Selasa, 09 Mei 2023

Tiba-Tiba BPJS Kesehatan Kami Gratis

"Ibu, ini status BPJS nya non aktif karena premi." begitu info petugas puskesmas saat aku mendaftarkan Sky berobat tanggal 17 April lalu.

Jujur aku sempat kaget, karena aku disiplin banget bayar iuran tiap bulan.

Lalu aku ingat, sejak bulan Maret, setiap aku mau bayar BPJS, selalu gak bisa dengan keterangan "Tagihan sudah lunas." 


Oh ya, aku bayar via Tokopedia menggunakan virtual account.   

Selama bertahun-tahun, tidak pernah ada masalah. Kami membayar untuk kelas 3, sejumlah 35 rb/orang jadi untuk 4 orang anggota keluarga totalnya 140 ribu/bulan. 


 Sampai bulan Juli 2022, semua normal.

Lalu pada bulan Agustus, tagihannya menjadi 70 rb (72,500 termasuk admin)

Waktu itu aku pikir, mungkin lagi ada diskon atau subsidi. Soalnya waktu jaman covid pernah dapat subsidi tagihan listrik. Belakangan aku baru tahu, ternyata itu tagihan untuk 2 anggota keluarga.



Sampai bulan Februari aku bayar iuran. Bulan Maret udah ga bisa.

Karena takut BPJS nya gak bisa dipakai, aku cari caralah untuk dapat info.

Enaknya siy ke kantor BPJS ya, tapi info terakhir yang aku dengar, kantor BPJS Sumedang tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan (tutupnya sejak jaman covid merajalela).

Aku coba lewat WA, tapi disuruh isi form gdrive yang super lemot ga kebuka-buka. Skip!

Lalu via official Instagram @BPJSKesehatan_RI

Maap min tapi jawabanmu kurang memuaskan

Akhirnya aku download aplikasi JKN Mobile dan menulis pengaduan. Jawabannya bikin SURPRISE!


Auto googling apa itu PBI


Di satu sisi senang gak harus bayar iuran, tapi sedih cuy masuk 40% golongan terbawah :')

Nah, tapi itu belum menjawab kenapa puskesmas bilang BPJS Sky non aktif. 

Masih di aplikasi JKN Mobile, aku klik menu Info Peserta dari akun atas namaku, ternyata cuma ada aku dan Kakang.

Lalu aku login atas nama suami, klik menu Info Peserta lagi, dan ternyata cuma ada pak suami

Lalu SKY nya dimanaaaaa?

Akhirnya minta info lagi:


Status kepesertaan beda! Itu dia kata kuncinya. 

Aku pun cek tagihan lagi di Tokopedia. Kali ini gak memasukkan nomor virtual account, melainkan nomor kartu BPJS Sky. Daaaaan jreng jreeeng!

Muncul tagihan total 105 rb. Aku yakin ini 35 ribu dikali  3 bulan yaitu Maret, April, Mei.

 


Ya udah gapapa, lega sekarang.

Langsung kubayar tagihan itu, jadi ga khawatir lagi deh kalau harus berobat ^^


Yang masih jadi tanda tanya, kenapa Sky statusnya beda sendiri ya?

Mungkin dia masuk 60% golongan teratas, karena dia punya sugar mommy dan sugar daddy

Halaaaah hahahahaha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar