Selasa, 10 Februari 2015

Cara Blogger Menghasilkan Uang: Job review

Saat pertama kali ngeblog, saya hanya tahu bahwa blog adalah tempat yang menyenangkan untuk menulis. Beberapa tahun kemudian baru saya tahu bahwa dari blog kita dapat menghasilkan uang. Ada beberapa model bisnis bagi blogger yang ingin me-monetize produknya. Misalnya, menjadi publisher yang menayangkan iklan advertiser, menjual produk sendiri, atau dengan menerima job review.

Belum lama saya mengetahui tentang potensi penghasilan blogger dari job review. Saat itu, saya tengah blogwalking, dan menemukan satu postingan blogger tentang pengalamannya menerima job review. Ia menyebutkan bahwa ia pernah menolak voucher belanja 100ribuan dari salah satu toko online terkenal. Alasan penolakannya adalah karena menurutnya imbalan itu terlalu kecil. Ia terbiasa menerima cash hingga 7 digit dari job review. Uwoooow…

Memang sih sebelumnya saya juga pernah membaca postingan product review yang beliau buat dan tulisannya bagus sekali sampai-sampai saya tertarik membeli produk yang ia review. Saya tak menyangka ternyata postingannya dihargai hingga 7 digit (berarti minimal sejuta kan ya?). Mauuuuuu.. hehehe

Seneng ngebayangin kalau bisa dapat penghasilan berupa uang tunai dari ngeblog. Kan lumayan buat beli perlengkapan rumah atau kebutuhan keluarga yang seolah tak ada habisnya *tsah

Dari hasil blogwalking itu juga terbuka wawasan saya, bahwa untuk mendapatkan job review sebenarnya gampang-gampang susah. Yang pasti kita harus konsisten menulis dengan konten yang berkualitas, tidak malu mempromosikan blog kita hingga banyak pengunjungnya, dan menjalin silaturahmi dengan blogger lain. Ketika blog kita sudah eksis berat *yuwk*, tentu pihak pengiklan akan datang sendiri. Insya Allah :D

Popularitas blog kita memang sangat menentukan. Bahkan salah satu jaringan blogger Idblognetwork menyebutkan bahwa untuk mendapatkan job review diutamakan untuk mereka yang memiliki blog dengan google rank diatas 2 dan alexa rank di bawah 500ribu. Iseng saya cek blog ini sih, google ranknya 0 dan alexa rank-nya 7 jutaan. Muahahaha..
Tapi gapapa, saya semangat kok untuk ningkatin traffic ^^

Saya juga pernah baca di blognya Petrus Andre bahwa dengan mencantumkan kontak kita di blog dan pernyataan bahwa kita menerima jasa review produk, akan memperbesar peluang kita untuk mendapatkan penawaran job review.

Ada juga seorang blogger yang bercerita kalau awal mula ia dapat job review adalah karena ia mengulas suatu produk terlebih dahulu dengan nge-mention brand-nya. Dari situ brand tersebut lalu mengontaknya untuk mengulas lagi produk-produknya. Wah, boleh dicoba nih!

Kalau saya berkhayal dapat tawaran job review sih, inginnya mengulas produk yang pernah saya coba dan memang saya sukai, sehingga kata-kata yang tertulis adalah ulasan yang jujur dan tidak membual dalam deskripsinya. Jadi integritas sebagai blogger tetap terjaga *deuh bahasanya..

Semoga suatu hari nanti saya bisa mendapatkan tawaran job review dengan imbalan cash tujuh digit. Aamiiiin…



"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

2 komentar:

  1. Pelan2 mak ^^ nanti pasti dapet digit2 itu ^^
    Sukses lombanyaa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin..
      pengen banget bisa kayak Mak Echa.
      Makasih inspirasinya Mak.. :')

      Hapus