Sabtu, 08 Agustus 2009

Buku-buku yang dibaca bulan Juli 09




Selama bulan Juli kemarin, ternyata banyak juga buku yang aku baca. Bisa nih, jadi Bulan Membaca Sedunia (Dunia Sinta pastinya.. haha)
Buku-buku yang aku baca selama bulan Juli:

1. Septimus Heap: Magyk
Baca buku ini mengingatkan aku pada The Lord of The Rings dan Harry Potter. Kalau TLOTR untuk dewasa, HP untuk remaja, maka SH ini untuk anak-anak, jadi kayak The Chronicles of Narnia. Hyaaaa.. Bingung?

Gini loh.. yang bikin ingat TLOTR: Peta di awal buku, kastil, rawa-rawa, makhluk air, dan cincin yang memiliki kekuatan yang dicari-cari musuh untuk meraih kekuasaan.
Yang kayak HP: anak laki-laki keturunan penyihir yang bertahan hidup, selama sepuluh tahun hidup tanpa orangtua, ada sekolah sihir, ada satu keluarga dengan tujuh anak dengan si bungsu satu-satunya cewek (Weasley banget kan tuh? Ada anak kembarnya juga, lagi!)
Tapi karena untuk anak-anak, buku ini jadi kurang seru buat aku. Musuhnya itu loh..aku sama sekali gak merasa dia berbahaya.. Cemen banget.. gak ada ketegangan pas protagonis melawan antagonis..

2. Septimus Heap: Flyte
Satu-satunya alasan aku baca buku ini adalah: sayang kalau ga baca lanjutan Magyk. Tapi ternyata buku ini ga lebih seru dari yang pertama. Mirip Narnia, isinya tentang anggota keluarga yang berkhianat. Disini juga ada pohon bergerak dan berbicara kayak di TLOTR. Dan.. kayak di Eragon, si tokoh utama gak sengaja dapet telur naga dan akhirnya punya peliharaan naga. Ah.. ga rame.. aku sama sekali ga berminat baca lanjutannya: Phisyk. Tapi bolehlah dibaca anak-anak untuk mengenalkan dunia sihir (penting ya? hehe)

3. Bankir Sesa(a)t- Ichanx
Tahu tentang buku ini gara-gara ga sengaja kecemplung di blognya Ichanx. Isi blognya lucu. Dan serunya lagi, aku ga nyangka ketemu dia di kopdar Batagor! Tapi malu ngobrol.. Padahal Ichanx manis loh xp. Tapi ngerokok. Ilfil ah. Piss chanx. I still love you! Tulisan favorit aku: Tips (menghancurkan kegiatan teman) bercinta di malam pertama. Gokil abis. Hahahaha..

4. Kejar Jakarta-Adhitya Mulya
Baca ini.. karena aku belum pernah nonton filmnya.. padahal waktu itu pemainnya pernah roadshow ke Fikom Unpad buat promosi. Selain itu, aku juga udah lama ga baca buku karya Adhitya Mulya. Tapi aku lebih suka buku dia yang sebelumnya: Jomblo dan Gege Mencari Cinta.

5. Rahasia Bintang-Dyan Nuranindya
Novel ini aku pilih karena aku pengen baca karya Dyan selain Dealova yang oke banget itu. Aku lebih suka Dealova ternyata. Rahasia Bintang bercerita tentang kisah cinta sepasang kekasih yang terpaksa putus karena kedua orangtua mereka akan menikah! Ibu sang cewek akan menikah dengan bapak si cowok. OMG.. Ini kan keluarga yang jadi bahan skripsi Pevi.. Sebenernya bisa aja sih, orangtua menikah, terus kakak dan adik tiri menikah. Tapi emang komunikasi keluarganya agak ga enak.. (hasil penelitian Pevi).

6. The Va Dinci Cod-J.R.R.R. Roberts
Plesetan The Da Vinci Code. Berusaha se-ilmiah mungkin kayak The Da Vinci Code. Bisa banget siy, diplesetin jadi ada hubungannya sama ikan Cod. Tapi ga selucu yang aku duga. Yang ada aku malah berkomentar: “Apa seeeeeehh…??”

7. Digital Fortress- Dan Brown
Ah.. Dan Brown emang T.O.P.B.G.T. Tapi.. kalau membandingkannya dengan novel The Da Vinci Code.. dan dengan Film Angel and Demons.. Polanya mirip banget. Diawali dengan pembunuhan.. Tempo cepat.. Orang-orang yang kita kira baik ternyata jahat..Setting di negara-negara Eropa..Pembunuhan berantai..Si tokoh pontang panting kesana kemari.. Memecahkan kode.. Bahaya yang besar, dst. Over all.. Dan Brown belum pernah mengecewakan aku. So, aku bakal baca Deception Point.

8. Rectoverso- Dewi ‘Dee’ Lestari
Yah.. ini sih.. udah aku bikin postingannya duluan disini.

9. Pejantan Dodol-Krismansyah
Aku tertarik dengan cap personal literature di buku ini. Cap itu berarti, buku ini bakal bergaya sama kayak bukunya Raditya Dika. Cerita-cerita lucu yang dialami sehari-hari. Isinya bagus sih… lucu, dan bikin aku senyum-senyum sendiri bacanya. Tapi sayang seribu sayang, aku menemukan cerita dan gaya bercerita yang mirip banget tulisan Raditya Dika dan Adhitya Mulya disana. Bukan menuduh ya.. tapi itulah yang aku rasakan..
Cerita tentang cewek bernama Ina yang dikucilkan, mirip dengan cerita tentang Mbip-nya Kambing. Kalau Mbip bertanya ke guru, “ARTINYA NGENTOT ITU APA SIH PAK?”. Maka Ina bertanya, “KONDOM ITU APA?” dan “IMPOTENSI ITU APA SIH?”
Kalimat Ina yang “Lo suka ya sama dia? Nih gue megang penghapusnya”. Itu MIRIP BANGET sama kalimat cowok menyebalkan berinisial M (lupa aku namanya) yang ada di novel Jomblo-nya Adithya Mulya. Bedanya, kalau ga salah si M bukan megang penghapus, tapi penggaris.
Aaaarrggh. Sebel.
Satu lagi, di sampul belakang buku Pejantan Dodol ini memuat cerita yang mirip dengan yang ada di sampul belakang buku Radikus Makan Kakus. Tentang guru yang membentak murid dengan kalimat ga penting, yang diakhiri dengan adegan:
Satu kelas hening.
Ckckck..

10. Ijo Anget-anget- Blogger Angingmammiri
Lumayan oke juga nih. Meskipun ga semuanya cerita lucu & gokil. Kapan ya, Batagor bikin buku seperti ini?

11. Sendal Jepret Kutu Kupret- Michan
Yang ini.. lumayan lucu.. tapi aku harus baca dengan konsentrasi, coz banyak kata-kata plesetan, perumpamaan, dan majas –majas metafora, hiperbola, dan personifikasi yang berlebihan, yang kalau kita baca cepat-cepat malah terasa ga nyambung.
Buku ini lupa aku taruh dimana (Nah loh..?). Pas aku tanya ke dua sepupuku, mereka menjawab seperti ini.
Sinta : Teh ratih liat buku aku yang Kutu Kupret Sendal Jepret ga?
Sepupu 1: Aku mah ga pernah baca yang kayak gituan..
Sinta: Aa, ngambil buku Sinta yang Kutu Kupret Sendal Jepret?
Sepupu 2: Gak mungkiiiiiinn!
Whahaha.. Kesannya mereka ngeremehin banget tuh buku. Hehe. Sabar ya Michan..

4 komentar:

  1. hooo.... 11 buku???? sebulan???? ckk ckk ckk... nggak mumet baca sebanyak itu??? tealnya berapa halaman mbak??? jahhh kalo aku bisa semaput duluan dahh itu... salut salut...

    BalasHapus
  2. hehe..
    sebagian besar bukunya tipis kok..
    paling cuma Septimus Heap dan Digital Fortress yang lebih dari 300 halaman..

    11 buku itu juga rekor.
    biasanya ga mungkin sebanyak itu..
    :-)

    BalasHapus
  3. buku terakhir yg saya baca :Jejak-jejak Makna itupun ngga sampe abis, baru setengah udah ngantuk.... hahahaha

    BalasHapus
  4. Yah.. kenapa ga diselesaikan..?

    Kalo aku sih, biasanya buku kuliah yang sering ga selesai. Hehe

    Tapi kalo yang namanya novel, pasti dibaca abis meskipun mengorbankan kegiatan seharian
    :p

    BalasHapus