Senin, 01 Juli 2019

Cara Menilai Kualitas Jahitan Kaos Polos




Jahitan merupakan salah satu bagian dari kaos polos yang periu diperhatikan kualitasnya. Kaos berbahan kain yang bagus pun tidak akan bertahan lama jika kualitas jahitannya buruk atau tidak kuat. Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang cukup sering dipakai dalam beraktifitas sehari-hari, oleh karena itu, kaos harus memiliki jahitan yang kuat dan tidak mudah lepas. Sebagai pengusaha kaos polos, hal ini merupakan hal yang sangat krusial untuk dipahami dalam menentukan kualitas kaos yang dijual.



Tingkatan kualitas jahitan pada kaos polos perlu dicermati secara seksama. Meski produsen membuatnya dengan menggunakan mesin, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kesalahan dalam proses penjahitan kaos dapat terjadi. Untuk itu, di bawah ini kami sajikan rangkuman kriteria jahitan kaos polos yang berkualitas agar Anda dapat memperoleh kaos yang tahan lama dalam kondisi apapun.

1.     Kerapian jahitan

Kerapian jahitan pada pakaian merupakan salah satu hal yang paling penting, juga dapat dengan mudah diperiksa. Pastikan jahitan kaos yang Anda pilih rapi dan tidak terputus. Perhatikan juga benang-benang yang terlepas. Jangan memilih kaos seperti ini. Sebaiknya Anda cari kaos yang lain, sebab benang yang menyembul terlepas bisa saja cepat mengulur dan membuka titik-titik jahitannya.

Kerapian jahitan dapat juga dilihat dari tingkat kerapatan jahitannya. Jahitan yang rapat memiliki jarak jahitan yang sama pada setiap sisi, sehingga menjadikannya kuat. Cobalah tarik kaosnya secara perlahan. Kaos yang memiliki jahitan yang bagus adalah yang jahitannya tidak meregang saat kaos ditarik. Dengan kata lain, jahitan pada kaos akan terasa lentur.

2.     Jenis rajutan

Kaos polos yang berkualitas baik memiliki rajutan yang kuat. Terdapat beberapa jenis rajutan pada kaos, di antaranya yaitu single knit, yarn dye, dan drop needle. Kaos dengan jenis rajutan single knit dan yarn dye tidak akan bisa digunakan secara bolak-balik, tidak seperti kaos dengan jenis rajutan drop needle. Rajutan yang rapi dan jahitan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kaos.

3.     Penggunaan benang

Pembuatan kaos polos menggunakan jenis benang yang berbeda-beda sesuai dengn kebutuhan. Jahitan kaos yang berkualitas baik pasti terbuat dari satu jenis benang. Pastikan kaos yang Anda pilih tidak memiliki jahitan dengan benang yang tebal pada satu bagian dan benang yang tipis pada bagian lainnya. Selain menjadikan kaos tampak kurang bagus, benang yang terlalu tebal juga akan membuat kain kaos tampak berlubang.

4.     Sambungan yang pas

Kaos terdiri dari potongan-potongan kain yang disambung dengan jahitan. Potongan kain ini dapat terlihat pada bagian ketiak dan bahu. Saat memilih kaos polos, pastikan sambungan antar potongan kain tersebut pas dan rapi. Jahitan yang bagus akan terlihat lurus dan tidak bergelombang. Semakin kecil lebar sambungan antar potongan kain kaos, maka semakin bagus kualitasnya.

5.     Bentuk dan pola jahitan

Perhatikan bentuk dan pola jahitan kaos yang digunakan pada bagian tertentu.  Kaos polos yang tahan lama biasanya memiliki jahitan berpola rantai pada bagian sambungan leher dan pundak. Pada bagian leher, biasanya kaos yang berkualitas baik akan memiliki jahitan rib dan disambung dengan jahitan bis. Umumnya, pada bagian leher ini terdapat label atau tulisan merek, ukuran kaos dan keterangan produksi.

6.     Sesuai dengan jenis kaos

Setiap jenis pakaian memiliki jahitan yang berbeda. Meski tampak tidak jauh berbeda, kaos polos dan batik memiliki pola jahitan yang berbeda. Biasanya, kaos polos memiliki tipe jahitan lockstitch karena jenis jahitan ini cocok untuk bahan kain yang tebal. Jenis jahitan lainnya yang dapat digunakan pada kaos sesuai dengan kebutuhan adalah chainstitch dan blindstitch.

Mempelajari dan memahami seperti apa kualitas jahitan yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis kaos. Dengan begitu, Anda dapat memilih jahitan kaos yang sesuai dengan kebutuhan dan target usaha Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar