Jumat, 02 Juli 2021

Mengenal Bahasa Cinta Anak

Beberapa hari lalu saat lagi scroll-scroll Tiktok, saya menemukan postingan seorang ibu yang bercerita tentang pengalamannya memberikan lembar Fun Facts About Mom pada anaknya untuk diisi. Katanya dari lembar itu kita bisa mengetahui bahasa cinta anak. Jawaban anaknya di lembar itu sangat mengharukan bagi sang ibu. 

Penasaran, saya cek kolom komentarnya dan dapatlah info kalau lembar itu bisa didapat di Google dengan kata kunci Fun Facts About Mom sheet

Cuss saya langsung cari, dan dapat!

Karena saya gak punya printer, akhirnya saya salin aja di buku dan minta Kakang untuk menuliskan jawabannya. Kebetulan soalnya cuma sedikit. Pertanyaannya juga sederhana banget. Cocoklah buat Kakang yang belum genap berusia 7 tahun.

Yuk kita lihat apa yang ditulis Kakang :D



Pertanyaan 1

Q : My Mom's favorite to do is..

A : Draw

Saya ga tau kenapa Kakang bilang saya suka gambar. Emang sih saya ada minat menggambar. Tapi sekarang jaraaaaang sekali saya lakukan. Paling utak-atik desain aja di Canva.


Pertanyaan 2

Q : I love it when my Mom..

A : Cook food

Pengen ketawa baca jawaban nomor 2. Saya tuh ga hobi masak deh. Beneran. Saya paling sering ke dapur tuh untuk goreng nugget kalau Kakang pengen makan. Wkwkwk

Kadang ibu saya ngejek, kalo saya keahlian masaknya cuma goreng nugget. Hahaha

Mungkin Kakang tahu saya ga suka masak, dan melihat saya bela-belain ke dapur demi nyiapin makanan buat dia. Baginya itu so sweet kali ya. Xixixi

Sekarang sih saya dikit-dikit meningkatkan frekuensi masak. Ya kan harus ada peningkatan skill toh?


Pertanyaan 3

Q : My Mom's favorite food is..

A : Cilok

Awalnya Kakang ga tau mau jawab apa. Sampai dia minta pilihan jawaban. Terus saya kasih pilihan jawaban ini:

a. Buah-buahan

b. Mie

c. Nugget

Ealaaah ternyata mendadak dia keingetan kalau tiap ke Bandung saya selalu beli cilok. HAHAHA

Bener sih..



Pertanyaan 4

Q : My Mom is really good at..

A : Draw


Hemm baeklaaah. Aku akan menggambar lagi!


Pertanyaan 5

Q : I think my Mom is funny because..

A : ???

Sudah jelas kalau Kakang tidak menganggap saya lucu -__-


Pertanyaan 6

Q : I know my Mom loves me because..

A : Food

Nah, ini nih. Menurut saya sih jawaban ini menunjukkan bahasa cinta anak. Dari jawaban ini, bahasa cinta Kakang adalah Pelayanan. Dia merasa dicintai saat saya menyediakan makanan (memasak) untuknya.


Pertanyaan 7

Q : My favorite thing to do with my Mom is..

A : Play sweater

Dipikir-pikir, bermain sweater adalah satu-satunya permainan yang saya lakukan bersama Kakang. Sweater Kakang saya bentuk seperti bola, lalu main lempar-lemparan deh. 

Mungkin Kakang berharap bisa melakukan permainan lain juga. Tapi fokus saya saat ini adalah mencari penghasilan. Jadi belum ada waktu untuk nyari ide permainan. Ditambah sekarang lagi hamil besar, semakin sulit untuk aktifitas fisik. Hiks hiks.. Maaf ya Kang..

Dari jawaban ini saya menemukan bahasa cinta Kakang yang lain yaitu quality time


Pertanyaan 8 

Q : My Mom's favorite store is..

A : Cilok store

Tet tot! Salah Kang. Yang benar, toko favoritku adalah.. toko buku :p


Pertanyaan 9 

Q : The one thing I hear my Mom say a lot is..

A : I love you

Aaaaaaakk auto baper :')

Alhamdulillah yang Kakang tangkap adalah ekspresi cinta. Bukan amarah atau omelan. 


Pertanyaan 10

Q : I love my Mom because..

A : She love me

Aw aw aw :')


Saya kirim foto-foto itu ke WA Pak Suami. 

Dia jadi pengen juga tahu pendapat Kakang tentang ayahnya. Akhirnya saya tanya aja Kakang secara lisan dan merekamnya di voice note, lalu mengirimkan hasil 'wawancara' ini ke Pak Suami.




Ternyata yang Kakang paling suka dari ayahnya adalah saat diajak adventure. Daaaan.. perkataan yang paling sering Kakang dengar dari ayahnya adalah I miss you :') (maklum kami Long Distance Marriage). 

Gimana denganmu Mak, udah tahu bahasa cinta anak belum? Di website Ibupedia ada loh artikel tentang 5 Jenis Bahasa Cinta Anak. Wajib baca tuh biar kita tahu apa saja yang perlu dilakukan agar anak merasa kita cintai. Cekidooot ^^













Tidak ada komentar:

Posting Komentar