Selasa, 27 Desember 2011

Cashflow Game

Agenda kelas hari ini adalah bermain Cashflow Game! Keren banget permainannya. Game ini diciptakan oleh Robert T. Kiyosaki berkaitan dengan bukunya yang berjudul The Cashflow Quadrant. Kita belajar mengatur arus kas sebagai seseorang yang bekerja aktif, kemudian sedikit demi sedikit mengumpulkan passive income hingga nilainya lebih dari total biaya (pengeluaran) per bulan dan bergelar bebas finansial, terus “main-main” di investasi sampai kekayaan kita berlipat-lipat dan meraih impian. Cool!

Maaf foto agak blur karena blur adalah fitur *alibi* :p

Sekilas game ini mirip permainan Monopoli. Ada papan bermain, uang-uangan, melempar dadu, menjalankan bidak, pemberian gaji, transaksi dengan bank, kartu-kartu peluang dan pengeluaran (kalau di Monopoli ada Kesempatan dan Dana Umum). Bedanya, di Cashflow Game kita bisa punya anak (semakin banyak anak, pengeluaran bertambah :D), bisa di-PHK, dan kalau cerai uang kita ludes (saya ga ngerti apa hubungannya cerai dengan uang ludes. Udah jatuh tertimpa tangga pula itu mah yak. Ckckck…).
Cara ngumpulin uang? Ada gaji, saham, real estate, dan bisnis. Pinter-pinter lah kita mengalokasikan uang tunai yang kita punya untuk investasi. Siapa yang nanti pada akhirnya berhasil meraih impian atau mencapai pertambahan cashflow 50.000 dolar, maka dialah pemenangnya.

Juara pertama di kelompok saya. Kalau udah jadi milyuner dan bebas finansial, tidur pun uang tetap ngalir. Enak toh? Siapa mau? ;)
Dari lima orang pemain (dalam satu papan), saya meraih juara keempat! *jiaaaaaah. Hahahaha.. Eits, gapapa dong. Yang penting saya berhasil meraih impian saya: Menghadiri Festival Film Cannes! Cihuuuy!

Bidaknya berbentuk tikus. Di sebelahnya itu adalah keju untuk menandai petak impian kita :D. Btw, saya mau ke festival film di luar negeri bukan sebagai aktris yah. Tapi sebagai kru di balik layar. Penting tuh dicatet :p
Kata fasilitator, kami akan memainkan game ini lagi nanti setelah menerima materi Accounting for Business Owner (bisa dipelajari di YEA Virtual Modul 3). Siiip..!

Kalau kamu penasaran dan pengen nyoba game ini, main aja ke YEA, Jl Teuku Angkasa No. 26 Bandung. Ajak teman-teman kamu, sediakan waktu seharian dan uang 50ribu perak per orang *gubraaaks!* :p Eh tapi ini seriuuuus. Kalau tertarik, mention aja saya di twitter yak (@sintamilia), kita kopdar dan main bareng ;)

Seeya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar