Jumat, 11 Mei 2018

Ramadan Ekstra : Belanja Hemat di Tokopedia



Bulan suci di depan mata. Saya tidak punya resolusi apapun kecuali menyeimbangkan antara ibadah dengan kegiatan jualan online.


Sebagai penjual baju koko anak, bulan Mei ini adalah puncak masa panen. Dari bulan sebelumnya banyak chat yang masuk untuk order. Bulan ini bahkan saya mulai kewalahan. Balas chat dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Ibadah cuma solat wajib thok. Dhuha dan ngaji blassss ga dikerjain. Jangan ditiru ya. Saya sadar banget banjir orderan ini kan dari Allah. Masak malah bikin makin jauh dari-Nya? Tar gak lulus ‘ujian’ kalo gini terus.

Yang chatting sampai tengah malam :D


So, pengennya saya lebih meluangkan waktu ekstra untuk kembali mengerjakan ibadah harian yang sebelumnya rutin saya kerjakan.

Ngomong-ngomong tentang ekstra, ga cuma saya ternyata yang pengen Ramadhan kali ini lebih spesial dari hari-hari biasa. Tokopedia juga.

Adakah pembaca blog ini yang suka belanja di e-commerce ternama di Indonesia ini? Kalau saya sih suka bayar tagihan di sana karena dapet cashback. Hihihi lumayan banget loh kalau dikumpulin bisa buat belanja.

Ini ada beberapa tips yang semoga bermanfaat untuk menghemat anggaran belanja online kita

1.       Bandingkan harga dari beberapa toko online
Di Tokopedia, kita akan sangat mudah membandingkan harga produk yang kita butuhkan. Cukup ketik produk yang kita inginkan di kolom pencarian, nanti akan muncul begitu banyak alternatif yang bisa kita pilih. Tidak harus memilih produk termurah. Perhatikan juga rating toko dan yang paling penting harga harus sesuai dengan kualitas yang sesuai standar kita.

2.       Dukung produk made in Indonesia
Memiliki barang berkualitas tak harus selalu dengan beli barang branded yang harganya sangat mahal. Di Tokopedia kita bisa menemukan beragam kreator lokal yang produk-produknya tak kalah bagus dengan brand terkenal dunia. Dari segi harga pun biasanya lebih terjangkau.

3.       Cari toko online terdekat
Saya pribadi cukup sering menerapkan ini. Kadang saya menemukan ada toko yang lagi promo diskon yang menarik, tapi saat saya cek lokasinya... duh jauh amaaat. Ongkos kirim jadi mahal. Kemudian saya bandingkan dengan toko lain yang jual produk yang sama. Meski toko lain menjual dengan harga normal (tidak diskon), tapi saat dihitung dengan ongkir, total transfernya jadi lebih murah.
Untunglah di Tokopedia kita mudah melihat lokasi pengiriman dari setiap toko. So, selalu pertimbangkan juga lokasi penjual ini.

4.       Pilih cara pembayaran yang paling sesuai
Enaknya belanja di Tokopedia itu salah satunya adalah karena pilihan pembayarannya bervariasi. Saya sih biasanya transfer bank. Tapi kita juga bisa bayar dengan saldo Tokopedia, kartu kredit, cicilan, hingga bayar di minimarket.

5.       Pilih metode pengiriman paling pas
Paling enak pakai ekspedisi apa sih? Tergantung kebutuhan tentunya. Kalau ongkir reguler mahal dan kita tidak sedang buru-buru, kita bisa pilih ekspedisi termurah. Tapi kalau urgent banget membutuhkan sesuatu, sekarang udah lazim orang pilih jasa transportasi online. Apalagi kalau lokasi penjual satu kota dengan pembeli.

6.       Manfaatkan event promo dan diskon
Biasanya yang namanya promo diskon ga pernah dilewatkan sama emak-emak. Maklum, sebagai menteri keuangan keluarga, sebisa mungkin dengan budget terbatas kita bisa membeli sebanyak-banyaknya barang. Heuheu

Nah, asyiknya nih di Tokopedia selaluuu saja ada promo diskon. Apalagi pas bulan Ramadhan nanti. Tokopedia sudah menyiapkan rangkaian promo sepanjang bulan puasa untuk supaya Ramadhan kali ini makin ekstra.


Plus, bakal ada kejutan juga tanggal 25 Mei nanti. Wuiiiih.. kejutan apakah itu? Pastinya bakal bikin Ramadhan ekstra jadi semakin ekstra ^^


Mulai sekarang yuk kita coba bikin daftar kebutuhan apa sih yang perlu dibeli. Boleh juga mulai browsing di Tokopedia dan klik wishlist di produk yang kita inginkan. Siapkan uang di rekening dan siap-siap dengan kejutan spesial di tanggal 25 Mei di Tokopedia!


1 komentar:

  1. Gak sabar nungguin kejutan tanggal 25 :D. Pasti banyak promo dan diskon.

    BalasHapus