Senin, 10 Juli 2017

Penyebab Anyang-Anyangan dan Solusi Mengatasinya

Anyang-anyangan? Makhluk apa itu? Setahu saya sih kata anyang-anyangan dipakai oleh sepupu-sepupu kecil saya untuk menyebut permainan masak-masakan (dalam bahasa sunda). Heuheu..

Tapi ternyata ada makna lain yang 'menyeramkan' loh. Anyang-anyangan adalah gejala awal infeksi saluran kemih, yaitu rasa ingin buang air kecil terus-menerus namun hanya sedikit yang keluar. Hiiiii >_<

Saluran kemih perempuan secara anatomi rentan diserang bakteri E-Coli. Jika kamu merasakan gejala anyang-anyangan, jangan remehkan. Tidak mau kan, terkena infeksi saluran kemih?

Gejala lain yang mungkin muncul adalah rasa perih dan panas saat buang air kecil. Seringkali ini terjadi karena suka menahan pipis.

Selain disebabkan oleh infeksi saluran kemih, keinginan untuk buang air kecil terus-menerus bisa disebabkan karena terlalu sering minum minuman berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa pula karena sedang dalam proses kehamilan, cemas, otot destrusor tidak stabil, pembesaran prostat, serta hipertnisitas dasar panggul.

Sistem saluran kemih manusia terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu infeksi saluran kemih bawah yang terjadi pada uretra dan kandung kemih, atau infeksi saluran kemih atas yang terjadi pada ureter dan ginjal.

Ciri-ciri infeksi saluran kemih bawah antara lain ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin keruh, dan bau urin yang menyengat.



Sementara ciri-ciri infeksi saluran kemih atas adalah nyeri pada bagian selangkangan, mual dan demam.

Untuk lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa gejala Anyang-anyangan yang perlu kamu waspadai:

- Hasrat berlebih untuk pipis
- Frekuensi BAK sering, dengan volume sedikit
- Pada wanita, terasa nyeri di bagian panggul
- Pada pria, terasa nyeri di bagian anus
- Perih saat BAK
- Urin berbau menyengat, agak pekat, kadang mengandung darah.
- Merasa lelah dan kurang sehat
- Demam


Bagaimana Mengatasi Anyang-Anyangan?

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak buah Cranberry yang didalamnya mengandung Proantocyanidin. Proantocyanidin memiliki khasiat mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Sejak jaman dahulu, tanaman ini sudah terkenal khasiatnya. Saat ini Cranberry populer sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan. Cranberry juga mengandung senyawa fitokimia yang dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Untuk kita yang tinggal di Indonesia, bagaimana caranya bisa memperoleh khasiat Cranberry?

URICRAN jawabannya :)

Prive Uricran adalah ekstrak buah Cranberry dalam bentuk kapsul. Ada pula Prive Uricran Plus yang berbentuk serbuk dalam kemasan sachet.



Dengan kandungan alaminya, tak perlu khawatir ada efek samping. Inilah solusi untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Keep healthy,
Keep happy ^^

Sumber gambar : Facebook Page Prive Uri-cran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar