Minggu, 19 April 2015

Tentang Mamah Mertua Tersayang



Ibu mertua saya (kami menyebutnya Mamah) tinggal di Sumedang, sementara saya dan suami tinggal di Bandung. Sebelum menikah, saya hanya sempat ke Sumedang 1 kali. Suami saya (waktu itu masih calon) bilang kalau orangtuanya membebaskan dia memilih pasangan hidup. Jadi Alhamdulillah proses minta restu berlangsung tanpa hambatan yang berarti.

Setelah menikah, barulah saya makin mengenal beliau. Mamah adalah seorang tukang pijat terkenal di lingkungannya. Setelah beberapa minggu menikah saya belum ada tanda-tanda hamil, mamah menawari untuk memijat perut saya. Oh noooo…
Untunglah 3 bulan kemudian saya positif hamil *fiuh..

Setelah tahu hamil, Mamah dan Bapak (mertua) suka menelepon suami dan menanyakan keadaan saya. Suami sampai cemburu, 
“Kamu terus yang ditanyain. Aku ga ditanyain kabarnya. Padahal kan aku anaknya..hiks..”  Hehe..

Karena di Bandung gak ada ortu, Mamah dan Bapak minta saya melahirkan di Sumedang agar mereka bisa menjaga saya. Mereka bahkan sudah menyiapkan kamar untuk saya dan bayi. Namun karena ada pertimbangan lain, kami memutuskan lahiran di Bandung. Mamah sempat kecewa tapi menerima keputusan kami.

Ketika suatu pagi suami menelepon ke Sumedang dan melapor saya sudah mau melahirkan, Mamah dan Bapak langsung ke Bandung. Selama di klinik, Mamah standby di samping saya, sementara suami mondar-mandir mengurus segala keperluan. 

Tangan Mamah lah yang saya cengkeram kuat-kuat ketika ‘gelombang cinta’ datang. 
Saat detik-detik melahirkan, saya didamping suami di sebelah kanan, dan Mamah di sebelah kiri. 

Mamah dan Bapak ke Sumedang keesokan harinya, kembali ke aktivitas biasa. 
Kurang lebih saat Kakang berusia 1 bulan, Mamah meminta saya dan Kakang ke Sumedang biar beliau bisa bantu mengasuh.

Karena Mamah terus memaksa, dan gak enak karena dulu pernah menolak melahirkan di Sumedang, akhirnya saya dan kakang pun ke Sumedang. 

Bukan main senangnya Mamah (dan Bapak). Saya pun meski sebenarnya sedih banget tinggal jauh sama suami (suami kerja di Bandung), tapi ada senangnya juga tinggal sama mertua. Saya dibebaskan dari tugas domestik apapun. Tugas saya hanya mengasuh kakang. Itupun juga dibantuin. 
Menidurkan Kakang hampir selalu dilakukan oleh Mamah *horeee..  
Kakang rewel? Serahkan pada ahlinya: Mamah. Hihihi.. #menantugaksopan

Mamah dan cucu-cucu tersayang | Maap blur..
Keisengan Mamah (1): Bayi Boboho


Keisengan Mamah (2) : Obsesi pengen cucu perempuan

Semakin mengenal Mamah, saya semakin kagum. Beliau orang yang sangat baik, nyaris tidak pernah marah, super sabar, tabah, dan tangguh. Ia adalah wanita serba bisa, hal yang diakui oleh Bapak. Mamah bisa masak (dulu pernah jualan gorengan dan suka dimintai tolong untuk bantu masak yang lagi hajatan), bisa potongin rambut, memijat, menjahit, bantu bidan nolongin orang lahiran, sampai bikin kue tart!

Ketika Bapak dulu terkena PHK, Mamah pun turut menopang ekonomi rumah tangga, dan dengan sabar terus memotivasi Bapak untuk berusaha. Bapak yang tadinya karyawan pabrik, mungkin malu atau ragu berjualan. Namun dengan ditemani Mamah, Bapak pun bersedia jualan kupat tahu dan bubur ayam dengan gerobak :’) Begitulah dulu, sebelum akhirnya kini Bapak sudah memiliki pekerjaan tetap lagi.

Ah, akan sangat panjang cerita tentang Mamah. 
Semoga saya bisa meneladani keikhlasan, kesabaran, kekuatan, dan ketangguhan Mamah.

Ngebakso bareng Mamah
 Ya Allah, berikanlah Mamah kesehatan, rezeki yang berkah dan berlimpah, serta kebahagiaan dunia dan akhirat. Aamiiin ya Rabb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar