Selasa, 26 Mei 2015

Review Buku Bisnis Online Milyaran

Sumber: Yukbisnis.com | Klik untuk deskripsi produk


Judul : Bisnis Online Milyaran
Penulis : @FikryFatullah & @Motivatweet
Tebal : 336 halaman


Suatu hari di sebuah grup facebook  yang saya ikuti, seseorang mengumumkan akan membagikan ebook cerpen gratis. Puluhan orang komentar memberikan alamat emailnya. Terbersit keinginan saya untuk mengumpulkan semua alamat email yang tercantum lalu mengirimkan email berisi promo produk. Untunglah sebelum saya melakukan rencana itu, saya membaca buku ini.

Pernah menerima foto yang di tag sembarangan untuk Anda di Facebook? 
Atau mungkin Anda pernah menerima email yang tidak jelas asal-usulnya, lalu menawarkan Anda berbagai macam barang? 
Atau mungkin Anda juga pernah di-mention seseorang yang tidak Anda kenal di twitter, lalu menawarkan barang yang tidak Anda butuhkan? 
Semua ini adalah termasuk ke dalam aktivitas spamming.(Hal. 21)

Ow. Ternyata kalau saya sembarangan mengirim email promosi ke orang, itu namanya spamming (menyampah), dan merugikan bisnis dalam jangka panjang.

Itulah salah satu materi tersaji di buku ini. Bahwa spamming itu salah dan yang benar adalah dengan membangun audiens terlebih dahulu sebelum menjual apapun.

Selain materi bagaimana membangun audiens (baca: calon pembeli) di dunia maya, buku ini juga memuat materi tentang bagaimana menentukan target pasar, mendapatkan inspirasi untuk membuat konten, beriklan di internet (termasuk menghitung biaya iklannya), melakukan optimasi social media untuk promosi, membangun brand, berhubungan dengan influencer, membangun jaringan offline, dan banyak lagi.

Bagi saya yang baru memulai bisnis online, buku ini memuat materi yang sangat berharga dan sangat bisa menjadi panduan untuk dipraktekkan sehari-hari. Penjelasannya detail, teknis, namun mudah dimengerti. Penulis juga menjabarkan berbagai tools yang mendukung bisnis online kita beserta tutorialnya, lengkap dengan screenshot yang mudah dipraktekkan.

Beberapa tutorial yang termuat dalam buku ini antara lain:
  • Mengetahui apa yang sedang dicari atau diminati oleh target pasar dengan Google Keyword Planner & Google Trends
  • Mengetahui potensi pasar dari demografinya dengan Facebook Ads
  • Membuat banner iklan dengan Canva, dan banyak lagi.


Meskipun saya menemukan sedikit typo dan beberapa istilah asing yang tidak (atau lupa?) di-italic, buku ini tetap menjadi buku bisnis terbaik yang saya baca di tahun 2015 sejauh ini.

Buku yang dapat dibeli di Yubistore ini disusun oleh @FikryFatullah (Juragan Pemasaran Yukbisnis.com) dan @Motivatweet si burung Zuper yang hobi membakar semangat hampir 250ribu followersnya di twitter untuk berbisnis.

Jika Anda berminat untuk berbisnis online, atau sudah memulai bisnis online tapi ingin meningkatkan omset, buku ini wajib Anda miliki.

Happy reading ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar