Selasa, 21 Juli 2015

Review Platform Toko Online Jejualan.com

"Mbak, nanti kalau pesanan saya udah dikirim, kabari saya ya."
"Baik Pak, nanti akan kami infokan melalui email."
"Kalau bisa lewat sms saja Mbak, saya jarang buka email."

Oh noooo..!

Itulah salah satu percakapan dengan konsumen saat dulu saya menjadi Customer Service (CS) sebuah toko online. Mengapa saya teriak "Oh noooo..!" dalam hati? Karena informasi pengiriman memang secara otomatis akan terkirim melalui email, bukan melalui sms. Bisa saja sih saya sms sendiri secara manual. Tapi kan yang saya layani gak cuma 1-2 orang per harinya, melainkan puluhan orang. Kebayang dong kalau semuanya minta laporan via sms. Bisa tambah tebal ni jempol. Mengetik sms untuk menjawab pertanyaan dan menerima orderan saja udah pusing pala barbie. Apalagi harus laporan ini itu.

Sekarang saya sudah resign, berencana untuk wirausaha dan memiliki toko online sendiri. Kalau membuat toko online dari nol, pasti mahal deh bayar jasa programmer-nya. Apalagi saya agak gaptek dan ga mau ribet mengurus soal teknis yang penuh coding. Ga ngerti blas. Jadi saya suka mencari tahu gimana caranya supaya bisa punya toko online cepat, mudah, dan harganya terjangkau.

Untunglah ternyata ada loh jasa pembuatan toko online yang setelah saya amati, fitur-fiturnya oke banget, yaitu http://jejualan.com. Salah satu yang saya suka adalah karena Jejualan punya fitur SMS report untuk para konsumen. Kalau via email udah pasti ada juga lah. SMS juga akan terkirim ke no HP pemilik toko online saat ada transaksi. Jadi kalau kita kebetulan tidak sedang online, tetap dapat notifikasi via SMS.


Mendaftar Jejualan sangat mudah. Hanya mengisi form yang terdiri dari 4 kolom yaitu nama, email, no HP, dan nama toko. Kemudian memilih paket apa yang kita inginkan. Begitu klik "Buat Toko", voila! Dalam sekejap toko kita jadi. Saya hitung-hitung, tidak sampai 10 detik proses setup-nya.


Setelah itu, kita langsung berada di halaman dashboard. Di halaman ini cukup menjalankan 5 langkah:
  1. Menambah Produk
  2. Menentukan Desain (tersedia 15-31 pilihan template)
  3. Mengisi data rekening untuk proses pembayaran dari konsumen
  4. Menentukan ekspedisi untuk pengiriman produk
  5. Mengisi halaman kontak

Setelah kelima langkah tadi selesai, kita pun siap berjualan!



Http://jejualan.com memiliki 4 paket yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan. Berikut perbedaan harga dan fitur-fiturnya:

Selain fitur SMS report yang saya ceritakan di atas, ada fitur lain yang bagi saya menarik, yaitu Jasa Upload Produk (paket Gamma dan Delta).

Upload produk itu sebenarnya gampang. Tapi kalau produknya ratusan bahkan ribuan, bagi saya cukup membuang waktu. Kalau bisa didelegasikan, kita bisa menggunakan waktu kita untuk pekerjaan lain yang lebih menghasilkan. Promosi dan menarik trafic, misalnya.


Fitur lain yang bagi saya penting adalah marketing tools berupa Newsletter. Kenapa penting? Karena saya pernah membaca bahwa salah satu channel promosi yang efektif adalah melalui email. Konsumen yang mendaftar newsletter kita berarti tertarik dengan produk-produk kita, dan jika kita mengirim email penawaran yang sangat menarik, kemungkinan mereka untuk membeli cukup besar.

Saya pun mencoba fitur newsletter. Namun saya menemukan ada kekurangan.

Awalnya kita perlu membuat template email terlebih dahulu. Oke, saya pun membuat template email yang berjudul Diskon 50%.


Setelah menyimpan template email tsb, di halaman dashboard saya klik "Kirim Newsletter." Menurut saya, seharusnya ketika saya pilih template Diskon 50%, kolom konten akan otomatis terisi seperti yang sudah saya tulis sebelumnya. Ternyata kontennya kosong. Iseng saya tulis konten yang beda:


 Ketika saya klik "Kirim", previewnya seperti ini:

Kecuali judul, isi konten preview sama dengan template

 Ketika saya ketik "Ya", kira-kira semenit kemudian masuklah pesan ke dalam email yang telah saya daftarkan di newsletter:

Email yang diterima member berbeda dengan yang di preview/template

Semoga Jejualan bisa segera mengoreksinya. Untuk apa kita menulis template email kalau ternyata yang terkirim adalah yang kita tulis manual? Lalu mengapa email yang terkirim ke member berbeda dengan preview?

Meskipun ada ketidaksinkronan, bukan berarti fitur ini jadi tidak bisa dipakai sama sekali.
Solusi sementara sih, mungkin tak usah terlalu serius bikin template email dan abaikan saja preview. Yang penting di kolom terakhir "Kirim Newslettter", tulis konten yang sebenar-benarnya karena itulah yang akan terkirim pada para member.


Ada banyak fitur lain yang menarik namun belum sempat saya coba. Semoga di lain kesempatan bisa saya sharing lagi ya.

Sejauh ini saya cukup puas menggunakan http://jejualan.com versi trial. Soalnya SEMUA yang saya butuhkan terpenuhi di Jejualan: fitur lengkap dan mudah digunakan.

Saya juga sudah pura-pura berperan sebagai pembeli dan proses transaksi pembelian juga enak, sama sekali ga ribet.

Btw saya belum bilang ya kalau saya sudah pernah ke kantor Jejualan? Hehe.. Hari minggu juga ada staf yang standby. Beneran deh layanannya 24 jam!





Jejualan juga punya program menarik buat yang mau penghasilan tambahan, yaitu program Afiliasi. Caranya gampang. Tinggal daftar di http://aff.jejualan.com/, promosikan Jejualan, nanti jika ada yang order paket melalui link url kita, kita akan dapat komisi sebesar 30%.

Sebagai gambaran, misalnya ada yang pesan paket Gamma melalui link url kita. Harga paket tsb 499rb/bulan. Kita akan dapat komisi Rp. 149.700,- (30% dari 499rb). Ada 10 orang aja yang pesan, kita dapat Rp. 1.497.000,-
Lumayan banget kan buat jajan?


Akhir kata, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat ya.
Yang mau gelar dagangan di Jejualan, silakan..
Yang mau jadi affiliate toko online nya juga silakan..
 
Semoga laris dan baaanyaaaaak dapat uangnya. Aamiin..

Good luck ^^

1 komentar:

  1. ternyata sangat mudah membuat toko online di Jejualan, fiturnya juga menarik, kebetulan saya juga ingin punya toko online sendiri, terima kasih infonya

    BalasHapus