Minggu, 09 April 2017

Pengalaman Seru Belajar di Mentoring Jualan Online Batch 1 Free

"Aku mau promosiin bisnismu ya.."
"Asiiik. Eh tapi kok tiba-tiba? Ada apa nih?"
"Ya nih aku disuruh orang buat cari produk/jasa buat dipromoin di internet."
"Disuruh orang? Siapa?"
"Gak tau nih aku juga ga kenal,"

Heuheu..

Begitulah kira-kira obrolan saya dengan sahabat lama saat saya mengerjakan tugas Brokerpreneur di Mentoring Bisnis Online (MJO) Batch 1. MJO adalah kursus online melalui grup Facebook yang diselenggarakan oleh Andre Hanusa.

Siapa Andre Hanusa?


Honestly saya juga gak kenal. Saya tahu info MJO dari iklan Facebook (atau dari friendlist yang nge-share ya? lupa). Aneh juga karena saya ngefollow beberapa mastah Internet Marketer di Facebook tapi Andre Hanusa baru kali ini saya tahu namanya.

Toh tetap saja saya daftar dengan dua alasan: PENASARAN dan GRATIS. Xixixi

Oh ya MJO 1 ini digelar bulan September 2016 jadi maap yak kalo ada beberapa hal yang saya lupa dan gak update.

Secara garis besar, di MJO para peserta belajar tentang Search Engine Optimization (SEO) dan FB Ads.

Di sini saya bahas pelajaran SEO aja ya. Soalnya kalau bahas FB Ads juga pastinya bakal panjang banget.

Mas Andre menyebut materi SEO dengan istilah Brokerpreneur. Peserta diarahkan untuk bisa memasarkan produk atau jasa di lingkungan mereka. Produk atau jasa yang dipasarkan adalah yang bertipe KEBUTUHAN bukan KEINGINAN.

Contoh produk tipe keinginan: gadget terbaru, fashion terkini, aksesoris lucu. Apapun yang kebanyakan bisa ditemukan di marketplace.

Contoh produk tipe kebutuhan : bibit tanaman, sewa kendaraan, sewa alat pesta, batu kali, supplier ini itu, apapun yang orang biasanya cari di GOOGLE.

Menentukan produk yang mau dipasarkan lewat SEO buat saya tidak mudah. Saya pribadi sedang jualan baju muslim anak yang menurut saya adalah produk tipe keinginan.

Dari beberapa list ide yang saya buat (salah satunya bisnis teman saya yang saya ceritakan di awal postingan), akhirnya saya memutuskan untuk mempromosikan vila milik Uwak saya di Garut. Kalau kamu hadir di pernikahan saya, itulah lokasi villa Uwak saya. Bisa disewa untuk pernikahan, gathering kantor atau family gathering.

Beberapa materi yang paling saya ingat antara lain:

- Riset Kata Kunci -> Saya pernah belajar ini waktu kerja di Yukbisnis. Cuma dulu hanya mencari tingkat persaingan. Kalau di MJO, tiap kata kunci yang diriset harus disimpan, sorting, kelompokin, dipilah dan dipilih.

- Cara Membuat Blog di Blogspot -> Gampang, saya sudah lebih dari 5x bikin blog di blogspot (sombong #1), yang sampai sekarang masih diisi cuma blog ini doang

- Cara Membuat Postingan Blog dengan mudah dan cepat-> Saya gak ngikutin cara instan. Lebih gampang nulis secara natural. Mungkin karena saya lumayan terbiasa nulis. Saya ngeblog udah 10 tahun (sombong #2) tapi kok belum terkenal ya?

- Teknik SEO On Page -> Ini saya udah tahu juga teorinya sebelum ikut MJO (Sombong #3) tapi hampir ga pernah dipraktekin karena yaaaa saya selama ini ngeblog memang bukan demi nongol di page one. Saya ngeblog hanya untuk curhat. Hidup curhat!

- Teknik SEO Off Page -> Ini kayaknya belum diajarin deh. Gak tahu ya batch berikutnya. Denger-denger sih tiap batch selalu ada tambahan materi.

- SEO on Youtube -> Ini gak ada di MJO 1. Adanya di MJO 2 tapi saya gugur di MJO 2. BHAY


Materi Brokerpreneur ini buat saya gampang-gampang susah. Gampang kalau sekedar bikin blog dan nulis. Tapi yang berat itu adalah
1. Publish postingan setiap hari
2. Kata kuncinya itu-itu mulu. Yang ditulis jadinya ya itu-itu juga. Di sisi lain, gak boleh sama persis biar gak kena duplicate content. Jadi ya putar otaklah membuat postingan yang inti pesannya sama tapi kata-kata dan urutan kalimatnya beda.

Hasilnya gimana?
Selama MJO 1 berjalan sih GA ADA yang menghubungi saya nanyain Villa. Huehehehe..

Tapi saya ga baper.
Saya gak nanya, "Mas kok saya gak ada orderan?"
Bahkan ngecek blog apakah udah page one aja saya gak berani.
Kenapa?

Karena saya ngerjainnya agak ngasal.
Asal setor.
Yang penting ga di-DO.

Untuk yang FREE, syarat agar tetap bisa ngikutin semua materi kan harus selalu mengerjakan tugas. Kalau gak setor, bakal dikeluarin dari grup.
Sementara untuk yang PREMIUM alias bayar, gak ngerjain tugas juga ga akan di DO.

Ada plus minusnya memang. Tapi saya bersyukur ikut yang free. Soalnya kalau gak dipaksa praktek gitu mungkin saya gak akan praktek.

Kalau kamu memang dananya minim (kayak saya) dan punya waktu luang untuk belajar, saya sarankan pilih yang free aja.
Tapi kalau kamu sibuk, sulit menyisihkan waktu ngerjain tugas, dan punya uang, mending pilih premium. Kamu akan dapat semua materi tanpa harus dikejar-kejar deadline tugas.

Kesan saya ikut MJO Batch 1 free rasanya SERU!
Metode "Wajib praktek dan setor tugas atau DO" berhasil bikin saya action terus dan susah tidur. Hahahaha..

Saya takjub sendiri kok bisa ada orang yang saya gak kenal tapi saya nurut aja gitu tiap beliau nyuruh ini itu. Gini kali ya rasanya dihipnotis jarak jauh? #lebay

Waktu MJO 1 dinyatakan selesai, saya puas banget kayak udah selesai main game dan menang. Peserta yang tadinya buanyaaak banget di awal, banyak yang berguguran seiring berjalannya waktu. Kan bangga dong saya jadi salah satu yang bertahan sampai akhir. Yeay!
Yaaa meskipun belum ada orderan tapi at least saya gak penasaran lagi.

Materinya bagus, mudah dimengerti (95% dalam bentuk video, sisanya PDF dan tanya jawab), Mas Andrenya sabar banget menjawab setiap pertanyaan peserta.

Ilmu SEO saya simpan dulu karena saat ini saya sedang ingin fokus FB Ads. Seperti yang sudah saya bilang di atas, produk yang saya jual saat ini (gamis dewasa dan baju koko anak) bertipe keinginan.

Siapa sangka, beberapa bulan setelah MJO berlalu, tepatnya bulan Pebruari 2017, lead pertama datang:




I'M SURPRISED!

Saat saya menerima pesan di Whatsapp itu, saya lupa nama blog vila yang pernah saya buat. 
Saya juga lupa berapa harga sewa vilanya. 
Bahkan saya pun kehilangan nomor kontak uwak saya.
Wakakakakak
(Parah banget lo, Sinta!)

Dan ternyata yang chat ke saya itu bukan orang pertama dan terakhir.
Setelahnya ada juga yang tanya-tanya.

Kendala saya sebagai perantara adalah Uwak lebih senang chat langsung sama calon penyewa.
Beliau bilang sih kalau memang ada yang jadi menyewa, saya akan dapat komisi.

Tapi saya mana berani nagih komisi.
Beliau sudah seperti ibu ketiga bagi saya (setelah ibu kandung dan ibu mertua).

Ya sudahlah, daripada saya juga bingung jawab pertanyaan calon penyewa, saya ganti saja nomor kontak saya di blog itu menjadi nomor kontak Uwak. Iya, jadi itu blog saya 'sedekahkan' ke Uwak. Semoga bermanfaat, banyak yang closing. Aamiiin Allohuma aamiin..


Pengen ngerasain juga serunya belajar SEO dan FB Ads yang memaksamu praktek?

Saat ini sedang dibuka MJO Batch 5 loh. Kalau mau ikutan yang free, simak infonya di sini http://www.andrezone.com/mjo5free/

Selamat belajar ^^




3 komentar:

  1. Tapi lumayan emang ya Mba, nulis sesuatu dengan tema yang sama. Jadi dipaksa buat ngegali ide lebih dalam lagi. Tantangan banget nih. Saya jadi pengen belajar seonya

    BalasHapus
  2. Wah SEO, masih PR banget nih buat aku huhuhu

    BalasHapus
  3. HAi Mbak Sinta. Saya datang ke sini karena baru mau menulis ttg Mbak Sinta (sst yang Arisan Link hehe).

    Keren pengalamannya ini. Suka membaca caranya menulis. BTW, link ke website-nya Mas Andre broken, tuh Mbak. Kalau boleh saran diganti ke home page website-nya saja. Blog Mbak Sinta jadi ketambahan broken link.

    Oke Mbak, saya jalan2 di blog ini dulu, ya :))

    BalasHapus