Jumat, 05 Maret 2021

KPSP Pada Anak Umur 72 Bulan

Hari ini guru Kakang membagikan KPSP Pada Anak Umur 72 Bulan. Saya googling lah, ternyata KPSP itu kepanjangan dari Kuesioner Pra Skrining Perkembangan. Oalah, kemana aja saya selama ini. Baru tahu. Heuheu


Kakang 10 hari lagi tepat 77 bulan. Yuk kita cek gimana perkembangan Kakang dengan merujuk KPSP ini.



Super easy. Kakang memang udah mengerti warna sejak usia 2 tahun :D


Oh ya lupa ngasih tahu. Jadi pilihan jawaban pada kuesioner ini adalah YA dan TIDAK.
Untuk pertanyaan ini, bisa saya jawab YA karena gambarnya ada kepala, tangan, dan kaki. Tapi mungkin karena Kakang kebanyakan nonton video monster di Youtube, yang dia gambar adalah monster orang. 
Alamak!


Sumpaya waktu Kakang 3-4 tahun dia pernah gambar orang yang lebih bagus daripada ini.
Cuma karena dia ga terlalu minat ngegambar, dan saya juga kurang intens mendorong dia gambar, jadi gini deh. Huhuhu


Sejujurnya, TIDAK. Karena yang saya lihat hanya kepala, tangan, badan, kaki (4 bagian tubuh).


Dari 3 pertanyaan di atas, Kakang menjawab benar pada 2 pertanyaan pertama. Pertanyaan terakhir dia jawabannya salah. Heuheu
Saya : "Jika ibu seorang wanita, maka ayah seorang..."
Kakang : ".anak."
Saya : Jika Kinan adalah PEREMPUAN, maka Kakang seorang...
Kakang : "..anak."
OKEH -___-'


Bisa banget ini mah.


Kakang bilang, sendok terbuat dari besi dan pintu terbuat dari wood. Tapi dia sama sekali ga tahu sepatu terbuat dari apa :D


Kalau sekedar mengenakan pakaian sih bisa. Tapi kadang masih suka bingung memposisikan baju bagian depan dan belakang. Untuk celana juga kadang masih terbalik bagian dalam di luar. Hahaha

Kan biasanya kalo ngelepasin celana pas ke toilet itu celananya jadi terbalik, bagian dalam ke luar. Nah, pas pake lagi celananya, ga dilihat dulu, jadi malah terbalik.


Khatam ini mah. Perfect!


Bisa kalau digelindingin di lantai >,<


Sebenarnya ada algoritma penilaiannya. Tapi di lembar kuesioner ini ga ada penjelasan lebih lanjut. Bu guru juga belum kasih tahu apa-apa. Yah, setidaknya keliatan lah ya gambaran besarnya. Harus lebih banyak baca dan nambah kosa kata. Saya juga pengen Kakang lebih banyak menggambar lagi biar kreatifitasnya terasah.

Bagaimana denganmu Bund? Udah cek perkembangan anak? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar