Senin, 11 Desember 2017

Travelling ke Cirebon Yuk!

Cirebon. Kota ini adalah kota ketiga di Jawa Barat yang pembangunannya berkembang pesat setelah Bandung dan Bekasi. Bidang pariwisatanya pun semakin meningkat, terlihat dari semakin bertambahnya pelancong yang mengunjungi kota ini.

Mudahnya akses menuju Cirebon membuat kota ini jadi salah satu destinasi wisata pilihan. Dari Jakarta misalnya, hanya 3 jam perjalanan menggunakan kereta api Cirebon Express.

Objek Wisata Populer di Cirebon


Beberapa lokasi wisata yang yang terkenal antara lain sebagai berikut:

1. Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan & Keraton Kanoman

Keraton-keraton ini adalah salah satu bangunan paling bersejarah. Keraton Kasepuhan dibangun sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochamad Arifin II (cicit Sunan Gunung Jati). Terletak di Jl Jagasatru, Keraton ini mudah ditemukan.

Di dalamnya, terdapat museum dimana kita dapat melihat koleksi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Kita juga dapat menyaksikan akulturasi budaya Jawa, Sunda, China, India, Arab dan Eropa pada detail bangunannya.

Harga tiket saat weekend dan libur nasional untuk umum Rp. 20.000 dan Rp. 15.000 untuk pelajar. Bagi yang ingin ditemani pemandu, siapkan juga tip Rp. 20.000- Rp. 50.000.



Sumber foto: http://www.cirebonkota.go.id/sejarah


Selain Keraton Kasepuhan, ada pula Keraton Kanoman. Keraton yang terletak di Jl Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk ini dibangun pada  tahun 1588 oleh Pangeran Mochamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I.

Di sini kita juga dapat melihat aneka peninggalan sejarah, antara lain Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana.



Sumber foto: http://www.cirebonkota.go.id/sejarah

2. Wisata Belanja di Pusat Batik Trusmi

Cirebon merupakan salah satu sentra batik di Jawa Barat selain Indramayu, Tasikmalaya, dan Garut. Motif batik yang khas dari Cirebon adalah Megamendung yang berbentuk seperti awan, sang lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

Sentra Batik Trusmi adalah pusat perbelanjaan batik terlengkap di Cirebon. Letaknya di kawasan Plered. Di sini, kita bisa membeli aneka macam batik dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 25.000,- hingga ratusan ribu rupiah, sesuai kualitas dan eksklusifitas batik yang kita inginkan.


3. Wisata Kuliner Nasi Jamblang dan Empal Gentong

Nasi Jamblang adalah kuliner khas Cirebon berupa nasi yang dibungkus daun jati, dengan puluhan varian lauk yang bisa kita pilih sendiri. Beberapa lauk favorit misalnya aneka perkedel, cumi hitam (blakutak), sate kentang, aneka pepes, dan lain sebagainya.

Tempat makan yang paling terkenal adalah Nasi Jamblang Bu Nur. Berlokasi di Jl Cangkring II No 34, tempat makan ini selalu ramai.

Selain Nasi Jamblang, kuliner lain yang wajib dicoba adalah Empal Gentong. Makanan berkuah sejenis soto dengan isi daging dan jeroan sapi ini bisa kita temui di beberapa tempat. Yang paling populer adalah di Empal Gentong dan Empal Asem H Apud, berlokasi di Jl Raya Ir. H. Djuanda 24 Battembat, Tengah Tani, Cirebon.


Hotel yang Murah di Cirebon

Untuk akomodasi tempat menginap di Cirebon, kita bisa booking via Airy Rooms. Airy Rooms merupakan jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak. Tersebar di lokasi strategis yang mudah ditemukan, Airy Rooms menjadi solusi bagi budget traveller.

Dengan harga terjangkau yang tak lebih dari Rp. 300.000/malam, Airy Rooms memiliki fasilitas yang oke untuk setiap kamarnya seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih, shower dengan air hangat, air minum gratis, dan tentu saja WiFi.

Booking Airy Rooms bisa melalui website www.airyrooms.com, Android Apps dan iOS Apps. Pembayarannya fleksibel, bisa melalui bank transfer atau kartu kredit. 


Airy Alun Alun Kejaksaan 108 Cirebon
Airy Eco PGC Sukalila Selatan 47 Cirebon


Airy Eco Stasiun Cirebon Siliwangi 87

Masih bingung liburan akhir tahun mau kemana? Yuk ke Cirebon ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar