Kamis, 07 April 2022

Lagi Banyak Pikiran (?)

"Kenapa?" tanya dokter spesialis saraf begitu saya duduk di hadapannya.

"Kaki sakit.." jawab saya.

"Kamu lagi stres kali, banyak pikiran ya?" 


Bengong saya dibuatnya. Ih, padahal kan saya belum selesai mengeluh. Panjang loh cerita sakitku ini. Ni dokter kok langsung nge-judge aja. Hmm..

Hati saya pengen bilang, "Ah masa sih Dok?" di sisi lain otak bilang, "Oi, kan memang ada ilmu membaca wajah dan gesture. Lagian dia dokter senior pasti udah pengalaman."

Dokter lanjut menjelaskan, bahwa gejala sakit saya ini biasanya dialami oleh orang yang sudah tua. Sementara saya masih muda. Apalagi tes darah juga normal, yang berarti secara fisik saya baik-baik saja.

Psikosomatis.

Itu yang langsung terlintas di kepala. Tapi setahu saya, psikosomatis itu gejalanya lebih ke nyeri lambung. Ada juga sih yang ke kulit jadi gatal-gatal. Tapi nyeri kaki?

Beliau meresepkan 3 macam obat, yaitu pereda nyeri, obat lambung dan obat asam urat. Dokter bilang saya harus menemukan pencetus/ sumber sakit ini, karena tidak baik kalau terus menerus bergantung pada obat. Sepertinya yang beliau resepkan memang hanya untuk mengurangi gejala. Yang Alhamdulillahnya siy lumayan membuat saya jadi merasa jauuh lebih baik.


Jadi seperti ini yang saya alami..

Suatu hari di bukan Februari, saya bangun dengan kaki kanan yang terasa agak sakit dan membuat berjalan jadi agak pincang. Sempat dipijat, tidak membaik. Eh malah gantian jadi kaki kiri yang sakit.

Trus besok lusanya, muncul ruam merah di kulit. Sempat demam juga naik turun selama 5 hari. Sakit kakiku gak membaik. Malah pernah 1-2 kali kayak yang keseleo gitu. Nyeri hebat di telapak setiap melangkah.

Saat jongkok, sakit di area lutut dan otot sekitarnya.

Solat harus sambil duduk, karena sakiiiiit banget saat berpindah dari posisi berdiri ke duduk/lesehan dan sebaliknya.

Dari puskesmas sempat dikasih paracetamol, calcium lactate, ibuprofen, dan vitamin B12. Agak sedikit mereda tapi sakitnya ga ilang. 

Udah merendam kaki pakai air panas, udah dipijat lagi, masiiih aja belum membaik.


Baru setelah dirujuk ke spesialis saraf itu sekarang saya udah mulai bisa bergerak lebih nyaman. Udah bisa solat seperti biasa. Kalau jongkok masih terasa ada nyeri dikit tapi gak terlalu menganggu. Alhamdulillah banget lah pokoknya dari sebelumnya.


Tinggal satu saja masalahnya : belum terjawab apa penyebabnya.

Benarkah saya banyak pikiran? Ah tapi kayaknya semua yang berstatus ibu pasti banyak pikiran deh. Ya gak sih? Haha

Katakanlah seorang ibu ga punya masalah berarti. Hidupnya tak kurang suatu apapun. Tetap aja pikirannya banyak :

- Masak apa ya hari ini?

- Ending drakor ini ntar gimana ya?

- Anakku mending les sepakbola atau les renang ya?

- Baju lebaran nanti beli sarimbitan di mana ya? warna apa?

Heuheu


Dah lah saya pikir ga mungkin saya ga banyak pikiran. Udah default. Atau mungkin emang tipe pemikir. Wkwkwk


Sekarang mau belajar ngurangin pikiran aja lah


Sekian.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar