Senin, 17 Juli 2017

So Good Chicken Nugget Saus Asam Manis

Beberapa hari lalu saat saya pulang belanja dari supermarket, adik saya mengintip kresek dan menemukan nugget So Good di dalamnya. Saya memang sengaja membelinya untuk Kakang (2 tahun 9 bulan).

Tiba-tiba adik saya teringat sesuatu, "Eh, kan ada lomba blog resep So Good. Ikutan aja..!" sarannya.

"Emang nugget bisa dimasak gimana?"

"Ya udah goreng aja. Mau digimanain lagi kan?"

Wahahahaha.. kakak adik sama-sama blank soal mengolah nugget. Selama ini cuma tahunya cukup goreng dan langsung dimakan. Super praktis, ga pake mikir. Ga perlu tambahan apapun juga udah enak toh.

Saat saya ceritakan tentang lomba ini pada Mama, Mama tidak setuju kalau So Good Chicken Nugget digoreng saja tanpa ada tambahan apapun. Apa menariknya?

Beliau menyuruh saya googling dan mencari tahu apa olahan nugget sederhana yang mungkin bisa kami coba masak.

FYI, kalau boleh saya menilai kemampuan memasak anggota keluarga yang perempuan, maka dari angka 1-10 saya akan memberi nilai 8 untuk Mama, 7 untuk adik saya, dan 4 untuk saya. HAHAHAHA

Iya, keterampilan memasak saya masih sangat rendah. Makanya saya sangat berterimakasih pada para pencipta makanan siap saji termasuk nugget.

Karena alasan itu pula, saya pun mencari resep yang paling sederhana diantara resep-resep olahan nugget. Ketemulah dengan resep saus asam manis. Buat yang udah expert masak mah pasti bikin saus ini adalah keterampilan memasak level anak TK saking gampangnya.

Tapi saya (dan Mama) belum pernah bikin saus asam manis sebelumnya. Jadilah kami memutuskan bereksperiman bikin saus asam manis untuk menemani So Good Chicken Nugget biar ga jomblo.




Bahan-bahan :
1 buah Bawang Bombay, iris
3 siung Bawang putih, cincang
Setengah botol kecil Saus Tomat
3 sendok makan Saus Sambal
2 buah Wortel ukuran sedang, potong dadu kecil
100 gr Kacang Polong
3 sendok makan Minyak untuk menumis
2 gelas air 
Sedikit garam dan gula
16 buah So Good Chicken Nugget Original 
(Untuk 5 porsi)

Idealnya sih pakai tepung tapioka dan perasan jeruk nipis. Tapi berhubung 2 bahan gini ga ada, ya udah seadanya saja. Heuheu..


Cara memasak saus asam manis:
Panaskan minyak
Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga wangi
Masukkan wortel dan air, masak hingga wortel agak lunak
Masukkan saus sambal dan saus tomat
Masukkan sedikit garam dan gula
Terakhir, masukkan kacang polong
Aduk hingga merata


Udaaaah. Gampang kan ya? Hihihi

Rasanya enak loooooh, meskipun sepertinya kurang banyak sausnya.




So Good Chicken Nugget nya digoreng biasa secara terpisah. Saus Asam Manisnya dituang di atas nya :)

Hasil masakan langsung ludes dalam sekejap. Terutama oleh si bungsu yang kecapekan setelah pulang pergi naik KRL dari Depok-Bogor demi beli seblak tapi ternyata warung seblaknya udah tutup. Cian..



Thanks to..
- Mama yang udah bantuin masak (sampai bikinin hiasan bunga dari tomat)
- Abang Yusuf yang bagian foto-foto
- Adek Rama yang bagian ngabisin paling banyak :D
- Nurul yang udah infoin lomba kreasi masak So Good ini
(Anyway, lombanya sampai tanggal 23 Juli 2017. Ikutan ya! Ada hadiah kamera dan smartphone loh. Info lengkapnya di sini https://bloggerperempuan.co.id/sogood )


Demikianlah postingan masak dari saya yang newbie ini. Semoga memotivasi saya untuk belajar masak lebih giat. Mohon aminkan sama-sama..

3 komentar:

  1. hai Sinta salam kenal ya.. Sama lho, saya juga ga lago masak meski dah jadi ibu2. Tapi menurut saya yang penting sudah ada kemauan, kan lancar kaji karena diulang yaa.. ntar lama2 jadi bisa sendiri.
    Goodluck ya

    BalasHapus
  2. Ada thanks to-nya ya ^_^
    Mau dong cicipin masakannya mba Sinta

    BalasHapus
  3. saus asam manis ini favorit saya. enak ya dikreasikan dengan nugget. terima kasih ya mbak sudah berbagi resepnya. Suka nulis tentang resep dan kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya jutaan rupiah. Cek https://belanga.id/kangenibu/ jangan lupa follow Instagram @belangaindonesia dan like Page FB Belanga Indonesia :)

    BalasHapus