiri.

Klik A, klik B, klik C, gagal.
klik D, klik E, klik F, bukan.
klik G, klik H, klik I, surprisingly, berhasil!

AKU BERHASIL! BERHASIL! BERHASIL!
I CAN DO IT!
YEAH!
Huahahahahahahahahahahahaa....

eh, tapi... gimana tadi caranya? *ngasal klak klik sana sini

Ah sudahlah.
Yang penting mission accomplished!
:D :D :D :D :D

Before

After

Kadang ku takut & gugup
Aku merasa.. oo.. tak sanggup.
Melihat tantangan di sekitarku.
Aku merasa tak mampu.

Namun ku tak mau menyerah.
Aku tak ingin berputus asa.
Dengan gagah berani aku melangkah,
dan berkata AKU BISA!

(Aku Bisa - AFI Junior)

1 komentar:

  1. huehehe..aku lebih katro lagi dong kalo gitu mbak. GIMP aja baru dengar sekarang. beneran! menurutku photoshop emang paling gampang. atau kalau mau lebih malasnya lagi, pake photoscape sekalian. :D

    BalasHapus