Selasa, 21 April 2015

#BeraniLebih Semangat Setiap Hari

Dulu saat saya kuliah, saya memiliki seorang sahabat yang seriiing sekali berseru, “Semangaaat!”

Terkadang , saya merasa suntikan semangatnya kurang pas. Misalnya saat saya sedang menunggu teman-teman untuk rapat organisasi.
“Duh, kemana sih anak-anak? Pada ngaret semua!” keluhku.
“Semangaaat!” sahut sahabatku.
Nah loh. Lagi bete nungguin orang kok disemangatin?

Saking seringnya ngasih semangat itu, suatu hari saya bertanya padanya,
“Kenapa sih kamu sering bilang semangat?”
“Ya kamu bayangin aja gimana kalau orang gak semangat..”
Hmm..

Saya lalu membayangkan..
Kalau orang datang ke kampus gak semangat.. mukanya akan kusam dan murung, bahu turun, jalan pelan-pelan, dan terlihat lemas. Lalu kalau kita kasih senyum, dia hanya membalas dengan senyum samar. Uh.. rasanya enggan sekali berurusan dengan orang yang seperti itu. Ya gak sih?

Itu kalau dia ke kampus. Kalau tidak, mungkin dia hanya tidur-tiduran di kasur, main hp sambil mendengarkan ‘lagu malas’. Mau jadi apa nanti?

Dari situ saya menyadari, bahwa semangat memiliki peran yang besar bagi keberhasilan hidup kita. Dengan adanya semangat, setiap harinya kita memiliki progress, mencapai sesuatu,  hingga akhirnya meraih prestasi. Jadi semangat itu penting banget!

Namun faktanya, semangat manusia memang sering turun naik. Selain meminta dukungan teman dan sahabat untuk saling menyemangati, berikut beberapa tips agar kita selalu semangat:
  1. Setiap pagi sebelum beraktifitas, tutup mata  dan bayangkanlah kegiatan kita pada hari itu akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
  2. Pasang musik yang ceria. Musik yang bertempo cepat akan menambah semangat. Jangan setel lagu mellow, nanti malah galau!
  3. Sering-sering senyum lebar :D
  4. Berdiri tegak, mata fokus ke depan, dan berjalanlah lebih cepat. Tanpa sadar otak akan menyesuaikan dan memberi energi lebih pada tubuh.

Background Image: Pixabay.com


Kembali tentang rapat organisasi. 
Kalau saat melihat teman-teman banyak terlambat lalu saya jadi tidak semangat, tentulah saya akan langsung pulang dan membatalkan rapat. Atau kalaupun jadi rapat, maka mood saya akan hilang dan diskusi pun hanya untuk formalitas saja. 

Tapi kalau saya tetap semangat dan bisa menularkan semangat itu pada teman-teman peserta rapat, tentu diskusi akan berjalan menarik, penuh ide, dan menghasilkan suatu karya atau kontribusi.

Terimakasih sahabat, kini saya bertekad akan selalu #BeraniLebih semangat. 
Semangat menjalani hari, semangat menghadapi apapun yang merintangi.

Semangaaaat! ^^


FB : Sintamilia Rachmawati
Twitter : @sintamilia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar