Senin, 05 Desember 2011

Creative Promotion YEA 13: WE WON!

Creative Promotion adalah proyek kedua setelah Selling Competition. Satu kelas (17 orang) dibagi menjadi empat kelompok. Fasilitator membuka kesempatan untuk siapapun (kecuali yang sudah jadi ketua di Selcom) untuk menjadi pemimpin grup di Crepro ini. Empat orang teman saya mengajukan diri. Mereka berempat lalu hompimpa, dan memilih sendiri siapa saja yang mereka inginkan untuk jadi anggota timnya. Salah satu dari mereka, Ripin, menunjuk saya untuk bergabung. Well, makasih loh atas kepercayaanmu, Pin :)

Kami semua diberikan sebuah kasus nyata, tentang restoran Bali yang selama dua bulan terakhir sepi pengunjung. Kami diminta menganalisis usahanya dan membuat strategi promosi yang kreatif dengan (pura-puranya dikasih) budget 2 juta untuk masa satu bulan promosi. Kelompok yang menang akan dipilih oleh sang Manager resto dan hadiahnya makan bareng Pak Jaya Setiabudi (Owner YEA, penulis The Power Of Kepepet), terserah dimana. Hohohohoho... Boleh nih.

Singkat kata singkat cerita... KELOMPOK KAMI MENANG...! \^_^/


The Winners: (Kiri-Kanan) Sinta, Chandra, Ajus, Ripin

Sebenarnya sih, ide kelompok kami gak terlalu istimewa. Saya pribadi merasa data yang didapat masih sedikit dan kurang mendalam. Tapi kami (terutama saya) menomorsatukan efektifitas. Jadi kami rekomendasikan untuk optimalisasi sosial media dan membuat event untuk mengundang crowd. Eventnya pun lumayan asik (menurut saya): Bali Dance Performances! (gini-gini saya mantan penari Bali loooh ;p). Alhamdulillah sang owner ngasih nilai maksimal (5) masing-masing untuk poin Efektifitas & Kreatifitas ide. Yes!

Pengen cerita di balik layarnya nih.

Segera setelah proyek Creative Promotion diumumkan, saya menerima info kalau Hima Mankom (jurusan saya dulu) ngadain seminar Creative Digital Marketing. Pas banget! Saya pun merelakan kocek demi mencuri ilmu dari sana (dan memang beneran terpakai di crepro!).

Saya juga konsultasi dengan sahabat saya yang lumayan ekspert soal Advertising. Lumayan.. kepake juga idenya.

Tapi salah satu rahasia paling gedenya sih..
saya sudah pernah dikasih tugas kayak gini! Hahahahaha.. mata kuliah Komunikasi Konsultatif. Bikin strategi marketing juga, sampai begadang, sampai menginap di kampus. Lebih dahsyat, lebih susah dan lebih "ancur". Gagal banget waktu itu. Tapi cara dan proses berpikirnya ya sama. Produknya apa, cocoknya buat target pasar yang seperti apa, dan bagaimana mengkomunikasikannya biar sampai ke target yang dimaksud.

Tentunya gak dipungkiri, ilmu dari YEA-nya juga terpakai. Kritis banget fasilitator kami. Harus detail, harus jelas, harus kena sasaran, dsb. Lumayan bikin stres lah.

Senangnya, kelompok saya santai. Terutama karena ketua kelompoknya juga "slow". Di banding kelompok lain, kelompok saya yang durasi ngumpulnya paling sedikit. Hwkwkwkwkw. Bagi saya itu penting banget. Kenapa? Karena kuliah di sini sangat amat padat sampai-sampai susah ada waktu buat diri sendiri *aih*. Jadi kalau gak ngumpul kelompok, kan saya bisa refreshing gitu loh. Hohohohohoho...

Ngomong-ngomong tentang kelompok, saya dapat tim yang oke banget. Ada Ripin, sang ketua yanggood listener dan jago desain. Ada Chandra yang berwawasan luas dan kreatif buanget dapat ide "Yes We Ikan" dan "Ikan Perjuangan" (jangan tanya apa maksudnya. Cuma Allah yang tahu :D). Ada Ajus juga yang karena dari Bali, ngerti banget gimana narik anak muda buat ke Lounge & Bar nya tuh restoran. Kalian semua keren, guys! :bd


Intinya.. hari ini saya senang sekali. Siap-siap mimpi indah ah... Bakal ditraktir makan di mana ya.. hmm... :)

Oya, kalau mau belajar tentang materi promosi, bisa beli YEA Virtual Modul 2 ini ;)

1 komentar:

  1. ehem...congratz for new domain.... mau donk. caranya gmn? bayar ya?hahahaha

    bisa kali ya dibagi2 cara2 creponya,,, maklum nih ane newbiee jugaaaa...:p

    BalasHapus