Sabtu, 21 Oktober 2017

Kakang 3 Tahun, YEAY

OMG..

Kerasa banget waktu cepat berlalu. Perasaan kemarin dia masih nenen, masih merangkak-rangkak, sering jatoh saat belajar jalan, pernah sampai benjol 3 di kening. Huahahahahaha

Sekarang? Wuiiiih..

I'm so proud




1. Perkembangan bahasa pesat.

Dia adalah orang paling bawel di rumah. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, ngoceeeeh mulu. Kalau tengah malam belum tidur, ya udah suara dia aja yang kedengeran di rumah (anggota keluarga lain udah pada tidur).

Kadang saya mikir, dia mewarisi sifat ceriwis ini dari siapa ya? Ayah ibu termasuk pendiam. Enin Engking pendiam. Kakek pendiam. Nenek.. ya mungkin dari neneknya (ibu saya). Eh :p

Kalau bercerita, udah bisa 2-3 kalimat lengkap yang panjang.
Kalau denger orang ngomong apa, atau lihat iklan sekali aja, dia suka niruin.

Paling lucu kalau lagi tidur-tiduran santai di kasur, terus dia tiba-tiba ngoceh random,

"Jangan jadi ibu yang lain. Jadilah ibu Dettol!"

"Jede ai di, dijamin owi!" Ori, maksudnya.


2. LULUS TOILET TRAINING

Aduuuh, ini dia yang paling wajib dirayakan. Gimana enggak, kami mulai toilet training saat usianya pas 2 tahun. Saya pikir kayaknya bisalah lulus dalam 1-2 bulan saja, soalnya saya kan full di rumah. Jadi intensif.

Ternyata enggak.

Awalnya saya suka kesal saat dia masih aja pipis dan pup di celana, padahal dia hafal di luar kepala kalimat saya ini sekaligus intonasinya,

"Pipis itu di kamar mandi ya. Pipis di celana itu salaah.."

Seorang teman bilang bahwa untuk toilet training sebaiknya menurunkan ekspektasi. Ya udahlah, dari situ saya pasrah. Saya ga targetin berapa lama. Yang saya prioritaskan adalah bagaimana agar selama dia belum lulus toilet training, saya tetap sabar dan ga pake ngomel.

Butuh beberapa bulan buat Kakang sampai akhirnya tidak pipis dan pup di celana saat siang hari.

Nah, kalau malam, saya galau.

Pengalaman orang lain sih, katanya anak mesti dibawa ke toilet saat tengah malam/dini hari untuk buang air. Tapi menurut saya, itu berarti ngeganggu tidurnya dong?

Saya aja mungkin ga suka kalo dibangunin pas tidur. Kalau Kakangnya ga mau dan malah nangis tengah malam gimana? Kan berabeee

Saya sampai mempertimbangkan beli sprei anti ompol (meski akhirnya ga jadi). Saya menyiapkan mental untuk jemur kasur tiap hari. Heuheu

Ternyata yang terjadi jauh di atas ekspektasi. Dari awal lepas diapers malam (pertengahan september) sampai hari ini, ngompolnya cuma 1x, karena ga pipis sebelum tidur.

Selebihnya amaaan. Bahkan saat paginya Kakang bangun tidur saya tawari ke toilet, sering menolak karena dia merasa belum ingin pipis.


3. Lepas dot

Saya sudah lama mendengar bahwa sebaiknya anak tidak diberi susu dalam dot setelah disapih. Menyapih dari dot konon akan lebih sulit daripada menyapih dari ibunya. 

Saat saya menyapih Kakang di usia 2 tahun, sebenarnya ga mau menggantikannya dengan dot. Tapi saya gak enak sama eninnya Kakang yang selalu ngasih Kakang susu dalam dot. 

Pasrah, lagi..

Nah, menjelang usia 3 tahun, saya ingin Kakang gak ngedot lagi. Kalau dia minta susu, saya kasih dalam gelas dan sedotan. Eh, dia mau mau aja tuh. Emang sih awalnya dia sempet minta pakai dot. Tapi saya tolak dan saya sodorkan gelas +sedotan. Dia lalu minum dengan besar hati. Wahahahaha

Gampang amaaaaat.

Cuma modal botol minuman yang lucu-lucu, biar dia semangat minum dari situ. Lama kelamaan gak harus pake yang lucu-lucu. Pakai gelas biasa juga dia tetap mau. YEAY



Indah sekali ya hidup saya? Hakhakhak

Biar ga dianggap terlalu perfect #halah, saya perlu tuliskan juga kekurangan Kakang yang bikin saya sedih nih.

1. Gigi Keropos

Empat gigi depan atasnya keropos berat. Dua diantaranya nyaris tak bersisa. Ga ngerti dah kenapa. Perasaan rajin deh saya bersihin giginya T_T

Dua gigi geraham bawah juga terlihat agak berlubang. Saya ga bisa bayangin kalau mesti ke dokter gigi. Kakang tiap ketemu dokter selalu nangis kejer udah kayak lihat hantu.

2. Berat badan minim
Saya pernah baca di sebuah website, katanya berat anak 2 tahun yang ideal itu 4x berat saat lahir. Nah, Kakang lahir dengan berat 3 kg. Harusnya berarti usia 2 tahun, beratnya 12 kg kan? Ini usia 3 tahun kayaknya belum nyampe segitu T_T. Masih di angka 11 kilo koma sekian. Huhuhuhu

Padahal porsi makan kayaknya normal. Mau nyalahin siapa juga gak bisa. Karenaaaaa saya sendiri kurus . Apa Kakang mewarisi gen kurus saya yak? :(




3. Belum mau makan sendiri

Kecuali makan buah-buahan dan cemilan yang mudah dipegang, Kakang maunya disuapi terus. Padahal anak lain usia 2 tahun udah terampil makan nasi sendiri. Kakang ga mau karena takut tumpah T_T

Mungkin iya sih, saya pernah ngajarin dia untuk rapi saat makan. Pernah menegur juga saat dia makan sendiri dan berantakan. Tapi mbok ya jangan sampai trauma gitu loh Kang :(

Kemudian saya udah sering bilang, "Gapapa kok tumpah. Nanti Ummi yang bersihkan.." dan kalimat bujukan lain tapi belum mempan. Dia tetep minta disuapi bahkan bisa sampai nangis saking ga mau makan sendiri.

Huft -__-




Ya sudahlah, semoga Umminya tetap sabar dan Kakang pun semangat mandiri. 
Fight!




2 komentar:

  1. Selamat untuk toilet trainingnya ya kakang :)

    BalasHapus
  2. memang sangat indah ya mengurus anak jika kita nikmati dan jangan mengeluh. dengan melihat langsung proses pertumbuhan anak terlebih juga kita dapat mengawasi anak saat bermain atau menonton dan memberikan pengertian jika itu salah...

    BalasHapus