Minggu, 07 Januari 2018

Isi Piringku : Komposisi Nutrisi yang Ideal

Senang rasanya berkesempatan  hadir di acara Bincang-Bincang Nutrisi buat si Kecil. Kebetulan saat itu saya sedang liburan 2 minggu di rumah adik di Depok. Jadi untuk ke lokasi acara di Eat & Eat FX Sudirman, Jakarta Pusat, cukup naik KRL plus taksi online. 

Saya ajak Kakang (3th) dan adik saya Yusuf (21 th). Kebetulan Yusuf lagi libur kuliah dan senggang. 

Kami tiba di lokasi sekitar pukul 12 siang. Setelah registrasi dan sholat dhuhur, kami dijamu makan di Eat & Eat. 

Sekitar pukul 1 setelah saya selesai makan, saya titipkan Kakang pada Yusuf, kemudian langsung melipir ke dalam 'kelas' :D


UDAH NELPON NYOKAP?



(Sumber : Dok Pribadi)

Di sesi pertama, ada dua pembicara yaitu Myrna Soeryo (Chief Community Officer Womanation) dan Harry Setiawan (Penggagas "Udah Nelpon Nyokap?"). 

Mbak Myrna menjelaskan tentang Womanation yang ingin memberikan apresiasi dan edukasi pada para ibu. Kali ini dengan menyebarkan gagasan tentang "Udah Nelpon Nyokap?" juga pesan dari Danone Indonesia yaitu "Isi Piringku".

Mas Harry sharing tentang betapa pentingnya menjaga komunikasi, kedekatan, dan kehangatan hubungan dengan Ibu. Apalagi masih banyak dari kita yang melibatkan ibu kandung atau ibu mertua dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk merawat dan menjaga anak.

Wew, saya banget tuh. Yah, meskipun saya tidak menyerahkan anak saya 100% pada neneknya, tapi kalau soal makanan, perawatan saat anak sakit, dan penjagaan saat saya keluar rumah mengurus berbagai keperluan, saya masih sering mengandalkan ibu mertua. Thank you Mamaaah.. Engkau adalah The best mother in law in the world! :D #Gombal

Tak hanya ibu mertua. Ibu kandung (sebut saja Mami) juga tak kalah bawel soal makanan Kakang. Kalau Kakang datang, Mami selalu berusaha supaya asupan makanan Kakang banyak dan beraneka ragam. Beliau juga berusaha mendorong saya untuk lebih telaten ngasih makanan untuk Kakang. Hemmm.. baiklah.

Alhamdulillah saya punya 2 ibu yang baik dan sayang sekali sama Kakang sang cucu. Semoga saya bisa selalu berbakti pada keduanya. Insya Allah, Aamiin..

Menyenangkan hati ibu sebenarnya ga susah kok. Minimal ketika sedang jauh, kita telepon mereka dan menanyakan kabarnya, "Sudah makan Ma? Makan sama apa?":')
 

ISI PIRINGKU

Ngomong-ngomong soal makanan, ternyata komposisi nutrisi ideal yang jaman SD saya tuh namanya 4 Sehat 5 Sempurna, sekarang sudah update loh! Sekarang namanya jadi "Isi Piringku", dimana isi piring makanan kita haruslah terdiri dari 2/3 Karbohidrat, 1/3 Protein, dan 1/2 Buah dan Sayur.

Di sesi kedua yang lebih fokus membahas tentang makanan dan nutrisi ini 3 pembicara yaitu Ajeng Raviando (Psikolog), Aldis Ruslialdi (Nutritionis) dan Wailayati Ningsih (Senior Health & Nutrition Manager Danone Indonesia).

(Sumber: Dok Pribadi)
Dari sharing Mbak Ajeng, saya jadi termotivasi untuk lebih banyak memberi perhatian pada orangtua. Memang saya sudah menikah dan tak lagi tinggal sama orangtua, namun komunikasi tetap harus terjalin. Menelepon ortu tak hanya bertanya sudah makan atau belum, tapi juga memastikan asupan orangtua juga memenuhi gizi agar selalu sehat. Berbakti pada orangtua juga bisa dengan sesimpel berkunjung sambil membawakan makanan kesukaan mereka.

Dari Mas Aldis saya dapat beberapa pencerahan agar bisa memberikan nutrisi terbaik untuk anak. 

Ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu saat berbelanja bahan makanan, saat penyimpanan, saat pengolahan, dan saat penyajian.

Saat berbelanja makanan misalnya, sebaiknya kita lebih mengutamakan membeli bahan yang segar. Kalau pun memilih frozen food, kita harus detail melihat komposisi bahan dan nutrisinya. 
Saat penyimpanan, berikan akses yang lebih mudah untuk menjangkau makanan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan, bukannya keripik kentang dalam kemasan. Heuheu

Kalau dari Mbak Wailayati saya jadi tahu bahwa Danone Indonesia selain mendukung gerakan pemerintah "Isi Piringku", juga mengagas kampanye Alimentation Revolution. Danone mengajak seluruh masyarakat untuk melindungi dan menjaga kesehatan setiap orang sekaligus merawat kelestarian bumi.

Hubungannya apa? Erat banget! Misalnya kita membuang sampah sembarangan, atau ke sungai yang pada akhirnya mencemari laut. Ikan-ikan bisa terkena racun dan dampak negatifnya kembali ke kita jika kita mengonsumsinya.

---

Saya mendapatkan beberapa pencerahan dari para narasumber yang mengisi materi di acara ini. Semoga Womanation bisa menjadikan acara seperti ini jadi kegiatan yang berkelanjutan.

Oiya, buat yang belum tahu, Womanation merupakan komunitas perempuan di bawah naungan Arka Media Network. Komunitas ini sudah berdiri selama 1 tahun dan bertujuan memberdayakan perempuan dari berbagai macam bidang dengan visi "Empower Woman, Empower Nation."


Terimakasih banyak kepada panitia dan seluruh pembicara. 

Semoga semua ibu berkomitmen untuk selalu memberikan segala yang terbaik untuk buah hati. Salam sehat ^^

Sehat selalu, Kakang!

Maaf agak berantakan, gara-gara Kakang ga mau diam :D

NOTED

Pose dulu :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar