Rabu, 13 Juni 2018

So Good Chicken Nugget Veggie plus Acar dan Sambal Mangga. Sedap!



Kalau liat postingan-postingan di IG dengan hashtag #MasakanRumahKhasRamadhan #SoGoodXbpn saya selalu takjub dengan kreatifitas emak-emak dan ngiler lihat fotonya. Bagi saya yang ga bisa masak, mereka semua keren banget. 

Biasanya kalau sudah kreatif mengolah bahan masakan apapun, itu adalah bukti bahwa mereka sudah terampil dengan kegiatan masak-memasak. Gak kayak saya, yang kalau makan produk nugget ayam So Good cukup digoreng langsung makan kan udah enak toh? Heuheu


“Bikin kreasi apa ya dari nugget So Good?” tanya saya pada ibu mertua suatu hari.

“Bikin nugget isi sayuran aja..” usul beliau. Katanya, di dalam nugget bisa diisi wortel dll sebagai variasi. Hmm.. baiklah. Saya lalu ke supermarket untuk membeli So Good Chicken Nugget dan beberapa bahan lainnya.

Seperti biasa, saya selalu bingung karena varian Chicken Nugget So Good itu banyaaaaak dan sebagian besar belum pernah kami coba. Pengennya sih ngeborong aja gitu, tiap varian dibeli dan dicoba. Sayangnya di rumah mertua ini belum ada kulkas sehingga ga bisa nyetok nugget. Tiap beli nugget diusahakan habis dalam sekali masak. Untungnya sih di sini banyak orang, jadi paling ideal memang beli satu bungkus untuk 1-2 kali makan sekeluarga.

Saat memilih-milih, mata saya tiba-tiba tertumbuk pada So Good Chicken Nugget Veggie. Saya ambil dan lihat lebih detail. Wah, ternyata di dalam nugget ini sudah ada wortel dan kacang polong! Ga perlu diisi manual, ini udah tersedia nugget isi sayuran. Haha..

Saya pun akhirnya memutuskan untuk membelinya. Saya juga membeli bahan-bahan untuk membuat sambal mangga.

Entah kenapa saya mendadak pengen sambal mangga. Mungkin, saat saya sedang berkhayal teman apa yang cocok dimakan sama nugget ayam, yang terbayang adalah sambal dan salah satu sambal terenak menurut saya adalah sambal mangga yang biasa ada di tukang jual ayam penyet dan pecel lele.
Saya penasaran dan ingin mencoba membuatnya. Setelah googling, ternyata bahannya standar saja seperti membuat sambal biasa, hanya saja ditambah mangga #yaiyalah.

Resep Sambal mangga
½ potong buah mangga muda
5 cabai rawit
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
½ potong gula merah
Garam secukupnya
Cara membuat:
1.       Potong tipis mangga. Kalau saya sih diparut, tapi jadinya malah kayak diulek. Wahahaha
2.       Bahan lainnya diulek hingga cukup halus dan jadi sambal standar
3.       Campurkan potongan mangga dan sambal, aduk merata. Sajikan.
---

Sesampai di rumah, ibu mertua cukup surprise juga saat melihat ada chicken nugget So Good isi wortel dan kacang polong. Ya udah, ga jadi deh bikin nugget isi. Xixixi

Akhirnya beliau memutuskan untuk membuat acar untuk teman makannya. Kan seger tuh. Cara bikinnya juga gampang banget. Ini dia caranya:
Resep Acar
1 Buah wortel
1 buah mentimun
3 sendok makan cuka
5 butir cabai rawit hijau
1/4 sendok teh garam

Cara membuat:
1.       Kupas wortel, potong tipis. Kalau bisa pakai pisau bergerigi biar bentuknya cantik
2.       Potong mentimun, pisahkan bagian bijinya. Untuk acar, kita hanya akan mengambil ‘daging’nya. Kulit tidak usah dikupas. Iris tipis seperti wortel.
3.       Campur potongan wortel, potongan timun, cabai rawit dan cuka. Aduk hingga tercampur merata.





Saat waktu berbuka puasa tiba, saya tidak sabar melahap semuanya. Meskipun ini kali pertama saya membuat acar dan sambal mangga, Alhamdulillah rasanya cukup enak. Acarnya segar, sambalnya juga pas, ga terlalu pedas. Rasa manis asam dari mangganya dapet banget. Perfect banget lah buat cocolan nugget. So Good Chicken Nugget Veggie yang udah lezat jadi makin lezat ^^

1 komentar: